Apakah Barcelona Butuh Pierre-Emerick Aubameyang?

Barcelona ingin mendatangkan satu penyerang lagi

Jakarta, IDN Times - Sebuah kabar mengejutkan datang dari Spanyol. Barcelona, yang tengah mengalami kesulitan finansial, diisukan mau merekrut penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang.

Jelas, isu ini jadi sesuatu yang aneh dan bikin geleng-geleng kepala. Sebab, Barcelona, sesuai dengan keterangan Presiden Joan Laporta, punya utang sebesar 1,2 miliar euro (setara Rp20,2 triliun). Di tengah jerat utang yang menggunung, Barcelona justru melakukan langkah nekat dengan mendatangkan Aubameyang.

Apakah memang Barcelona membutuhkan Aubameyang? Atau, apakah ini hanya sebatas upaya Arsenal melepas Aubameyang semata?

1. Ada sinyal positif dari Barcelona

Apakah Barcelona Butuh Pierre-Emerick Aubameyang?skysports.com

Dilansir beberapa media Inggris, nyatanya Arsenal memang menawarkan Aubameyang ke Barcelona. Gayung bersambut, Barcelona rupanya tertarik akan tawaran Arsenal ini. Mereka bahkan sudah mempersiapkan satu pemain yang akan dijadikan bahan tukar dengan Aubameyang.

Sky Sports menyebut, Barcelona sudah mempersiapkan Philippe Coutinho sebagai alat tukar untuk bisa mendapatkan Aubameyang. Selepas masa peminjaman yang sukses di Bayern Munich, rupanya Coutinho masih belum mendapatkan tempat di skuad inti Barcelona.

Di laga perdana LaLiga 2021/22 saja, nama Coutinho tidak masuk skuad Barcelona yang bertanding melawan Real Sociedad. Ini jadi sinyal kuat, Coutinho sudah tidak memiliki tempat lagi di Barcelona.

Baca Juga: Messi Cabut, Martin Braithwaite Mendadak Sakti di Barcelona

2. Arsenal sedang ada masalah dengan Aubameyang

Apakah Barcelona Butuh Pierre-Emerick Aubameyang?beinsports.com

Setali tiga uang, saat Coutinho sedang bermasalah dengan Barcelona, Arsenal juga tengah berkonflik dengan Aubameyang. Dalam laga perdana Premier League 2021/22 lawan Brentford, nama Aubameyang, bersama dengan Alexandre Lacazette, tidak masuk skuad.

Menurut eks pemain Manchester United, Gary Neville, dia melihat tampaknya Aubameyang dan Lacazette tengah bermasalah dengan Mikel Arteta. Karena, sampai musim lalu, kedua pemain ini adalah nyawa di lini depan Arsenal. Gol-gol penting kerap lahir dari keduanya.

"Saya rasa ada momen dalam wawancara sebelum laga, Mikel Arteta bilang sedang tidak suka dengan Aubameyang dan Lacazette. Jika pemain sedang sakit atau cedera, manajer akan menaruh perhatian. Ini seperti Aubameyang dan Lacazette diusir secara perlahan dari tim," tutur Neville.

3. Apakah memang Barcelona butuh Aubameyang?

Apakah Barcelona Butuh Pierre-Emerick Aubameyang?potret Pierre-Emerick Aubameyang (skysports.com)

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengatakan timnya masih butuh tambahan tenaga di lini depan. Apalagi, sekarang Barcelona krisis di lini depan setelah Ousmane Dembele, Ansu Fati, dan Sergio Aguero cedera. Mendatangkan Aubameyang dapat jadi opsi.

"Kami kekurangan tenaga di lini depan, sekarang sedang membuka kemungkinan untuk merekrut striker, karena harus tampil di banyak kompetisi. Tergantung nantinya, siapa yang akan kami rekrut," ujar Koeman.

Secara kemampuan, Aubameyang memang cocok dengan skema Barcelona. Kecepatan dan kemampuan dribel yang dia miliki dapat menjadi penopang buat pemain seperti Memphis Depay dan Antoine Griezmann. Dia juga tajam dan dapat jadi big man di kotak penalti lawan.

Namun, sulit membayangkan Aubameyang jadi bagian Barcelona untuk jangka panjang. Kelak, ketika Aguero, Fati, atau Dembele sembuh, dia masih harus bersaing dengan mereka demi satu tempat di lini depan. Belum lagi, Martin Braithwaite juga belakangan tampil menjanjikan.

Baca Juga: Keok dari Tim Kacangan, Arsenal Malah Krisis Jelang Kontra Chelsea

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya