Comscore Tracker

Arsenal vs Southampton: Kesempatan Perbaiki Rekor Buruk

Southampton kesulitan menghadapi Arsenal

Jakarta, IDN Times - Arsenal akan menghadapi lawan berat pada pekan ke-13 Liga Inggris 2020/21. Sudah ada Southampton yang menanti mereka.

Secara posisi, Southampton saat ini jauh berada di atas Arsenal. Mereka bertengger di posisi empat klasemen sementara dengan raihan 23 poin. Sedangkan, Arsenal saat ini sedang terjerembab di posisi 15 klasemen sementara dengan torehan 13 poin saja.

Jadi, di atas kertas, Southampton memang seharusnya bisa menang di laga ini. Namun, perlu dicatat mereka memiliki rekor buruk saat bersua Arsenal, terutama dalam enam pertemuan terakhir kedua tim di ajang Premier League.

1. Southampton cuma bisa menang sekali lawan Arsenal

Arsenal vs Southampton: Kesempatan Perbaiki Rekor BurukTwitter.com/CheAdams_

Menurut Whoscored, dalam enam pertemuan terakhir, Southampton hanya mampu menang sekali atas Arsenal. Itu terjadi di ajang Liga Inggris 2018/19. Ketika itu, mereka mampu menundukkan Arsenal dengan skor 3-2.

Sisanya, Southampton kalah tiga kali dan imbang dua kali lawan Arsenal. Menilik kondisi Arsenal yang kini tengah limbung, plus Southampton yang sedang di atas angin bersama Ralph Hasenhuettl, kesempatan bagi The Saints untuk memperbaiki rekor lawan Arsenal terbuka lebar.

Apalagi, dalam enam laga terakhir Premier League, Southampton hanya kalah sekali, yakni dari Manchester United. Sisanya, mereka mampu meraih empat kemenangan dan sekali hasil imbang. Berbeda dengan Meriam London yang kalah di tiga laga terakhir Premier League edisi kali ini.

Baca Juga: Jelang Arsenal Vs Southampton Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

2. Arsenal masih sulit mencetak gol hingga kini

Arsenal vs Southampton: Kesempatan Perbaiki Rekor BurukArsenal dan suporter. (Twitter.com/Arsenal)

Banyak problem yang melanda Arsenal musim ini. Selain buruknya lini pertahanan, mereka juga sulit mencetak gol. Arsenal seolah bermain tanpa tujuan. Sistem penyerangan mereka yang berbasiskan Alexandre Lacazette, Nicolas Pepe, Bukayo Saka, dan Pierre-Emerick Aubameyang, tidak berjalan dengan baik.

Alih-alih saling mengisi, mereka semua justru kerap bergerak secara individu. Aubameyang, yang biasanya mendapatkan suplai memadai, sekarang harus rela turun bahkan sampai ke tengah untuk menjemput bola. Hal itu membuat ketajaman lini serang Arsenal berkurang.

Dukungan dari lini tengah juga kurang untuk lini serang Arsenal. Sulitnya mereka dalam menyerang ini terlihat dari catatan aksi menyerang yang mereka torehkan. Sejauh ini, Arsenal jadi tim kelima dengan rata-rata tembakan ke gawang per laga terburuk di Liga Inggris, yakni 10,3 kali.

3. Southampton yang kini lebih menghibur

Arsenal vs Southampton: Kesempatan Perbaiki Rekor Burukpremierleague.com

DI bawah asuhan Hasenhuettl, Southampton jadi tim yang lebih menghibur. Gaya main direct yang diterapkan pelatih asal Austria itu mengingatkan Southampton di era Mauicio Pochettino. Umpan-umpan pendek, berpadu dengan high-pressing dan kecepatan para pemain, jadi ciri khas permainan Southampton sekarang.

Berkat gaya main ini, Southampton jadi tim paling produktif keempat di Premier League dengan torehan 24 gol. Tidak cuma itu, mereka juga jadi tim yang sulit diserang lawan. Per Whoscored, rata-rata tembakan yang diterima Southampton per laganya cuma 9,9 kali.

Sulit untuk diserang, tetapi tajam ketika menyerang. Southampton berpeluang besar untuk mengakhiri rekor buruknya saat bersua Arsenal di Liga Inggris pada Kamis (17/12/2020) dini hari nanti.

Baca Juga: Gol Milik Son Heung-min Jumlahnya Setara Gol Skuat Arsenal

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya