Awas, 5 Kuda Hitam Siap Gemparkan Piala Eropa 2020

Lima tim ini akan jadi kuda hitam di Piala Eropa 2020

Jakarta, IDN Times - Setiap turnamen, selalu ada kuda hitam yang dinantikan performanya karena kerap merepotkan unggulan. Tak terkecuali, di Piala Eropa 2020. Beberapa negara berpotensi menjadi kuda hitam yang mengganggu kemapanan tim-tim tradisional.

Dari 24 kontestan yang mengikuti Piala Eropa 2020, berikut adalah lima tim menjadi kuda hitam dalam gelaran Piala Eropa 2020 mendatang, versi IDN Times. Mari simak ulasannya.

Baca Juga: 5 Calon Kuat Juara Piala Eropa 2020

1. Spanyol

Awas, 5 Kuda Hitam Siap Gemparkan Piala Eropa 2020Spanyol vs Yunani. (Twitter.com/SeFutbol)

Tak seperti sebelumnya, Spanyol kali ini masuk sebagai kuda hitam. Kenapa kami memasukkan Spanyol sebagai tim kuda hitam di Piala Eropa 2020 ini?

Dalam tiga gelaran turnamen akbar terakhir, yakni Piala Dunia 2014, Piala Eropa 2016, dan Piala Dunia 2018, Spanyol tampil memble. Mereka seolah kehilangan kekuatan, tidak seperti di 2010 atau 2012.

Namun, di bawah asuhan Luis Enrique, Spanyol mulai bangkit. Dalam empat laga internasional yang dilakoni sejak awal 2021, mereka sanggup meraih dua kemenangan dan dua kali meraih hasil imbang.

Kendati tidak diperkuat para pemain Real Madrid, para pemain macam Gerard Moreno, Alvaro Morata, Ferran Torres, Jordi Alba, Cesar Azpilicueta, serta Sergio Busquets, tetap bisa jadi andalan Spanyol. Apalagi, mereka bisa menerjemahkan gaya main yang Enrique inginkan.

2. Belanda

Awas, 5 Kuda Hitam Siap Gemparkan Piala Eropa 2020sportingpedia.com

Kisah Belanda ini tidak jauh berbeda dengan Spanyol. Sempat menjadi runner-up Piala Dunia 2010 serta mampu mengunci tempat ketiga di Piala Dunia 2014, sinar Belanda perlahan meredup. Mereka bahkan gagal masuk Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Kini, berbekal generasi baru yang merupakan lulusan Ajax Amsterdam, seperti Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, dan Ryan Gravenberch, plus beberapa nama yang tampil perkasa di kompetisi top Eropa macam Memphis Depay dan Marten de Roon, Belanda coba kembali mengangkat gengsinya di sepak bola Eropa.

Dalam lima laga internasional yang sudah dilakoni sepanjang 2021, Belanda hanya kalah sekali. Sisanya, mereka menang tiga kali dan imbang di satu kesempatan. Di bawah asuhan Frank de Boer, Belanda diprediksi akan jadi tim yang mengejutkan.

3. Jerman

Awas, 5 Kuda Hitam Siap Gemparkan Piala Eropa 2020Twitter.com/@DFB_Team_EN

Jerman juga punya perjalanan yang pelik sepanjang 2017 sampai 2019. Puncaknya, pada Piala Dunia 2018, Jerman bahkan tidak lolos fase grup. Mereka malah tumbang di tangan Korea Selatan yang kala itu masih diasuh Shin Tae Yong dalam laga terakhir penyisihan grup.

Selepas kegagalan Piala Dunia 2018, Jerman langsung berbenah. Namun, pembenahan ini memang tidak langsung terlihat. Dalam lima laga internasional yang mereka lakoni pada 2021, Jerman sempat kalah dari Makedonia Utara. Sisanya, mereka menang atas Islandia, Rumania, dan Latvia.

Sekarang, berbekal campuran pemain muda dan veteran, Jerman masih menyimpan potensi untuk menjadi kuda hitam. Apalagi, Piala Eropa 2020 ini juga jadi ajang perpisahan Joachim Loew bersama Jerman. Loew tentu ingin menutup kariernya di Timnas dengan catatan gemilang.

4. Turki

Awas, 5 Kuda Hitam Siap Gemparkan Piala Eropa 2020Timnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Nama Turki memang kerap terbang tenggelam di turnamen antar negara, baik itu Piala Eropa maupun Piala Dunia. Terakhir kali Turki bicara banyak itu terjadi pada Piala Eropa 2008. Saat itu, mereka tembus babak semifinal, berbekal pemain seperti Nihat Kahveci dan Volkan Demirel.

Memasuki 2020, Turki menggeliat. Mulai banyaknya pemain Turki yang mentas di lima kompetisi top Eropa membawa pengaruh positif. Hakan Calhanoglu, Caglar Soyuncu, Burak Yilmaz, Merih Demiral, dan Enes Unal, mulai jadi motor tim Turki, usai tampil baik bersama klub masing-masing.

Ditambah lagi, dalam enam laga internasional yang dijalani oleh Turki pada 2021, mereka tidak tersentuh kekalahan. Turki mampu menang empat kali dan imbang dalam dua laga. Salah satu kemenangan itu sukses mereka bukukan atas Belanda.

5. Swiss

Awas, 5 Kuda Hitam Siap Gemparkan Piala Eropa 2020Fifa.com

Salah satu kuda hitam sejati di setiap turnamen. Swiss memang jarang tampil mencolok. Namun, mereka kerap menjadi tim yang menyulitkan. Spanyol, Prancis, dan beberapa tim tradisional Eropa lain, pernah terganjal oleh Swiss di turnamen besar.

Alhasil, di Piala Eropa 2020, Swiss agaknya tetap akan menjadi kuda hitam yang layak diperhitungkan. Mereka juga masih diperkuat pemain macam Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri, Fabian Schaer, Ricardo Rodriguez, hingga Haris Seferovic.

Sepanjang 2021, Swiss juga mencatatkan hasil ciamik di laga internasional. Dari lima pertandingan yang mereka lalui, Swiss mampu menyapu semua laga tersebut dengan kemenangan. Ini jadi bekal apik buat Swiss jelang Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Sialnya Kayu Mati MU, Dicoret Belanda Jelang Piala Eropa

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya