Bantai Persiraja, Persib Gusur Arema di Klasemen Liga 1

Persib menang 4-0 lawan Persiraja

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung meraih kemenangan telak dalam laga pekan 13 Liga 1 2021/22. Bersua Persiraja Banda Aceh di Stadion Maguwoharjo, Rabu (24/11/2021) malam, Maung Bandung menang dengan skor 4-0.

Sebanyak empat gol yang lahir di pertandingan ini dicetak oleh Marc Klok (10'), Geoffrey Castillion (28'), dan Wander Luiz (33', 53'), untuk Persib. Berkat hasil ini, Persib mengikuti jejak Persebaya Surabaya dan Madura United yang juga meraih kemenangan. 

1. Babak pertama, Persib tegaskan dominasi

Bantai Persiraja, Persib Gusur Arema di Klasemen Liga 1Persib Bandung di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Persib dan Persiraja menurunkan para pemain terbaik di laga ini. Nama-nama seperti Defri Rizki, Vanja Markovic, Eeng Supriyadi dari Persiraja, serta Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Wander Luiz, dan Marc Klok dari Persib, menghiasi starting XI di pertandingan ini.

Awal babak pertama, Persiraja coba mengimbangi permainan Persib. Meski mendapatkan tekanan dari Persib, Persiraja mampu beberapa kali melakukan tusukan demi memukul balik sang lawan. Peran dari Defri Rizki terasa di awal babak pertama.

Namun, selepas menit 15, Persib mulai meningkatkan intensitas serangan. Alhasil, beberapa peluang dari sepakan bebas mulai mereka dapat. Bahkan, salah satunya berbuah gol pada menit 20. Sepakan bebas akurat Klok membawa Persib unggul dengan skor 1-0.

Selepas unggul, Persib lebih nyaman dalam bermain. Kombinasi-kombinasi serangan yang tidak terlihat di awal babak pertama, mulai muncul. Umpan-umpan Klok dan Rashid dari lini tengah juga jadi lebih tajam. Pergerakan Febri Hariyadi, Luiz, dan Geoffrey Castillion makin hidup.

Persib akhirnya mencetak gol kedua pada menit 28. Berawal dari kerja sama dengan Luiz, Castillion melepas sepakan jarak jauh yang gagal dihalau kiper Persiraja. Berselang lima menit, Luiz menambah keunggulan Persib lewat sepakannya. Skor berubah 3-0.

Di sisa waktu babak pertama, Persiraja berusaha memperkecil ketertinggalan. Namun, mereka kesulitan mengimbangi Persib yang makin nyaman menguasai permainan. Alhasil, sampai babak pertama tuntas, skor 3-0 untuk keunggulan Persib tetap bertahan.

Baca Juga: Komdis PSSI Hukum Todd Ferre dengan Larangan Main Setahun

2. Pemain Persiraja sempat terkapar

Bantai Persiraja, Persib Gusur Arema di Klasemen Liga 1Persiraja Banda Aceh di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Memasuki babak kedua, Persib masih memberikan tekanan kepada lini pertahanan Persiraja. Upaya mereka membuahkan hasil pada menit 53. Luiz mencetak gol keduanya di laga ini lewat titik putih, memperlebar keunggulan Persib menjadi 4-0 atas Persiraja.

Tertinggal empat gol, situasi Persiraja makin sulit setelah salah satu pemain mereka, Hamdan Zamzani, terkena dua kartu kuning. Padahal, dia baru saja masuk di babak kedua, bersama dengan Redi Rusmawan dan Muhammad Isa. Persiraja susah mengembangkan permainan.

Memasuki menit 70, Persib tetap memberikan tekanan ke lini pertahanan Persiraja. Situasi kini semakin enak buat mereka. Bahkan, Klok dan Rashid lebih sering masuk ke kotak penalti Persiraja, membantu kinerja Castillion, Luiz, Febri, dan Esteban Vizcarra.

Tekanan yang diberikan Persib berlanjut di sisa waktu babak kedua. Mereka coba memasukkan Indra Mustafa dan Beckham Putra Nugraha untuk menyeimbangkan permainan. Laga sempat terhenti pada menit 84, ketika salah satu pemain Persiraja, Ramadhan, terkapar setelah terkena bola di dada.

Fisioterapis Persib bahkan sampai turun memberikan bantuan, dan mobil ambulans sempat memasuki lapangan untuk membawa Ramadhan ke rumah sakit terdekat. Selepas insiden tersebut, sampai babak kedua tuntas, Persiraja dan Persib sama-sama gagal mencetak gol tambahan. Skor 4-0 untuk Persib bertahan sampai laga tuntas.

Dengan demikian, Persib berhasil merebut kembali peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 yang sempat diambil alih Arema. Mereka unggul dua poin atas Singo Edan.

3. Hasil pertandingan Liga 1 yang lain

Bantai Persiraja, Persib Gusur Arema di Klasemen Liga 1Persik Kediri di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Sementara itu, di pertandingan lain, dua tim asal Jawa Timur sukses meraih kemenangan dalam laga yang dihelat Rabu (24/11/2021) malam ini. Persebaya Surabaya membenamkan Persita Tangerang dengan skor 4-0, sedangkan Madura United mengalahkan Persik Kediri dengan skor 2-0.

Berkat hasil ini, klasemen sementara Liga 1 2021/22 pun mengalami pergeseran. Persebaya naik ke peringkat empat dengan catatan 23 poin, begitu juga Madura United yang naik ke peringkat 12 dengan torehan 14 poin. Sedangkan Persib, mereka kembali jadi runner-up dengan catatan 28 poin.

Baca Juga: Persib Catat Kekalahan Pertama, Robert Salahkan Gol yang Tak Disahkan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya