Comscore Tracker

Barcelona Buka Kans Jadi Juara LaLiga Musim Ini

Barcelona menggila di akhir LaLiga dengan tampil menawan

Jakarta, IDN Times - Pada Desember 2021 lalu, tidak ada yang menyangka Barcelona bisa menjadi calon juara LaLiga 2021/22. Bayangkan saja, mereka pernah terdampar hingga ke posisi delapan, kalah saing dengan tim-tim papan atas lain.

Mimpi Barcelona untuk juara musim ini sejatinya pernah terkubur. Jangankan menjadi juara, setidaknya kembali ke Liga Champions musim depan cukup bagi mereka. Lalu, datanglah tahun baru 2022. Perombakan dilakukan Barcelona.

Siapa sangka, perombakan yang berawal dari datangnya Xavi Hernandez sebagai pelatih baru Barcelona berbuah manis. Barcelona sekarang menghidupkan lagi mimpi mereka yang sempat terkubur, yaitu menjadi juara LaLiga.

1. Barcelona mengumpulkan 26 poin selama 2022

Barcelona Buka Kans Jadi Juara LaLiga Musim IniBarcelona sukses tundukkan Real Madrid di Bernabeu. (ANTARA FOTO/REUTERS/Javier Barbancho)

Hadirnya Xavi, ditambah dengan datangnya nama-nama seperti Dani Alves, Adama Traore, Ferran Torres, hingga Pierre-Emerick Aubameyang, benar-benar mengubah wajah Barcelona. Ditambah lagi, Ousmane Dembele, Pedri, dan Gavi, juga mulai ciamik.

Alhasil, tak terasa, Barcelona sudah mengumpulkan 26 poin sepanjang 2022 ini. Squawka mencatat, torehan ini jadi yang terbanyak kedua, setelah Liverpool yang sukses mengumpulkan 28 poin di Premier League.

Jika dibedah lagi, sejak awal Januari 2022, Barcelona sudah tidak terkalahkan dalam 13 laga LaLiga. Bersama Xavi, perkembangan Blaugrana begitu terasa, termasuk dari segi identitas permainan yang mereka tunjukkan.

Baca Juga: Xavi Kaget Barcelona Bisa Bantai Real Madrid

2. Laga lawan Real Madrid jadi kunci Barcelona

Barcelona Buka Kans Jadi Juara LaLiga Musim IniBarcelona sukses tundukkan Real Madrid di Bernabeu. (ANTARA FOTO/REUTERS/Javier Barbancho)

Salah satu titik balik yang membuat Barcelona diperhitungkan adalah kemenangan mereka di pekan 29 LaLiga 2021/22. Dalam laga yang dihelat di Santiago Bernabeu, Senin (21/3/2022) dini hari, mereka mampu menggulung Real Madrid.

Tidak tanggung-tanggung, Barcelona menumbangkan Madrid dengan skor 4-0. Bukan hanya menang, identitas permainan Barcelona yang identik dengan umpan-umpan pendek, berpadu dengan permutasi posisi antar pemain, terlihat jelas di laga ini.

Barcelona tidak lagi menjadi tim yang direct dan pasif layaknya di era Ronald Koeman. Bersama Xavi, Barcelona jadi tim yang aktif, dan selalu ingin mengambil inisiatif. Tim ini hampir mirip seperti ketika zaman Xavi masih jadi pemain.

Barcelona benar-benar menegaskan dominasinya atas Real Madrid di laga ini. Mereka tidak gentar kendati tampil di hadapan para pendukung Madrid. Mereka memainkan sepak bola menghibur yang membuat 'Si Putih' kalang kabut.

Xavi berhasil mengimplementasikan sepak bola aktifnya di Barcelona sejauh ini. Berpadu dengan para pemain bintang, serta lulusan-lulusan berkualitas La Masia, Barcelona kembali pada muruahnya sebagai tim yang atraktif.

Kebangkitan ini pun berbuah harapan, bahwa Barcelona, setidaknya, masih bisa meraih gelar musim ini. Tak terkecuali, mendapatkan gelar LaLiga 2021/22.

3. Menakar potensi juara Barcelona musim ini di LaLiga

Barcelona Buka Kans Jadi Juara LaLiga Musim IniBarcelona vs Real Sociedad. (antaranews.com/ANTARA FOTO/Reuters-Albert Gea)

Kini, LaLiga 2021/22 tinggal menyisakan delapan laga lagi. Namun, terkhusus Barcelona, mereka memiliki keunggulan satu laga tunda melawan Rayo Vallecano. Potensi mereka untuk menyusul Madrid cukup besar.

Sialnya, baik itu Barcelona maupun Madrid masih harus bersua lawan-lawan berat di LaLiga. Madrid masih harus bertemu Sevilla dan Atletico Madrid, sedangkan Barcelona ditunggu Sevilla, Real Sociedad, Real Betis, dan Villarreal.

Akan tetapi, menilik kekuatan skuad Barcelona sekarang, mereka semestinya tidak kesulitan melewati ini. Mereka bisa menekan Real Madrid sedemikian rupa di klasemen LaLiga, hingga jika kelak tiba saatnya, mereka bisa menyalip Los Blancos.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya