Barito Putera Bekuk 10 Pemain Persib Bandung

Teja Paku Alam harus diusir wasit akibat blunder

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung tumbang dalam laga pekan 27 Liga 1 2022/23. Bersua Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Senin (27/2/2023) sore WIB, skuad berjuluk Maung Bandung itu kalah dengan skor 1-2.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh David da Silva (20') untuk Persib, serta Renan Alves (65') dan Gustavo Tocantins (79') untuk Barito Putera. Akibat kekalahan ini, Persib pun gagal mendekati PSM Makassar di puncak klasemen.

Di awal babak pertama, Persib berusaha memberikan tekanan ketat ke lini pertahanan Barito Putera. Main tanpa Ciro Alves, Persib mengandalkan jasa David da Silva, Ezra Walian, dan Beckham Putra, untuk menggedor pertahanan Barito.

Sadar bersua tim besar, Barito Putera tidak terlalu ngotot sepanjang babak pertama. Mereka lebih banyak bertahan, dan menyaring serangan Persib sebisa mungkin. Sayang, pertahanan mereka jebol juga pada menit 20.

Berawal dari umpan manis Beckham, Da Silva sukses membobol gawang Barito Putera lewat sepakan kerasnya. Skor berubah 1-0. Unggul satu gol, Persib tidak mengendurkan intensitas serangannya.

Di sisa waktu babak pertama, Persib terus menekan lini pertahanan Barito Putera untuk menambah gol. Akan tetapi, jelang babak pertama tuntas, Teja Paku Alam harus diusir wasit karena melakukan blunder dengan menangkap bola di luar kotak penalti.

Sontak, saat babak pertama tuntas, Persib harus bermain dengan 10 orang. Mengakomodir kekurangan pemain, Persib memasukkan Reky Rahayu, Achmad Jufriyanto, Abdul Aziz, dan Febri Hariyadi, di babak kedua.

Di sisi lain, Barito Putera juga melakukan beberapa pergantian. Mereka memasukkan Rafi Syaharil, Dendi Maulana, dan Ferdiansyah. Unggul satu pemain, Barito Putera mampu memanfaatkan hal ini dengan baik.

Pada menit 65, Barito Putera sukses menyamakan angka lewat sundulan Renan Alves. Dia memanfaatkan miskomunikasi antara bek dan juga kiper Persib, lalu menyundul bola ke gawang Persib. Skor berubah 1-1.

Keberhasilan menyamakan angka membuat Barito Putera makin percaya diri. Masuk menit 70, giliran skuad berjuluk Laskar Antasari yang menekan Persib secara membabi buta. Lini depan mereka begitu hidup.

Buahnya terasa pada menit 79. Berawal dari umpan matang dari sisi kanan, Gustavo Tocantins sukses mencetak gol lewat sundulannya. Skor berbalik 2-1 untuk keunggulan Barito Putera.

Di sisa waktu babak kedua, Persib berusaha keras menyamakan angka. Akan tetapi, upaya mereka gagal. 'Maung Bandung' kalah 1-2 dari Barito Putera. Mereka pun gagal menipiskan selisih jarak dengan PSM Makassar di puncak klasemen.

Baca Juga: Thomas Doll Minta Persija Tiru Persib, Kenapa?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya