Beckham Putra yang Mulai Mekar Bersama Persib

Dari level junior, Beckham kini mekar di Persib senior

Jakarta, IDN Times - Ketika pertama kali membela Persib Bandung dalam Liga 1 U-19 2017 silam, Beckham Putra Nugraha memang sudah mencuri perhatian. Talentanya begitu harum di kota Bandung saat itu.

Setelah membawa Persib menjadi runner-up Liga 1 U-19 pada 2017, Beckham melanjutkan prestasinya. Dia sukses membawa Persib juara dalam ajang Liga 1 U-19 pada 2018 silam. Dari situ, kariernya mulai naik karena kerap ikut latihan atau masuk skuad Persib senior.

Seiring berjalannya waktu, Beckham semakin mekar di kancah sepak bola Indonesia. Dia semakin harum tatkala namanya masuk ke dalam susunan penggawa Timnas U-19 yang tampil di beberapa turnamen, seperti AFF U-18 2019 dan Kualifikasi Piala Asia U-19.

Bersama Timnas U-19, Beckham tampil apik dan mampu melebur bersama Bagus Kahfi, Bagas Kaffa, David Maulana, Sutan Zico, serta Kakang Rudianto. Dia juga sempat menjadi kapten sementara, sebelum akhirnya jabatan itu berpindah lagi ke David Maulana.

Berkat perjalanannya bersama Timnas U-19, Beckham jadi sosok yang lebih dewasa. Nah, kedewasaan itulah yang dia tunjukkan dalam ajang Piala Menpora 2021. Menjadi bagian dari skuad Persib, Beckham mampu menjawab kepercayaan pelatih Robert Rene Alberts.

Baca Juga: [BREAKING] Drama Injury Time, Persib Bekuk PSS

1. Beckham makin dewasa

Beckham Putra yang Mulai Mekar Bersama PersibPersib.co.id/Gregorius AK

Selama Piala Menpora 2021 ini, Beckham jadi pemain yang lebih tenang. Ia tidak lagi bermain dengan grasa-grusu, buru-buru ingin menyerang. Dia jadi lebih andal dalam melihat sekeliling, serta jadi kian cepat dalam mengambil keputusan.

Bermain sebagai gelandang serang, Beckham sudah paham apa yang harus dilakukan dan seperti apa perannya di lini serang. Dia tidak menendang bola secara membabi-buta. Alih-alih demikian, dia lebih memilih untuk mengalirkan bola ke rekannya yang lebih bebas.

2. Beckham lebih pandai mendistribusikan bola

Beckham Putra yang Mulai Mekar Bersama PersibPemain persib Beckham Putra Nugraha dan Pemain Persebaya Mochamad Irianto sedang berebut bola. (persib.co.id).

Buah dari ketenangan yang mulai ditunjukkan, Beckham lebih pandai dalam mengalirkan bola. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Beckham jadi lebih peduli sekeliling. Alhasil, opsi untuk meneruskan bola ke rekan yang lebih bebas selalu ada dalam pikirannya.

Di area sepertiga akhir lawan, Beckham mencekik pertahanan lewat umpan-umpan yang terukur. Salah satu umpan matangnya dapat kita lihat saat Persib melawan Persiraja Banda Aceh. Ketika itu, alih-alih menyodorkan bola ke samping, dia justru mengumpan di antara sela-sela bek Persiraja.

Umpan itu pun sukses disambar Ferdinand Sinaga dan berbuah gol bagi Persib. Tidak cuma itu, dalam beberapa laga, Beckham menampilkan kepiawaiannya memberikan umpan kunci yang berbuah gol, salah satunya di laga lawan PSS Sleman kemarin.

Beckham jadi inisiator serangan Persib, lalu memberikan bola ke arah kotak penalti. Gara-gara bola Beckham, kemelut terjadi di depan gawang PSS dan Frets Butuan mampu memanfaatkan kemelut tersebut menjadi gol.

Dari proses itu, dapat dilihat bahwa bola-bola sodoran Beckham menjadi petaka buat lawan. Meski terkadang tidak membuahkan gol, bola yang dia berikan jadi pemantik kekacauan di lini pertahanan lawan.

3. Potensi Beckham jadi starter di Persib?

Beckham Putra yang Mulai Mekar Bersama PersibInstagram

Dengan penampilannya yang menjanjikan, potensi Beckham untuk merebut tempat sebagai starter secara permanen di Persib dalam ajang Liga 1 2021/22 sangat terbuka lebar. Namun, kita harus ingat, usia Beckham masih muda.

Robert Rene Alberts selaku pelatih Persib tentu tidak akan buru-buru memberikan Beckham banyak jam bermain. Perlahan, Beckham akan diberikan waktu main selama beberapa menit. Hingga siap, Beckham akan jadi starter tetap di Persib.

Sambutlah Beckham Putra Nugraha, talenta anyar yang bisa jadi tumpuan Persib di masa depan.

Baca Juga: Piala Menpora 2021: Persib Punya Modal Bagus Bikin PSS Merana

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya