Beda Sikap PSSI ke Persija dan PSM Soal Lepas Pemain ke Timnas

Persija dan PSM belum lepas pemain ke Timnas

Jakarta, IDN Times - Ada sikap berbeda yang ditunjukkan manajemen Timnas Indonesia, dalam hal ini Sumardji selaku manajer, kepada Persija Jakarta dan PSM Makassar. Hal itu terkait pelepasan pemain ke skuad Garuda.

Kepada Persija, Sumardji dengan tegas meminta para pemain agar segera bergabung ke Timnas Indonesia. Sedangkan untuk PSM, Sumardji dan PSSI bersikap lebih lunak untuk hal yang sama. Kenapa demikian?

Baca Juga: Surabaya Siap Jamu Timnas Indonesia VS Palestina

1. PSSI sebut pemain Persija ditahan

Beda Sikap PSSI ke Persija dan PSM Soal Lepas Pemain ke TimnasManajer Timnas U-22 Indonesia, Sumardji. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sumardji berkata, Persija menahan dua pemain mereka, Rizky Ridho dan Witan Sulaeman, untuk bergabung ke Timnas Indonesia. Padahal, dia menganggap kedua pemain itu sedang tidak ada kegiatan di klub.

"Saya sampaikan di sini, ada dua pemain Persija yang masih ditahan. Semestinya Witan Sulaeman dan Rizky Ridho ada di sini karena tidak ada kegiatan di klub," kata Manajer Timnas, Sumardji, dilansir situs resmi federasi.

2. Untuk PSM, PSSI lebih lunak

Beda Sikap PSSI ke Persija dan PSM Soal Lepas Pemain ke TimnasPemain depan PSM Makassar, Yacob Sayuri berduel dengan pemain belakang PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain Persija, PSM juga sampai saat ini belum melepas tiga pemain mereka ke Timnas, yakni Reza Arya Pratama, Yacob Sayuri, dan Yance Sayuri. Namun, beda dengan sikap kepada Persija, sikap PSSI ke PSM lebih lunak.

"Khusus untuk pemain PSM Makassar, PSSI bisa memaklumi karena mereka sedang menjalani babak play-off AFC Champions League melawan Bali United dengan sistem home and away," tulis keterangan resmi PSSI.

3. Banyak pemain yang juga belum bergabung

Beda Sikap PSSI ke Persija dan PSM Soal Lepas Pemain ke TimnasIDN Times/Debbie Sutrisno

Beberapa pemain yang mentas di luar negeri, seperti Jordi Amat, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, dan Asnawi Mangkualam, masih memperkuat klub mereka masing-masing. Sedangkan, Elkan Baggott baru tiba pada 8 Juni 2023.

Dari 26 pemain yang dipanggil Shin Tae Yong ke Timnas Indonesia, baru 15 pemain yang bergabung. Sumardji menyebut, skuad Garuda baru akan full team pada 12 Juni. Sayangnya, dalam 15 pemain itu, belum ada pemain Persija dan PSM.

Baca Juga: Indra Sjafri ke Qatar, Cari Pemain untuk Timnas Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya