Comscore Tracker

Bekal Zikir Orangtua Bawa Kiper Timnas U-16 Jadi Pahlawan

Timnas U-16 melangkah ke final

Jakarta, IDN Times - Turnamen Piala AFF U-16 2022 bagaikan sebuah bianglala bagi Andrika Fathir Rachman. Sempat jadi bulan-bulanan, penjaga gawang Timnas U-16 itu kini menjelma pahlawan bagi skuad Garuda Asia.

Pada laga pembuka fase grup Piala AFF U-16 2022, Andrika sempat jadi bahan ejekan warganet, lantaran hampir melakukan blunder. Gol lawan Myanmar di babak semifinal juga merupakan buah dari blunder yang dia lakukan.

Namun, saat ini Andrika menjelma jadi pahlawan bagi Timnas U-16 Indonesia. Dalam babak adu penalti di semifinal lawan Myanmar, Rabu (10/8/2022) malam, dia jadi salah satu penentu kemenangan skuad Garuda Asia.

1. Andrika menahan satu penalti pemain Myanmar

Bekal Zikir Orangtua Bawa Kiper Timnas U-16 Jadi PahlawanAndrika Fathir Rachman, kiper Timnas U-16. (instagram.com/andrikafthirr_)

Dalam babak adu penalti, Andrika menunjukkan kekuatan mental dan juga daya tebak yang luar biasa. Beberapa tendangan pemain Myanmar sukses dibaca arahnya, kendati ada juga yang berhasil membobol gawangnya.

Akhirnya, Andrika berhasil menahan perlawanan pemain Myanmar, tepatnya sepakan dari Shine Wanna Aung. Keberhasilan Andrika inilah yang membawa Indonesia menang atas Myanmar, dan melaju ke final.

Baca Juga: Bekuk Myanmar, Timnas U-16 ke Final Piala AFF U-16 2022

2. Bekal zikir dari orang tua yang bikin Andrika tenang

Bekal Zikir Orangtua Bawa Kiper Timnas U-16 Jadi PahlawanAndrika Fathir Rachman, kiper Timnas U-16. (instagram.com/andrikafthirr_)

Ketika melakoni babak adu penalti, Andrika mengaku sempat merasakan ketegangan. Namun, berkat bekal zikir yang diberikan orang tua-nya, dia jadi lebih tenang dan bisa tampil apik di babak adu penalti.

"Alhamdullilah saya sudah agak lega. Tadi pas penalti saya agak tegang, tetapi sudah dikasih bekal sama orang tua untuk zikir supaya dikasih rejeki sama Allah SWT," ujar Andrika dalam sesi jumpa pers selepas laga.

Selain itu, Andrika juga mendapat pengarahan dari pelatih kiper Timnas U-16, Markus Horison. Eks penjaga gawang Timnas Indonesia itu meminta Andrika agar tetap tenang di babak adu penalti yang sukses dilakukannya.

"Pertama, saya disuruh lebih tenang oleh coach Markus. Kedua, kemarin kami sudah latihan, jadi tips-tips coach Markus di babak adu penalti sudah dipraktekkan dan membuahkan hasil malam ini," ujar Andrika.

Baca Juga: Head to Head Timnas U-16 vs Myanmar: Kedua Tim Sama Kuat

3. Andrika berharap Timnas U-16 juara

Bekal Zikir Orangtua Bawa Kiper Timnas U-16 Jadi PahlawanTimnas U-16 bekuk Vietnam. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Lebih jauh, Andrika bersyukur atas kemenangan yang didapatkan Timnas U-16 di semifinal ini. Dia pun berjanji tampil lebih maksimal di babak final bersama rekan-rekan setimnya . Sudah ada Vietnam yang menanti.

"Semoga Timnas U-16 bisa menang lawan Vietnam, dan keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022," ujar Andrika.

Baca Juga: Pelatih Timnas U-16 Sebut Organisasi Permainan Myanmar Rapi

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya