Comscore Tracker

Bekuk Makedonia Utara, Ukraina Jaga Peluang ke Fase Gugur

Ukraina menang dengan skor 2-1

Jakarta, IDN Times - Ukraina meraih kemenangan dalam laga kedua Grup C Piala Eropa 2020. Bersua Makedonia Utara di Arena Nationala, Kamis (17/6/2021) malam, mereka menang dengan skor 2-1.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Andriy Yarmolenko (29') dan Roman Yaremchuk (34') untuk Ukraina, serta Ezgjan Alioski (57') untuk Makedonia Utara. Berkat kemenangan ini, Ukraina menjaga asa untuk lolos ke fase gugur.

Baca Juga: Preview Ukraina vs Makedonia Utara: yang Kalah Harus Pulang Kandang

1. Ukraina kuasai laga

Bekuk Makedonia Utara, Ukraina Jaga Peluang ke Fase GugurUkraina vs Makedonia Utara. (twitter.com/EURO2020)

Kedua tim menurunkan para pemain terbaiknya sejak awal laga. Ukraina memainkan Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, dan Ruslan Malinovskiy, sedangkan Makedonia Utara menurunkan Goran Pandev, Eljif Elmas, Ezgjan Alionski, dan Boban Nikolov.

Sedari awal babak pertama, Ukraina langsung melepaskan tekanan ke lini pertahanan Makedonia Utara. Berbekal pemain-pemain berkualitas wahid macam Malinovskiy, Yarmolenko, dan Yaremchuk, mereka mengancam lini pertahanan Makedonia secara konstan.

Akan tetapi, Ukraina sempat kesulitan membobol gawang Makedonia Utara. Ketatnya pertahanan Makedonia Utara yang dikawal oleh Darko Velkovski, Stefan Ristovski, dan Visar Musliu, sempat membuat Ukraina kelimpungan. Namun, semua berubah saat laga memasuki menit 28.

Pada menit 29, Yarmolenko berhasil membobol gawang Ukraina, usai memanfaatkan sepak pojok dari Alexander Karavaev. Berlanjut pada menit 34, Ukraina menambah keunggulan lewat torehan gol Yaremchuk, memanfaatkan umpan Yarmolenko.

Skor 2-0 untuk Ukraina, dan skor ini tidak berubah sampai babak pertama tuntas. Ukraina menutup babak pertama dengan keunggulan atas Makedonia Utara.

2. Makedonia Utara sempat bangkit

Bekuk Makedonia Utara, Ukraina Jaga Peluang ke Fase GugurPemain timnas Makedonia Utara Goran Pandev (10) membobol gawang Jerman pada pertand’ngan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J di Stadion MSV Arena, Duisburg, Jerman, Rabu (31/3/2021). Der Panzer keok 1-2 dari tamunya Makedonia Utara. ANTARA FOTO/Thilo Schmuelgen/Pool via REUTERS

Memasuki babak kedua, Makedonia Utara melakukan perjudian yang berani. Kendati hanya berbekal kualitas pemain yang sedang-sedang saja, mereka melepaskan tekanan yang intens ke lini pertahanan Ukraina. Mereka juga melakukan beberapa perubahan.

Makedonia Utara memasukkan Darko Churlinov dan Aleksandar Trajkovski. Sedangkan Ukraina, mereka memasukkan nama-nama seperti Viktor Tsigankov, Artem Biesledin, dan Serhiy Sydorchuk.

Masuknya mereka membuat lini serang Makedonia Utara menguat, dan hasilnya tampak pada menit 57. Mereka mendapatkan hadiah penalti, dan sukses dieksekusi oleh Alioski. Skor berubah 2-1.

Berkat gol Alionski, intensitas pertandingan meninggi. Makedonia Utara semakin berani menyerang, di sisi lain Ukraina juga tetap mengancam lewat beberapa serangan balik yang dibangun. Para pemain dari kedua tim juga tak segan beradu fisik.

Situasi ini terus berlangsung di sisa waktu babak kedua. Ukraina sebenarnya punya kesempatan menambah angka di menit 83, namun sepakan penalti Malinovskiy masih mampu dimentahkan kiper Makedonia Utara. Peluang mereka untuk mengejar masih terbuka.

Akan tetapi, hingga babak kedua tuntas, Makedonia Utara gagal menambah angka. Alhasil, skor 2-1 untuk kemenangan Ukraina tetap bertahan.

3. Ukraina jaga peluang lolos ke fase gugur

Bekuk Makedonia Utara, Ukraina Jaga Peluang ke Fase GugurPemain Timnas Belanda. (twitter.com/OnsOranje)

Berkat kemenangan ini, untuk sementara Ukraina berhasil menorehkan tiga poin di Grup C. Mereka menjaga asa untuk lolos ke fase gugur Piala Eropa 2020, setelah tumbang di tangan Belanda di laga pertama.

Namun, Ukraina tetap harus berhati-hati. Sebab, di laga terakhir Grup C Piala Eropa 2020 nanti, mereka akan berhadapan dengan Austria. Tim besutan Franco Foda tersebut bukan tim yang mudah untuk dikalahkan.

Baca Juga: Belanda Vs Austria: Duel Penentu Penguasa Grup C

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya