Bekuk Vietnam, Timnas U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Timnas berhasil menang dengan skor 3-2 atas Vietnam

Jakarta, IDN Times - Timnas U-20 Indonesia meraih kemenangan dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Bertemu Vietnam di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Minggu (18/9/2022) malam, skuad Garuda Nusantara menang dengan skor 3-2.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Marselino Ferdinan (60'), Muhammad Ferarri (81'), dan Rabbani Tasnim (85') untuk Timnas U-20, serta gol bunuh diri Ferarri (66') dan Dinh Xuan Tien (79') untuk Vietnam. Kemenangan ini membawa Timnas U-20 ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Pada awal babak pertama, Timnas U-20 langsung memberikan tekanan ketat bagi pertahanan Vietnam. Kembali tampil dengan para pemain intinya, mereka langsung menekan pertahanan Vietnam lewat sisi sayap, titik andalan mereka.

Namun, Vietnam tidak tinggal diam. Agar Timnas U-20 sulit mengembangkan permainan, mereka memeragakan permainan keras. Rencana ini berhasil. Beberapa kali para pemain skuad Garuda Nusantara terpancing emosinya.

Pada akhirnya, selain karena emosi yang sempat terpancing, Timnas U-20 memang kesulitan menembus lini pertahanan Vietnam. Apiknya transisi permainan yang dipertontonkan Vietnam merepotkan para penggawa Garuda Nusantara.

Tidak cuma saat bertahan, transisi apik ini membuat Vietnam mampu melepaskan beberapa tekanan berbahaya ke lini pertahanan Timnas U-20. Beruntung, para Vietnam juga mengalami kebuntuan pada babak pertama ini.

Pada sisa waktu babak pertama, Timnas U-20 masih dihinggapi kebuntuan. Mereka kesulitan masuk kotak penalti Vietnam. Di sisi lain, Vietnam juga mengalami hal serupa. Alhasil, skor 0-0 untuk kedua tim bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Timnas U-20 melakukan perubahan. Marselino Ferdinan dimasukkan untuk menambah daya gedor di lini tengah. Hadirnya Marselino membuat Timnas U-20 punya opsi menembus dari lini kedua.

Perubahan ini membuahkan hasil pada menit 60. Berawal dari kerja sama Ginanjar dan Frengky Missa, Marselino yang muncul dari lini kedua sukses membobol gawang Vietnam lewat sepakan kaki kanannya. Skor berubah 1-0 untuk Timnas U-20.

Unggul satu angka, Vietnam mulai tampil lebih menggigit. Mereka mulai mengeluarkan kecepatan dan menyerang dengan lebih klinis. Enam menit dari gol Timnas U-20, mereka berhasil menyamakan angka.

Berawal dari serangan cepat dari sisi kanan, pemain Vietnam melepaskan bola ke kotak penalti. Bola mengenai kaki Muhammad Ferarri sehingga berbelok ke arah gawang. Skor berubah 1-1, kondisi kembali seimbang antara Timnas U-20 dan Vietnam.

Kedudukan yang seimbang membuat intensitas laga meninggi. Berbeda seperti babak pertama, Vietnam lebih aktif pada babak kedua. Aliran bola mereka sangat rapi dan hal itu merepotkan para penggawa Timnas U-20.

Di sisi lain, justru Timnas U-20 yang mulai mengendur. Tekanan mereka tidak setajam babak pertama. Alhasil, Shin Tae Yong memasukkan Rabbani Tasnim dan Alfriyanto Nico untuk menambah daya gedor. Namun, justru Vietnam yang mencetak angka.

Pada menit 79, Vietnam melepaskan serangan cepat dari sisi kiri, Dinh Xuan Tien yang menerima bola di kotak penalti berhasil membobol gawang Indonesia. Vietnam unggul 2-1. Tertinggal, Timnas U-20 tidak menyerah.

Pada menit 81, Timnas U-20 berhasil menyamakan angka. Berawal dari umpan sepak pojok Zanadin Faris, Ferarri berhasil membobol gawang Vietnam lewat sundulannya. Skor berubah 2-2. Peluang Timnas U-20 untuk menang pun terbuka.

Pada menit 85, Timnas U-20 menambah angka lagi. Berawal dari tusukan Alfriyanto Nico, Rabbani Tasnim membobol gawang Vietnam usai menerima bola di kotak penalti. Skor berubah jadi 3-2, skuad Garuda Nusantara kembali unggul.

Di sisa waktu babak kedua, Timnas U-20 masih mencoba sesekali melepaskan tekanan ke lini pertahanan Vietnam. Di sisi lain, Vietnam mulai kesulitan menembus lini pertahanan skuad Garuda Nusantara.

Hingga laga tuntas, skor 3-2 untuk keunggulan Timnas U-20 tetap bertahan. Skuad Garuda Nusantara pun memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan.

Baca Juga: Menakar Kekuatan Lawan Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya