Belanda Lewati Jalur Neraka di Piala Dunia 2022

Belanda akan melalui jalan terjal

Jakarta, IDN Times - Belanda sudah memastikan diri melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2022. Kemenangan atas Qatar pada Selasa (29/11/2022), membuat mereka lolos dari Grup A dengan status sebagai juara grup.

Akan tetapi, perjalanan Belanda menuju tangga juara tidaklah mudah. Di fase gugur ini, mereka berpotensi tim-tim berat, terutama di babak perempat final. Siapa saja yang sudah menunggu skuad Oranje?

1. Menang lawan AS, bisa ketemu Argentina atau Prancis

Belanda Lewati Jalur Neraka di Piala Dunia 2022Frenkie de Jong membela Belanda di Piala Dunia 2022 (Twitter.com/DeJongFrenkie21)

Di babak 16 besar, Belanda sudah ditunggu oleh Amerika Serikat. Christian Pulisic dan kolega lolos ke fase gugur usai menjadi runner-up Grup B. Amerika Serikat jelas bukan lawan mudah bagi mereka, apalagi punya skema permainan dengan mengandalkan fisik.

Jika kelak Belanda lolos, lawan berat lain sudah menunggu mereka di perempat final. Minimal, setidaknya ada Argentina atau Prancis yang sudah menunggu. Kedua tim ini jelas bisa merepotkan Belanda.

Baca Juga: Senyum Lebar Van Gaal Usai Belanda Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia

2. Ditunggu juga oleh Jerman, Spanyol, hingga Kroasia

Belanda Lewati Jalur Neraka di Piala Dunia 2022Spanyol kalahkan Kosta Rika di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine)

Taruhlah Belanda melaju hingga ke semifinal. Mereka sukses mengalahkan Amerika Serikat dan lawan di perempat final. Di tahapan ini, lawan Belanda akan semakin merepotkan.

Sebab, ada Jerman, Spanyol, hingga Kroasia, yang berpotensi mereka hadapi. Nantinya, entah itu di laga perebutan tempat ketiga atau final, bisa jadi Inggris atau Portugal yang menunggu. Jalan mereka kali ini lebih terjal.

3. Lebih berat ketimbang Piala Dunia 2014

Belanda Lewati Jalur Neraka di Piala Dunia 2022Frenkie de Jong cetak gol pertamanya di Piala Dunia dalam laga Belanda vs Qatar (Twitter.com/OnsOranje)

Situasi Belanda saat ini serupa dengan Piala Dunia 2014 silam. Ketika itu, dengan dihuni para pemain muda dan diasuh Louis van Gaal, perjalanan Belanda menuju ke semifinal lebih mudah karena mereka jarang bertemu tim-tim besar.

Tercatat, Belanda hanya bersua Meksiko dan Kosta Rika di fase gugur, serta hanya bersua Spanyol selaku lawan berat di babak grup. Barulah di semifinal, mereka berhadapan dengan Argentina dan mereka tumbang.

Kini, dengan potensi lawan-lawan yang lebih berat, patut dinantikan bagaimana perjalanan Belanda di Piala Dunia 2022. Mampukah, minimal, mereka melaju hingga semifinal lagi? Atau, akankah mereka terhenti lebih awal?

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Belanda Permalukan Qatar, Gakpo Gemilang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya