Comscore Tracker

Bendera Indonesia Tak Bisa Berkibar di Piala AFF 2020

Sanksi WADA masih menaungi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Sama seperti yang terjadi di Piala Thomas, bendera Indonesia juga kemungkinan besar tidak akan berkibar lagi di Piala AFF 2020. Hal itu disebabkan Indonesia masih terkena sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Indonesia mendapatkan sanksi dari WADA lantaran dianggap tidak patuh dalam menerapkan program tes doping yang efektif kepada setiap atlet di cabang olahraga. Tidak cuma itu, Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI), ternyata memiliki 24 pending matters yang harus dipenuhi kepada WADA.

Akibat hal ini, bendera Indonesia dilarang berkibar di ajang-ajang internasional. Indonesia juga dilarang menggelar turnamen level regional maupun internasional selama sanksi WADA masih berlaku. Lalu, bagaimana nasib Timnas Indonesia?

1. Timnas Indonesia di Piala AFF bisa bernasib sama seperti tim Piala Thomas

Bendera Indonesia Tak Bisa Berkibar di Piala AFF 2020Tim Indonesia saat menjuarai Thomas Cup 2020 (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Pada Piala Thomas lalu, Indonesia terkena getah dari sanksi WADA. Mereka tidak diperbolehkan mengibarkan bendera Merah Putih, ketika Indonesia sejatinya keluar sebagai juara Piala Thomas. Hal tersebut mengundang cibiran dari para warganet.

Nah, hal serupa bisa terjadi lagi di Piala AFF 2020. Jika kelak Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF, mereka akan mengalami apa yang dialami oleh tim Piala Thomas. Mereka tidak akan menyaksikan bendera Merah-Putih berkibar. Mungkin, hanya bendera PSSI yang berkibar tinggi.

Baca Juga: Thailand Takut dengan Timnas Indonesia di Piala AFF

2. PSSI dalam posisi patuh pada aturan

Bendera Indonesia Tak Bisa Berkibar di Piala AFF 2020Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Kemenpora, Rabu (21/4/2021). (IDN Times/(Sandy Firdaus)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku pihaknya berada dalam posisi patuh soal sanksi dari WADA. Mereka memang sudah berupaya dengan bersurat ke Kemenpora dan LADI. Namun, apa pun keputusan yang nanti keluar, baik itu bendera boleh berkibar atau tidak, PSSI akan patuh.

"Ya, mudah-mudahan (Indonesia) bisa juara, dan ada perubahan. Kalau tidak, ya kami ikuti aturan. Kan kami tidak bisa memaksakan juga," tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut, Selasa (23/11/2021).

3. Piala AFF 2020 akan segera dihelat

Bendera Indonesia Tak Bisa Berkibar di Piala AFF 2020facebook.com/affsuzukicup

Piala AFF 2020akan dihelat dalam waktu dekat, yakni pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Singapura, juara empat kali Piala AFF, jadi tuan rumah di Piala AFF kali ini.

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B Piala AFF 2020, bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, Laos. Skuad Garuda akan mulai bertanding per 9 Desember 2021 mendatang.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya