Bernardo Silva Cabut, Manchester City Bakal Pusing

Bernardo Silva adalah pemain penting ManCity

Jakarta, IDN Times - Isu kurang sedap menghinggapi Manchester City di musim panas ini. Salah satu pemain andalan mereka, Bernardo Silva, dikabarkan akan hengkang ke Barcelona. Dia sudah tidak betah di ManCity akibat kerap mulai tersisih dari tim utama manajer Pep Guardiola.

Dilansir Diario AS, Silva benar-benar antusias dengan potensi kepindahannya ke Barcelona. Agen Silva, Jorge Mendes, juga dikabarkan tengah mengusahakan segala cara agar kliennya itu bisa segera berseragam Barcelona.

Jika kelak transfer ini terjadi, ManCity tentu akan kehilangan. Sejak musim 2017/18, Silva sudah berkembang jadi salah satu sosok penting di skuad ManCity.

1. Bernardo Silva antar ManCity meraih banyak gelar

Bernardo Silva Cabut, Manchester City Bakal Pusinggoal.com

Sejak didatangkan dari Benfica pada Juli 2017, Silva sudah mempersembahkan banyak gelar bagi ManCity. Terhitung, Silva sudah membantu ManCity memenangkan empat gelar Premier League, empat trofi Piala Liga, dan satu kali juara Piala FA.

Silva juga jadi aktor utama keberhasilan ManCity tampil di final Liga Champioms 2020/21, meski di laga itu, harus tumbang di tangan Chelsea. Pria asal Portugal itu jadi bagian dari tulang punggung Guardiola di ManCity.

Baca Juga: Gila, Real Madrid Sudah Mau Bajak Haaland Usai Gabung ManCity

2. Bernardo Silva acap jadi pemain penentu

Bernardo Silva Cabut, Manchester City Bakal Pusingpotret Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, dan Rodri (mancity.com)

Sejauh ini, torehan gol dan assist Silva di ManCity memang tidak terlalu menonjol. Tercatat, dia hanya mencetak 48 gol dan 51 assist dari total 251 laga yang sudah dilakoni bersama The Citizens di semua kompetisi.

Namun, peran Silva di ManCity lebih dari sekadar pencetak gol dan assist semata. Kerap bermain di posisi gelandang tengah yang melebar ke sayap, Silva adalah pendobrak pertahanan lawan lewat kemampuan dribel prima dan kecepatannya yang tinggi.

Ketika David Silva memutuskan pergi, mantan pemain AS Monaco tersebut pun jadi pendukung Kevin De Bruyne dalam membongkar pertahanan lawan. Sepanjang musim 2021/22 lalu, dia menorehkan rataan umpan kunci 1,7 kali per laga, tertinggi keempat di ManCity.

Tak jarang juga, Silva masuk ke kotak penalti dengan memanfaatkan ruang-ruang yang diciptakan Gabriel Jesus, ataupun para winger ManCity yang lain. Belum lagi, gol-gol yang dia cetak pun sifatnya krusial, karena lahir di momen-momen penting.

Alhasil, jika Silva pergi, Guardiola mesti putar otak lagi untuk mencari mesin permainan di lini tengah. Sebab, dia akan kehilangan gelandang dengan daya dobrak dan insting mencetak gol yang tinggi.

3. Guardiola mengancam Barcelona

Bernardo Silva Cabut, Manchester City Bakal Pusinggoal.com

Guardiola, secara tidak langsung, sudah memberi restu bagi Silva untuk pergi ke Barcelona. Dalam sebuah sesi wawancara, dia pernah mengatakan tidak akan mempertahankan pemain yang sudah tak betah bersama klub.

"Tujuan kami sebagai klub (ManCity), adalah mempertahankannya (Silva). Namun, saya selalu berkata, jika ada pemain yang tak betah, akan mempersilakannya untuk pergi," ujar Guardiola.

Namun, di sisi lain, Guardiola juga mengancam Barcelona. Dia meyakinkan kepada tim asal Spanyol itu, mendapatkan Silva dari ManCity tidak akan semudah membalikkan telapak tangan.

"Bernardo Silva adalah pemain penting. Saya yakin dia akan tinggal di Manchester City. Untuk Barcelona, saya yakinkan kalian akan sulit mendapatkannya," tutur Guardiola.

Baca Juga: Barcelona Pertimbangkan Bajak Bernardo Silva dari Manchester City

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya