Best XI Piala Eropa 2020: Dominasi Serie A dan Premier League

LaLiga cuma sumbang satu pemain

Jakarta, IDN Times - UEFA secara resmi sudah mengumumkan siapa-siapa saja nama pemain yang masuk dalam Best XI atau Team of the Tournament-nya Piala Eropa 2020. Dari susunan nama yang terpilih, tampak ada dominasi Serie A dan Premier League di situ.

Berdasarkan penilaian dari tim technical observer yang dipimpin oleh Fabio Capello, terpilih 11 nama yang masuk dalam kategori Best XI Piala Eropa 2020 versi UEFA. Nama-nama ini memang tampil menonjol selama Piala Eropa 2020, dan memberikan sumbangsih bagi timnya.

Namun, uniknya, nama-nama ini justru jadi cermin dari dominasi dua liga top Eropa, yakni Premier League dan Serie A. Siapa sajakah nama-nama yang terpilih?

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Ronaldo Topskor, Donnarumma Pemain Terbaik

1. Lima nama berasal dari Premier League

Best XI Piala Eropa 2020: Dominasi Serie A dan Premier LeaguePesepak bola Italia Lorenzo Insigne (kanan) melakukan celebras denna rekannya Jorginho setelah mencetak bol ke gawang Turki dalam laga perdana Group A Euro 2020, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Jumat (11/6/2021). Italia berhasil mengalahkan Turki 3-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters- Mike Hewitt

Dari 11 nama yang dipilih tim teknikal UEFA, lima nama di antaranya berasal dari Premier League. Mereka adalah Harry Maguire (Man United), Kyle Walker (Man City), Jorginho (Chelsea), Raheem Sterling (Man City), dan Pierre-Emile Hoejgbjerg (Tottenham Hotspur).

Terpilihnya lima nama dari Premier League ini mencerminkan peningkatan kualitas dari Premier League. Tidak heran memang, karena kini Premier League berisikan manajer-manajer berkualitas, seperti Pep Guardiola, Thomas Tuchel, Mikel Arteta, hingga Marcelo Bielsa.

Hadirnya manajer-manajer berkualitas ini mendongkrak kualitas pemain secara tidak langsung, entah itu bagi pemain asli Inggris, atau pemain asing yang main di Inggris. Tak heran juga, banyak pemain yang mendambakan main di Premier League.

Baca Juga: Gila! Fans Inggris Buat Petisi Minta Final Piala Eropa 2020 Diulang

2. Lima nama berasal dari Serie A

Best XI Piala Eropa 2020: Dominasi Serie A dan Premier LeagueItalia vs Austria. (twitter.com/EURO2020)

Jika lima nama sebelumnya berasal dari Premier League, sekarang lima nama lain dari Best XI Piala Eropa 2020 berasal dari Serie A. Mereka adalah Leonardo Spinazzola (AS Roma), Leonardo Bonucci (Juventus), Federico Chiesa (Juventus), Romelu Lukaku (Inter Milan), dan Gianluigi Donnarumma (AC Milan).

Banyaknya pemain Serie A yang terpilih ini bukan sebuah kejutan. Sejak babak grup, pemain-pemain yang tampil di Serie A memang sudah mencuri perhatian di Piala Eropa 2020. Mereka bahkan mampu menyabet banyak gelar Man of the Match.

Jangan lupa, topskorer Piala Eropa 2020 juga berasal dari pemain yang mentas di Serie A, yakni Cristiano Ronaldo (Juventus). Moncernya para pemain Serie A di Piala Eropa 2020 ini sekaligus menjadi sinyal tersendiri, bahwa kualitas dari Serie A sudah membaik.

Banyaknya variasi taktik yang diterapkan manajer-manajer Serie A sepanjang musim 2020/21, serta mulai akrabnya Italia dengan ragam permainan baru macam possession atau pressing, meningkatkan kualitas para pemain. Tak heran juga, Italia akhirnya mampu keluar sebagai juara.

3. LaLiga yang menurun dan pemain yang tak terpilih

Best XI Piala Eropa 2020: Dominasi Serie A dan Premier LeagueSpanyol vs Swedia. (twitter.com/SeFutbol)

Di sisi lain, penurunan kualitas justru dipertontonkan LaLiga. Hanya satu pemain mereka yang terpilih masuk ke Best XI Piala Eropa 2020, yakni Pedri (Barcelona). Sisanya, tak ada lagi pemain LaLiga yang masuk.

Sejatinya banyak faktor yang mempengaruhi hal ini. Paling kentara, tentu tidak adanya pemain Real Madrid di skuad Spanyol untuk Piala Eropa 2020. Padahal, Madrid masih berisikan pemain-pemain berkualitas macam Sergio Ramos ataupun Marco Asensio.

Hal ini jelas jadi sebuah pertanyaan sendiri. Apalagi, capaian klub LaLiga di musim 2020/21 tidak begitu buruk. Real Madrid mampu mengecap babak semifinal Liga Champions, sedangkan Villarreal mampu keluar sebagai juara usai menundukkan Manchester United di final.

Bukan cuma perkara LaLiga saja, ada juga beberapa pemain apik lain yang gagal masuk Best XI Piala Eropa 2020. Beberapa di antaranya adalah Giorgio Chiellini dan Luke Shaw. Namun, apa pun itu, dari pemilihan ini tampak bahwa kualitas Serie A dan Premier League sudah teruji.

Baca Juga: 5 Tim dengan Gol Terbanyak di Piala Eropa 2020, Siapa Tertajam?

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya