Comscore Tracker

Bhayangkara Solo FC Siap Menggebrak Pentas Sepak Bola Indonesia

Bhayangkara FC kini akan bermarkas di Solo

Jakarta, IDN Times - Setelah lama bermarkas di Jakarta, Bhayangkara FC memutuskan untuk pindah. Kali ini, mereka memilih kota Solo sebagai markas baru. Mereka pun mengganti nama jadi Bhayangkara Solo FC.

Acara peresmian Bhayangkara Solo FC ini digelar di Stadion Manahan, Jumat (27/11/2020) pagi. Peresmian ditandai dengan pengenalan seluruh penggawa Bhayangkara Solo FC. Acara ini juga dihadiri oleh Pemkot Solo, PSSI, PT LIB, beberapa klub peserta Liga 1, dan para sponsor.

“Saya mewakili masyarakat Solo dengan bahagia menyambut kehadiran Bhayangkara FC di Solo yang akan bermain di Stadion Manahan untuk tiap pertandingan kandangnya,” ujar Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo dalam sambutannya, dilansir situs resmi Bhayangkara Solo FC.

1. Bhayangkara Solo FC siap membantu perkembangan sepak bola Solo

Bhayangkara Solo FC Siap Menggebrak Pentas Sepak Bola IndonesiaPeresmian Bhayangkara Solo FC. (Website/bhayangkara-footballclub.com)

Sebagai rasa terima kasih kepada Solo yang sudah mau menerima mereka, Bhayangkara FC mengganti nama jadi Bhayangkara Solo FC. Mereka juga bertekad memberikan yang terbaik untuk masyarakat Solo dan siap berkontribusi untuk memajukan sepak bola kota Solo.

"Kami ingin kehadiran kami bisa ikut memajukan dan menumbuhkan semangat generasi muda sepak bola Solo lewat tim Elite Pro Academy yang dimiliki Bhayangkara Solo FC. Tentu, untuk mencapai hasil maksimal butuh sinergi dengan semua elemen sepak bola Solo. Untuk itu, kami pun sudah menjalin silaturahmi dengan sejumlah pelaku sepak bola Solo,” tutur Irjen Pol  Istiono, CEO Bhayangkara FC.

"Ini juga jadi bentuk terima kasih kami sekaligus jawaban positif kami terhadap usulan dari beberapa tokoh Kota Solo seperti Wali Kota Solo yang ingin adanya nama Solo pada nama klub ini,” lanjut dia.

Baca Juga: Tunggu Kejelasan Liga 1, Bhayangkara FC Belum Bahas Kontrak Pemain

2. Bhayangkara Solo FC sudah tentukan mes dan tempat latihan

Bhayangkara Solo FC Siap Menggebrak Pentas Sepak Bola IndonesiaPeresmian Bhayangkara Solo FC. (Website/bhayangkara-footballclub.com)

Tanpa pikir panjang, Bhayangkara Solo FC langsung menentukan mes dan tempat mereka untuk berlatih nanti. Pada Kamis (26/11), mereka sudah menjalin kesepakatan kerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Nantinya, para pemain Bhayangkara Solo FC akan menetap dan berlatih di UNS ini. Pemanfaatan UNS sebagai mes dan tempat latihan Bhayangkara Solo FC dikonfirmasi oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho.

Bhayangkara Solo FC diproyeksikan akan mulai berlatih pada 2021. Selepas pengenalan di Solo, manajemen Bhayangkara Solo FC lebih dulu fokus pada proses perpindahan aset dan perlengkapan manajerial dari Jakarta ke Solo.

"Ibaratnya pacaran yang cepat dan langsung menikah. Hanya dua sampai tiga hari bertemu, kesepakatan langsung tercapai. Kerja sama kami meliputi pemanfaatan GOR UNS sebagai lapangan latihan, Guest House KPRI UNS sebagai mes pemain,” ujar Jamal.

3. Bhayangkara FC kerap berganti nama

Bhayangkara Solo FC Siap Menggebrak Pentas Sepak Bola IndonesiaPeresmian Bhayangkara Solo FC. (Website/bhayangkara-footballclub.com)

Menurut data dari situs Liga 1, Bhayangkara terbentuk pada 2016. Namun, kiprah Bhayangkara sebenarnya lebih jauh dari itu. Semua bermula dari dualisme yang melanda Persebaya pada 2010.

Ketika itu, ada dua Persebaya yang main di kompetisi yang berbeda, yakni Persebaya 1927 yang main di Liga Primer Indonesia, serta Persebaya yang main di Divisi Utama. Persebaya yang bermain di Divisi Utama inilah yang jadi cikal bakal Bhayangkara.

Mereka kerap berganti-ganti nama agar bisa mentas di berbagai turnamen, mulai dari Persebaya DU, Persebaya United, Bonek FC, Surabaya United, Bhayangkara Surabaya United, Bhayangkara FC, hingga kini menjadi Bhayangkara Solo FC.

Baca Juga: Laga Bhayangkara FC vs Persija Digelar Tanpa Penonton!

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya