Comscore Tracker

Brace Telat Cristiano Ronaldo Bawa Portugal Sikat Hungaria

Portugal membuka Piala Eropa 2020 dengan apik

Jakarta, IDN Times - Portugal meraih torehan positif dalam laga perdana Grup F Piala Eropa 2020. Menghadapi Hungaria di Puskas Arena, Selasa (15/6/2021), Portugal menang dengan skor 3-0.

Trigol di pertandingan ini dicetak oleh Raphael Guerreiro (menit 84) dan Cristiano Ronaldo (menit 86 dan 90+2). Kemenangan ini jadi modal yang bagus bagi Portugal untuk mengarungi sisa laga Grup F Euro 2020.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Ngamuk Gara-gara Coca-Cola

1. Hungaria keras kepala, Portugal pusing

Brace Telat Cristiano Ronaldo Bawa Portugal Sikat HungariaPortugal vs Hungaria. (twitter.com/EURO2020)

Menurunkan Cristiano Ronaldo, Diogo Jota, Ruben Dias, dan Bruno Fernandes, nyatanya tak membuat Portugal dengan mudah membuat Hungaria bertekuk lutut. Di babak pertama, Hungaria begitu keras kepala saat bertahan. 

Komando Peter Gulacsi di bawah mistar gawang mampu membuat tembok pertahanan yang begitu kokok. Meski lebih dominan menguasai bola, Portugal kesulitan membobol gawang Hungaria. Fokus pertahanan Hungaria begitu prima, hingga membuat para pemain depan Portugal mati kutu. Apalagi, belum terlihat sinergi di antara tiga pemain depan Portugal.

Di sisi lain, untuk mengimbangi permainan Portugal, Hungaria mengandalkan permainan yang lebih mengandalkan fisik. Sampai menit 35 pertandingan, hal itu terbukti berhasil. Portugal yang awalnya bisa bermain tenang, mulai sedikit terburu-buru.

Bahkan, Ronaldo sampai frustrasi. Dia kurang tenang dalam menyelesaikan peluang. Tembakannya di menit 43 melayang jauh di atas mistar gawang Hungaria. Skor 0-0 mewarnai babak pertama.

2. Gol pantulan mengubah segalanya

Brace Telat Cristiano Ronaldo Bawa Portugal Sikat HungariaPortugal vs Hungaria. (twitter.com/EURO2020)

Memasuki babak kedua, situasi mulai sedikit berubah. Hungaria, yang terkurung di babak pertama, mulai berani keluar menyerang. Pelan-pelan, mereka memberikan ancaman kepada lini pertahanan Portugal. Adam Szalai dkk mulai menciptakan peluang.

Namun, hal itu tidak berlangsung lama. Memasuki menit 55, Portugal kembali mengambil alih kendali laga. Bedanya, sekarang ini Portugal tidak terlalu terburu-buru dalam mengalirkan bola. Mereka berusaha untuk bermain lebih tenang.

Kendati begitu, Portugal masih tetap kesulitan menceploskan bola ke gawang Gulacsi. Alhasil, untuk menambah daya gedor, Portugal memasukkan Rafa Silva, Renato Sanches, dan Andre Silva. Hungaria merespons dengan memasukkan Loic Nego, Szabolcs Schon, dan David Siger.

Hungaria sempat mengejutkan Portugal setelah Schon mencetak gol di menit 79. Namun, wasit menganulir gol tersebut dan menganggap Schon sudah berada pada posisi offside. Mendapatkan terapi kejut seperti itu, Portugal kembali meningkatkan tekanan ke lini pertahanan Hungaria.

Portugal akhirnya memecah kebuntuan di menit 84. Berawal dari serangan yang diinsiasi Rafa Silva, Raphael Guerreiro mencetak berhasil cetak gol, setelah tendangannya mengenai pemain Hungaria dan berbelok ke gawang.

Selang dua menit, Portugal mendapatkan hadiah penalti, setelah Rafa Silva dijatuhkan Willi Orban di kotak terlarang. Ronaldo yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugas dengan baik.

CR7 kembali beraksi di masa injury time. Kerja samanya dengan Rafa Silva berujung brace buat Ronaldo, sekaligus mengunci kemenangan 3-0 Portugal atas Hungaria.

3. Akhiri mimpi buruk

Brace Telat Cristiano Ronaldo Bawa Portugal Sikat Hungariaovasports.com

Berkat kemenangan ini, Portugal berhasil mengakhiri mimpi buruk ketika bersua Hungaria. Dalam gelaran Piala Eropa 2016 lalu, mereka pernah ditahan imbang 3-3 oleh Hungaria di fase grup.

Tiga poin yang Portugal dapat di laga lawan Hungaria ini juga menjadi bekal bagus bagi tim asuhan Fernando Santos itu untuk mengarungi sisa laga Grup F Piala Eropa 2020. Apalagi, mereka masih harus menghadapi dua tim besar lain, yaitu Prancis dan Jerman.

Baca Juga: Ronaldo Bongkar Misteri Transfer di Piala Eropa 2020

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya