[BREAKING] Aksi 2 Supersub Antar Italia ke Perempat Final Piala Eropa 2020

Laga ini berlanjut sampai ke perpanjangan waktu

Jakarta, IDN Times - Italia pada akhirnya sukses keluar dari tekanan dalam babak 16 besar Piala Eropa 2020. Bersua Austria di Wembley Stadium, Minggu (27/6/2021), Italia menang dengan skor 2-1.

Dua supersub, Federico Chiesa dan Matteo Pessina, jadi pahlawan Italia. Chiesa dan Pessina mencetak dua gol kemenangan Italia. Sedangkan, Austria bisa membalas satu kali lewat Sasa Kalajdzic di menit 114. Kemenangan ini membawa Italia melaju ke perempat final Piala Eropa 2020, menyusul Denmark. 

Kedua tim turun dengan kekuatan terbaik sejak awal laga. Italia memainkan Marco Verratti, Ciro Immobile, Leonardo Bonucci, dan Jorginho. Austria menurunkan Marko Arnautovic, Marcel Sabitzer, David Alaba, dan Stefan Lainer. 

Sejak awal babak pertama, kedua tim saling melepaskan tekanan di laga ini. Austria meladeni permainan agresif Italia dengan sama-sama bermain agresif juga. Pressing langsung mereka lepaskan saat Italia menguasai bola di daerah sendiri. 

Mendapatkan pressing seperti ini, Italia tidak kehabisan akal. Selain memanfaatkan umpan-umpan pendek yang berpadu dengan permutasi posisi pemain, mereka juga tak jarang menekan balik Austria bahkan di wilayah pertahanan sendiri. 

Saling pressing yang dilakukan kedua tim membuat laga berjalan menarik. Namun, perlahan-lahan Austria mengendurkan tekanan, buah dari pressing yang dilakukan oleh Italia. Mereka tertekan balik. 

Sejumlah peluang sukses diciptakan Italia di pertengahan babak pertama. Namun, situasi tidak serta jadi mudah bagi Italia. Austria yang mengendurkan tekanan ternyata memperkuat lini pertahanan. Hal tersebut membuat Italia kesulitan mencetak gol. 

Di sisa waktu babak pertama, Italia terus menggempur lini pertahanan Austria. Namun, kebuntuan Italia yang tak kunjung usai membuat babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Italia masih memegang kendali permainan. Namun, kebuntuan yang menghinggapi mereka di babak pertama, rupanya belum lepas sepenuhnya. 

Kesempatan ini dimanfaatkan Austria untuk menekan balik. Beberapa kali, peluang sukses mereka dapatkan lewat Arnautovic serta Sabitzer. Austria sempat mencetak gol lewat Arnautovic pada menit 66. Namun, gol itu dianulir lantaran Arnautovic dianggap berada dalam posisi offside.

Sadar berada dalam tekanan, Italia memasukkan sejumlah wajah baru untuk membawa perubahan. Pelatih Roberto Mancini memasukkan Manuel Locatelli dan Pessina, untuk menambah kekuatan di lini tengah Italia yang mati di babak kedua ini. 

Hadirnya Locatelli dan Pessina di lini tengah Italia memang memberikan dampak. Namun, secara keseluruhan, Italia masih mengalami kebuntuan. Setiap serangan yang mereka lakukan selalu dimentahkan oleh lini pertahanan Austria. 

Situasi ini terus berlanjut di sisa waktu babak kedua. Alhasil, skor 0-0 tetap berlanjut hingga babak kedua tuntas, dan pertandingan pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu. 

Di babak pertama perpanjangan waktu, Italia masih mengambil inisiatif serangan. Upaya mereka kini membuahkan hasil. Pada menit 95, Federico Chiesa yang masuk sebagai pengganti sukses menceploskan bola ke gawang Austria. Skor berubah 1-0.

Setelah unggul satu angka, Italia tetap menekan pertahanan Austria. Hasilnya berbuah manis. Pada menit 105, giliran Pessina yang membobol gawang Austria. Skor berubah 2-0, dan skor ini jadi penanda tuntasnya babak pertama perpanjangan waktu. 

Di babak kedua perpanjangan waktu, Austria berusaha keras mengejar ketertinggalan dari Italia. Usaha mereka berbuah hasil pada menit 114. Dari situasi sepak pojok, Sasa Kalajdzic sukses membobol gawang Italia lewat sundulannya. Skor berubah 2-1.

Austria berupaya mencari gol penyeimbang di sisa waktu yang ada. Sayang, upaya mereka gagal. Skor 2-1 jadi penanda akhirnya pertandingan, sekaligus kelolosan Italia ke perempat final Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Pemain Serie A Italia Berkilau di Piala Eropa 2020

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya