Comscore Tracker

[BREAKING] Aksi Ajaib Swiss Singkirkan Prancis dari Piala Eropa 2020

Mbappe jadi biang keladi kegagalan Prancis

Jakarta, IDN Times - Prancis tertunduk lesu dalam babak 16 besar Piala Eropa 2020. Melawan Swiss di Arena Nationala, Selasa (29/6/2021) dini hari, Prancis tumbang dari Swiss lewat babak adu penalti yang berakhir dengan skor 4-5, setelah laga berakhir imbang 3-3 sejak waktu normal hingga babak perpanjangan waktu.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Haris Seferovic (15', 81'), Mario Gavranovic (90') untuk Swiss, serta Karim Benzema (57', 59'), Paul Pogba (75') buat Prancis.

Kedua tim menurunkan pemain terbaik mereka sejak awal laga. Prancis memainkan Karim Benzema, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Paul Pogba, sedangkan Swiss memainkan Xherdan Shaqiri, Haris Seferovic, Breel Embolo, serta Granit Xhaka.

Di awal babak pertama, Prancis tampil menekan. Seperti biasa, mereka mengandalkan kecepatan dari Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann dalam menembus pertahanan lawan. Namun, justru Swiss-lah yang mencetak gol pembuka terlebih dahulu.

Pada menit 15, berawal dari umpan silang Steven Zuber, Seferovic sukses menceploskan bola ke gawang Hugo Lloris lewat sundulannya. Skor berubah 1-0. Tertinggal satu angka, Prancis mulai mengintensifkan serangan ke lini pertahanan Swiss. Mereka mulai mengincar gol.

Prancis menekan pertahanan Swiss dengan agresif. Mereka menerapkan garis pertahanan tinggi, dengan tujuan untuk memberikan tekanan lebih kepada para pemain Swiss yang menguasai bola di wilayah mereka sendiri.

Namun, Prancis begitu kesulitan menembus lini pertahanan Swiss. Rapatnya pertahanan Swiss yang digalang Manuel Akanji membuat Mbappe, Benzema, dan Griezmann kesulitan. Selain itu, tampak belum ada kombinasi apik di lini serang Prancis.

Situasi ini terus terjadi di sisa waktu babak pertama. Kebuntuan yang dialami Prancis membuat babak pertama tuntas dengan skor 1-0 untuk keunggulan Swiss.

Memasuki babak kedua, Swiss mendapatkan kesempatan menambah angka. Pada menit 54, mereka memperoleh hadiah penalti setelah Zuber dilanggar oleh Benjamin Pavard. Sayang, Ricardo Rodriguez yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugas dengan baik.

Kegagalan Swiss ini dimanfaatkan dengan baik oleh Prancis. Pada menit 57, Benzema mencetak gol penyama kedudukan, memanfaatkan umpan dari Mbappe.

Berselang dua menit, Benzema kembali mencetak gol setelah memanfaatkan umpan congkel dari Griezmann. Dalam dua menit, Prancis sukses membalikkan keadaan menjadi 2-1. Mereka membuka kembali kesempatan untuk memenangi laga.

Selepas Prancis mencetak dua gol, kedua tim langsung melakukan perubahan. Swiss memasukkan Kevin Mbabu, Ruven Vargas, dan Mario Gavranovic, sedangkan Prancis memasukkan Moussa Sissoko, setelah memasukkan Kingsley Coman di awal babak kedua.

Pergantian pemain yang terjadi membawa pengaruh yang baik bagi Prancis. Pada menit 75, Pogba menambah keunggulan Prancis. Dari luar kotak penalti, sepakannya berhasil merobek gawang Swiss yang dijaga Yann Sommer. Keunggulan Prancis bertambah menjadi 3-1.

Unggul dua angka, Prancis bermain lebih tenang. Mereka tidak lagi melepaskan serangan dengan intensif. Namun, situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Swiss. Pada menit 81, Seferovic mencetak gol keduanya di laga ini setelah memanfaatkan umpan Mbabu. Skor berubah 3-2.

Di sisa waktu babak kedua, Swiss mulai meningkatkan serangan ke lini pertahanan Prancis. Hasilnya manis. Pada menit 90, memanfaatkan umpan Xhaka, Gavranovic berhasil membobol gawang Prancis. Skor 3-3, dan laga pun berlanjut ke masa perpanjangan waktu.

Sepanjang babak pertama perpanjangan waktu, tensi laga tidak terlalu tinggi. Prancis dan Swiss sama-sama melepaskan tekanan, tetapi tekanan tersebut tidak terlalu intensif seperti yang mereka peragakan di waktu normal. Alhasil, tidak ada gol yang tercipta di periode ini.

Memasuki babak kedua perpanjangan waktu, pertandingan masih berjalan santai. Prancis tetap menyerang. Namun, beberapa peluang yang mereka dapatkan gagal berbuah gol. Hal yang sama juga berlaku untuk Swiss. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Kylian Mbappe jadi pesakitan setelah eksekusi penaltinya sukses ditepis Sommer. Swiss memenangi babak adu penalti dengan skor 5-4 atas Prancis, mengantarkan ke perempat final Piala Eropa 2020.

Baca Juga: [Babak I] Mengejutkan, Prancis Tertinggal dari Swiss

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya