Comscore Tracker

[BREAKING] Bekuk Persebaya, PSS Tembus Perempat Final Piala Menpora

Bahkan, PSS lolos sebagai juara grup

Jakarta, IDN Times - PS Sleman akhirnya lolos ke perempat final Piala Menpora 2021. Mereka mengakhiri persaingan ruwet di Grup C dengan mengalahkan Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Rabu (7/4/2021), dengan skor tipis, 1-0.

Gol kemenangan PSS di laga ini dicetak oleh Irfan Bachdim lewat titik penalti. Berkat hasil ini, PSS jadi tim yang menemani Persebaya lolos ke perempat final dari Grup C. Mereka bahkan sukses jadi juara grup berkat keunggulan head-to-head atas Bajul Ijo.

Kedua tim menurunkan pemain kunci di pertandingan ini. Ada Supriadi, Oktafianus Fernando, Reva Adi, serta Arif Satria untuk Persebaya, serta Bagus Nirwanto, Kim Kurniawan, Nico Velez, Irfan Jaya, dan Arsyad Yusgiantoro untuk PSS.

Di awal-awal pertandingan, kedua tim tampak berhati-hati dalam bermain. Tidak ada tekanan agresif yang dilepaskan, justru permainan lebih banyak berkutat di area tengah. Kedua tim memilih untuk menunggu, dibandingkan memulai inisiatif.

Seiring berjalannya laga, PSS mulai berani keluar menyerang. Aksi eksplosif Irfan Bachdim, Irfan Jaya, Nico Velez, hingga Arsyad, Super Elang Jawa menekan lini pertahanan Persebaya.

Namun, Persebaya mampu menangani tekanan itu dengan apik. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, Persebaya mampu melepaskan beberapa kali serangan balik lewat kecepatan Marselino dan Supriadi. Namun, tekanan ini juga belum membuahkan hasil.

Selepas water break, pertandingan kembali berjalan seimbang. Persebaya berupaya mengimbangi dominasi PSS di laga ini. Mereka lebih berani mengalirkan bola dan mulai mencari celah di lini pertahanan PSS.

Tapi, petaka mulai menghampiri Persebaya. Setelah Oktafianus harus keluar lapangan lebih dulu karena cedera, mereka juga mesti kehilangan sosok Arif Satria yang terkena cedera lutut. Alhasil, di sisa waktu babak pertama, mereka lebih banyak bertahan.

Di sisi lain, PSS juga masih kesulitan membobol gawang Persebaya. Akibat kebuntuan kedua tim ini, skor 0-0 tetap bertahan sampai laga tuntas.

Memasuki babak kedua, Persebaya melakukan beberapa perubahan. Mereka sudah memasukkan Akbar Firmansyah dan Frank Sokoy. Sedangkan PSS, mereka memasukkan Fabiano Beltrame untuk memperkuat lini pertahanan.

Pada menit 47, PSS menancapkan keunggulan. Bermula dari pelanggaran terhadap Arsyad di kotak penalti, eksekusi Bachdim sukses membobol gawang Persebaya yang dikawal Ernando Ari. Skor 1-0 untuk PSS.

Tertinggal satu angka, Persebaya coba bermain lebih agresif. Kali ini, mereka tidak hanya menunggu saja. Mereka mengambil inisiatif dan coba mengurung lini pertahanan PSS. Di sisi lain, PSS malah jadi tim yang lebih menunggu.

PSS bahkan memasukkan sejumlah pemain dengan tipe bertahan seperti Aaron Evans, Saddam Emirudin, dan Irkham Zakhrul Mila, demi menyeimbangkan lini belakang dan tengah. Dari sini, tampak PSS mencoba untuk bermain lebih tenang dan tidak lagi terlalu menggebu-gebu.

Sedangkan Persebaya memasukkan lebih banyak pemain berkarakter menyerang demi menyamakan kedudukan seperti Rendy Irwan, Riky Kambuaya, dan Ady Setiawan. Sayang, sampai water break babak kedua, Persebaya gagal menyamakan kedudukan.

Selepas water break, tekanan masih dilepaskan oleh Persebaya. Beberapa kali, Riky melepaskan tembakan ke gawang PSS yang dikawal Ega Rizky. Namun, kegagalan Persebaya mencetak gol membuat PSS menang dengan skor 1-0.

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya