[BREAKING] Comeback, Persebaya Taklukkan Persik

Persebaya menang 2-1 atas Persik

Jakarta, IDN Times - Persebaya Surabaya tampil apik dalam laga perdana Grup C Piala Menpora 2021. Bertempat di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (23/3/2021), Persebaya menang 2-1 atas Persik Kediri.

Gol-gol dalam pertandingan ini dicetak oleh Samsul Arif (dua gol lewat penalti) untuk Persebaya, serta Andri Ibo (lewat penalti) untuk Persik. Kemenangan ini membuat Bajul Ijo sukses membuka Piala Menpora 2021 dengan hasil ciamik.

Persebaya dan Persik menurunkan para pemain intinya di pertandingan ini. Persebaya menurunkan pemain-pemain muda mereka macam Hambali Tholib, Rachmat Irianto, dan Koko Ari. Sedangkan Persik mengandalkan Faris Aditama, Andri Ibo, dan Vava Mario Yagallo.

Di awal-awal babak pertama, pertandingan berjalan alot. Kedua tim tampak masih meraba-raba permainan, dan tidak serta merta menekan dengan agresif. Mereka bermain dengan lebih hati-hati dan lebih banyak mengalirkan bola di tengah.

Memasuki pertengahan babak kedua, Persebaya mengambil inisiatif permainan. Dua sisi sayap Persebaya jadi titik awal serangan tim, lewat Oktafianus Fernando, Samsul Arif, dan Hambali. Sementara itu, Persik coba menekan lewat serangan balik, mengandalkan manuver Faris Aditama.

Dengan kemampuan dribelnya, Faris kerap mengancam pertahanan Persebaya. Akan tetapi, manuver Faris ini tidak ditopang pemain lain. Belum ada sinergi di lini tengah pertahanan Persik. Situasi ini terus berlangsung hingga water break.

Selepas water break, kemalangan menimpa Persebaya. Rizky Ridho harus keluar lapangan karena mendapatkan dua kartu kuning. Meski begitu, main dengan 10 orang, Persebaya tetap menguasai laga. Namun, mereka kesulitan membobol gawang Persik.

Di sisa waktu babak pertama, kebuntuan masih menimpa kedua tim. Alhasil, babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Persik melakukan beberapa pergantian pemain. Persik memasukkan Atcha Rafiou dan Sackie Doe untuk menambah tekanan di lini serang. Hadirnya dua pemain itu membawa pengaruh positif buat Persik.

Pada menit 62, Alwi Slamat melakukan handball di kotak penalti Persebaya. Hadiah penalti didapatkan oleh Persik, dan Andri Ibo yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 1-0 untuk keunggulan Persik.

Tertinggal satu angka, Persebaya berupaya menyusul. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit 67. Bermula dari pelanggaran yang dilakukan Andri Ibo di kotak penalti, Samsul Arif yang menjadi eksekutor penalti sukses menjalankan tugas dengan baik.

Selang tiga menit kemudian, Persebaya kembali mencetak gol. Lagi-lagi lewat sepakan penalti, Samsul Arif membawa Persebaya unggul 2-1 atas Persik. Keunggulan ini bertahan sampai water break babak kedua.

Selepas water break, Persebaya tidak mengendurkan tekanan. Masih mengandalkan manuver dari Samsul Arif dan Rendi Irwan, Persebaya secara konstan menghadirkan ancaman ke lini pertahanan Persik.

Sementara itu, Persik juga berupaya mencari gol penyama kedudukan. Situasi ini terus berlangsung hingga babak kedua tuntas. Namun, kegagalan Persik menyamakan angka membuat Persebaya sukses mengakhiri laga ini dengan kemenangan 2-0.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Piala Menpora 2021, PSIS Imbangi Barito Putera 3-3 

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya