[BREAKING] Drama 4 Gol, Barito Putera Lolos ke 8 Besar Piala Menpora

Raihan poin Barito Putera tidak terkejar tim lain di Grup A

Jakarta, IDN Times - Hasil imbang terjadi dalam laga ketiga Grup A Piala Menpora 2021. Bertempat di Stadion Manahan, Selasa (30/3/2021), Tira-Persikabo dan Barito Putera bermain imbang 2-2.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Ahmad Nufiandani dan Andy Setyo untuk Tira-Persikabo. Sementara, Cassio de Jesus dan Muhammad Firli menjadi pencetak gol untuk Barito Putera. Meski tidak menang, hasil ini cukup untuk membawa Barito Putera lolos ke babak perempat final Piala Menpora 2021. Raihan lima poin mereka tidak terkejar lagi oleh tim-tim lain di Grup A.

Tira-Persikabo dan Barito Putera menurunkan para pemain inti mereka sejak awal. Ada nama Abduh Lestaluhu, Wawan Febrianto, serta Firza Andika dari Persikabo. Sedangkan, Laskar Antasari menurunkan pemain sekelas Bayu Pradana, Rizky Pora, dan Abrizal Umanailo.

Di awal-awal babak pertama, kedua tim tampak berhati-hati dalam membangun serangan. Namun, seiring berjalannya laga, Tira-Persikabo mulai mengambil inisiatif permainan. Lewat kedua sisi sayap, mereka berusaha memberikan tekanan ke lini pertahanan Barito Putera.

Sementara itu. Barito Putera lebih banyak menunggu. Mereka kesulitan untuk keluar dari tekanan Tira-Persikabo, dan hanya mampu menyengat beberapa kali lewat serangan balik. Meski begitu, serangan balik Barito Putera terbilang tajam, karena ada manuver Rizky Pora di situ.

Situasi ini bertahan hingga water break babak pertama tuntas. Selepas water break, Tira-Persikabo mencoba untuk tetap memberikan tekanan ke lini pertahanan Barito Putera. Upaya mereka membuahkan hasil pada menit 36.

Bermula dari umpan matang Wawan, Ahmad Nufiandani sukses menceploskan bola ke gawang Barito Putera. Skor 1-0 untuk keunggulan Tira-Persikabo, dan hingga babak pertama tuntas, skor ini tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Barito Putera langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Tira-Persikabo. Usaha mereka ini membuahkan hasil. Pada menit 49, bermula dari sepakan pojok Rizky Pora, Cassio de Jesus sukses membobol gawang Persikabo. Skor berubah 1-1.

Namun, situasi ini tidak berlangsung lama. Berselang satu menit kemudian, Tira-Persikabo kembali unggul. Kembali diawali oleh umpan matang Wawan, kali ini, giliran Andy Setyo yang membobol gawang Barito Putera lewat sontekannya. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Persikabo.

Tertinggal satu angka, Barito Putera berupaya keras menyamakan angka. Mereka bahkan memasukkan beberapa pemain baru, termasuk Beni Oktovianto, untuk memperkuat lini serang. Persikabo juga memasukkan Ciro Alves dan Dava Ramadhan untuk menjaga kualitas permainan.

Hingga water break babak kedua, Barito Putera belum mampu menyamakan kedudukan. Alhasil, selepas water break, tekanan masih dilepaskan oleh para penggawa Barito tersebut. Sisi sayap kanan jadi tempat di mana Barito Putera kerap melepaskan tekanan.

Tidak ada Rizky Pora, manuver Beni jadi andalan Barito Putera dalam membongkar pertahanan Persikabo. Upaya dari Barito Putera ini membuahkan hasil pada menit 86. Berawal dari situasi sepakan bebas, Muhammad Firli mampu membobol gawang Persikabo. Skor berubah 2-2.

Di sisa waktu babak kedua, Barito Putera dan Tira-Persikabo berusaha untuk menambah angka. Namun, sampai laga tuntas, skor 2-2 untuk kedua tim tetap bertahan. Barito Putera lolos ke babak perempat final.

Baca Juga: Piala Menpora yang Bagaikan 2 Sisi Mata Uang Bagi Barito Putera

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya