[BREAKING] Dramatis! Italia Juara Piala Eropa 2020

Italia comeback usai tertinggal dari Inggris

Jakarta, IDN Times - Inggris secara menyakitkan kalah dalam final Piala Eropa 2020. Menghadapi Italia di Wembley Stadium, Senin (12/7/2021) dini hari, Inggris kalah di adu penalti dengan skor 2-3 (1-1) di babak adu penalti

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Luke Shaw (2') untuk Inggris, serta Leonardo Bonucci (67') untuk Italia. Ini jadi gelar Piala Eropa kedua Italia setelah tahun 1968.

Kedua tim menurunkan pemain terbaik mereka sejak awal laga. Inggris memainkan Harry Kane, Raheem Sterling, Harry Maguire, dan Mason Mount. Sedangkan Italia, mereka menurunkan Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, Jorginho, dan Giorgio Chiellini.

Begitu peluit babak pertama diturunkan, kedua tim langsung saling melepaskan serangan. Tampil agresif, Inggris sukses mencuri gol terlebih dahulu pada menit kedua. Asis dari Kieran Trippier sukses diteruskan oleh Luke Shaw menjadi gol.

Tertinggal satu angka di awal babak pertama, Italia mencoba bangkit. Mereka mengatur diri sedemikian rupa, dan berusaha untuk mengalirkan bola sedini mungkin dari bawah. Namun, Italia menemukan kesulitan.

Unggul satu angka membuat Inggris bermain lebih rapat. Mereka mengatur pertahanan sedemikian rupa, dan merapatkan jarak antar pemain. Hal tersebut membuat Italia kesulitan menembus kotak penalti Inggris.

Memasuki menit 20 laga, Italia mulai meningkatkan tekanan. Duo bek tengah mereka, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, mulai naik ke area tengah lapangan dan turut membantu mendistribusikan bola dari area tersebut.

Tidak cuma itu, para pemain Italia juga mulai memainkan variasi umpan-umpan pendek di area sepertiga akhir Inggris. Di sisi lain, Inggris hanya mengandalkan serangan balik, mengandalkan kecepatan pemain-pemain macam Shaw, Sterling, dan Mount.

Di sisa waktu babak pertama, Italia masih berupaya mencari gol penyama kedudukan. Sementara itu, Inggris mampu menyaring semua serangan yang datang ke lini pertahanan mereka. Alhasil, skor 1-0 bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Italia tetap melancarkan tekanan intensif ke lini pertahanan Inggris. Mereka juga memasukkan beberapa pemain baru seperti Domenico Berardi dan Bryan Cristante untuk menambah daya gedor di lini serang.

Namun, situasi buntu yang sempat mendera Italia di babak pertama masih terjadi di awal babak kedua ini. Mereka masih dihantui kebuntuan, hingga akhirnya gol terjadi di menit 67. Dari sebuah situasi kemelut, Italia sukses mencetak gol lewat Bonucci. Skor berubah 1-1.

Sadar bahwa situasi mulai sulit, Inggris memasukkan pemain baru untuk menambah daya gedor dna menjaga keseimbangan permainan. Mereka memasukkan Bukayo Saka dan Jordan Henderson.

Namun, meski memasukkan dua pemain baru. Inggris nyatanya tetap kesulitan membalikkan keadaan. Mereka masih ditekan oleh Italia, yang justru bermain semakin agresif. Kombinasi permainan Italia juga makin tajam, terutama di area sepertiga akhir.

Tidak ingin larut dalam tekanan, Inggris coba menekan balik Italia di sisa waktu babak kedua. Sterling beberapa kali melakukan tusukan ke kotak penalti Inggris. Namun, Chiellini atau Bonucci mampu mengatasi tekanan tersebut.

Saling melepaskan serangan, Italia dan Inggris nyatanya menemui kebuntuan di sisa waktu babak kedua ini. Alhasil, skor 1-1 bertahan sampai babak kedua tuntas. Pertandingan pun memasuki babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, Inggris coba mengendalikan permainan. Mereka mengatur aliran bola sedemikian rupa dan tidak membiarkan Italia menguasai bola. Meski begitu, mereka tetap kesulitan mencetak gol.

Di babak kedua perpanjangan waktu, situasi yang tidak jauh berbeda masih terjadi. Inggris dan Italia masih mengalami kebuntuan, kendati mereka sudah memasukkan nama-nama baru macam Jadon Sancho, Marcus Rashford, dan Alessandro Florenzi.

Laga sendiri akhirnya berlanjut ke babak adu penalti. Di babak ini, tiga penendang Inggris, yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal. Italia pun sukses juara Piala Eropa 2020.

Baca Juga: [BREAKING] Gol Kilat Luke Shaw Bikin Panik Italia di Babak I

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya