[BREAKING] Indonesia Bekuk Taiwan Tiga Angka Tanpa Balas

Indonesia melaju lebih jauh di Kualifikasi Piala Asia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia meraih kemenangan dalam laga leg kedua Kualifikasi Piala Asia 2023. Bersua Taiwan di Chang Arena, Senin (11/10/2021) malam, skuad Garuda menang dengan skor 3-0.

Gol-gol di laga ini dicetak Egy Maulana Vikri (27'). Ricky Kambuaya (55'), dan Witan Sulaeman (90+2') untuk Indonesia. Berkat kemenangan ini, Indonesia melaju lebih jauh di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia menurunkan para pemain terbaik mereka sejak awal laga, seperti Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, dan Ricky Kambuaya. Tidak cuma itu, nama-nama seperti Ahmad Agung, Asnawi Mangkualam, serta Adam Alis jika ikut dalam laga.

Pendekatan yang dilakukan oleh Indonesia di laga ini tidak beda jauh dengan leg pertama lalu. Sejak awal babak pertama, tekanan ketat diberikan oleh para pemain Indonesia, bahkan saat para pemain Taiwan masih menguasai bola di daerah sendiri.

Hal tersebut membuat Taiwan kesulitan mengembangkan permainan. Mereka lebih banyak melepaskan serangan-serangan sporadis, yang pada akhirnya mudah dihentikan oleh Igbonefo, Rachmat Irianto, dan Ryuji yang mengawal lini pertahanan Indonesia.

Permainan agresif Indonesia berbuah manis pada menit 27. Berawal dari sepakan Egy Maulana dari sisi kiri pertahanan Taiwan, sepakannya melesat masuk ke gawang Taiwan usai melewati kepala Dedik Setiawan. Skor 1-0 untuk keunggulan skuad Garuda.

Tertinggal satu angka, Taiwan mulai keluar menyerang. Para pemain Taiwan mulai saling berpencar, mencari ruang agar bisa melancarkan serangan dengan lebih rapi. Hal tersebut sempat merepotkan Indonesia, apalagi Taiwan juga coba memanfaatkan situasi bola mati dan bola atas.

Namun, kebuntuan masih dialami oleh Taiwan. Sementara itu, para pemain Indonesia juga tetap berusaha mencari gol kedua, meski setiap peluang yang didapat masih gagal dimanfaatkan. Sulitnya kedua tim mencetak gol membuat skor 1-0 untuk Indonesia bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan Indonesia. Pelatih Shin Tae Yong memasukkan Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek, dan Syahrian Abimanyu. Beberapa pergantian ini nyatanya memengaruhi permainan Indonesia.

Di awal-awal babak kedua, mereka sempat gelagapan menghadapi Taiwan yang mulai intens menekan. Bahkan, gawang Indonesia hampir kebobolan lewat situasi kemelut. Beruntung, situasi masih bisa diamankan.

Indonesia sendiri lebih banyak mengancam lewat serangan balik. Lewat kecepatan dari Egy dan Witan, skuad Garuda mencoba untuk mencari gol kedua. Upaya mereka berhasil. Pada menit 55, Ricky sukses membobol gawang Taiwan, lewat serangan dari sisi kanan yang diinisiasi Evan. Skor 2-0.

Unggul dua angka membuat Indonesia main lebih tenang, tetapi tetap agresif. Tekanan masih mereka lepaskan, namun tidak seagresif babak pertama dan awal babak kedua. Namun, masuknya Syahrian membuat aliran bola Indonesia di lini tengah terjaga.

Belum lagi, hadirnya Rumakiek juga menjaga kekuatan Indonesia di lini serang. Penggawa Persipura itu memberikan ancaman bagi lini pertahanan Taiwan lewat dribel-dribelnya. Rumakiek juga mampu bekerja sama dengan Witan dan juga para pemain depan Indonesia yang lain.

Di sisa waktu babak kedua, Timnas Indonesia masih menekan lewat serangan-serangan balik. Sedangkan Taiwan, mereka tampak mengalami kebuntuan. Permainan Taiwan pun justru berubah cenderung keras, sehingga kerap memancing gesekan dengan pemain Indonesia.

Jelang laga tuntas, Witan menambah keunggulan Indonesia. Dengan sepakan kaki kirinya, dia sukses membobol gawang Taiwan. Skor berubah 3-0, dan skor ini tidak berubah sampai laga usai. Skuad Garuda pun melangkah lebih jauh di babak Kualifikasi Piala Asia 2023

Baca Juga: Timnas U-23 Dikepung Australia dan Tiongkok di Kualifikasi Piala Asia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya