Comscore Tracker

[BREAKING] Persija Jadi Finalis Piala Menpora 2021

Persija menang di babak adu penalti

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta tampil apik dalam leg kedua semifinal Piala Menpora 2021. Bersua di Stadion Manahan, Minggu (18/4/2021), mereka sukses menundukkan PSM Makassar via babak adu penalti dengan skor 4-3, setelah total agregat kedua tim menunjukkan skor 0-0.

Dengan hasil ini, Persija melaju ke babak final Piala Menpora 2021. Mereka tinggal menunggu lawan antara Persib Bandung atau PSS Sleman yang akan bersua di leg kedua semifinal pada Senin (19/4/2021).

Kedua tim menurunkan para pemain terbaiknya di pertandingan ini. PSM menurunkan Erwin Gutawa, Zulkifli Syukur, Patrich Wanggai, Yakob Sayuri, dan M. Arfan. Sedangkan Persija, mereka menurunkan Marc Klok, Marko Simic, Osvaldo Haay, dan Riko Simanjuntak.

Berbeda dengan leg pertama, pertandingan di leg kedua ini berlangsung sedikit tenang di awal babak pertama. Baik itu PSM dan Persija tidak lagi bermain agresif cenderung keras. Mereka memilih untuk saling membaca permainan terlebih dahulu.

Seiring berjalannya babak pertama, kedua tim perlahan meningkatkan intensitas permainan. Dua sisi sayap jadi titik di mana PSM dan Persija saling melempar ancaman. PSM punya Yakob, sedangkan Persija memiliki Riko. Keduanya mengancam dengan dribel-dribel mereka.

Saling melepas serangan, nyatanya kedua tim tidak mampu membobol gawang. Rapinya lini pertahanan kedua tim, ditambah lagi dengan koordinasi yang kurang baik antara sisi sayap dengan para penyerang tengah, membuat babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, PSM melakukan perubahan. Zulham Zamrun dan Saldy dimasukkan oleh pelatih Syamsuddin Batolla. Sedangkan Persija, mereka memasukkan Sandi Sute untuk memperkuat lini tengah.

Berkat beberapa perubahan yang dilakukan, intensitas permainan kedua tim tetap terjaga. PSM dan Persija masih saling melepaskan serangan lewat sisi sayap. Bedanya, Persija mulai memanfaatkan beberapa kali situasi bola mati untuk membobol gawang PSM.

Memiliki sosok Klok, Persija beberapa kali sukses menciptakan situasi berbahaya lewat sepakan bola mati. Sayang, baik itu Osvaldo maupun Simic belum mampu mencetak gol dari peluang yang didapat lewat bola mati ini.

Selepas water break babak kedua, kebuntuan masih dialami oleh kedua tim. Tampak bahwa permainan tersendat di lini tengah. Aliran-aliran bola yang coba dilepaskan ke lini pertahanan mampu dihentikan oleh para pemain tengah kedua tim.

Beberapa situasi bola mati yang coba dimanfaatkan kedua tim juga tidak bisa berbuah gol. Alhasil, sampai babak kedua tuntas, skor 0-0 tetap bertahan. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti ini, empat eksekutor PSM, yakni Abdul Rachman, Yakob, Zulham, Saldy, dan Zulkifli, gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Sedangkan dari sisi Persija, Rohit, Yann Motta, Klok, dan Tony Sucipto, mampu menjalankan tugas dengan baik. Persija sukses menundukkan PSM dengan skor 4-3.

Baca Juga: PSM Tabuh Genderang Perang di Semifinal Leg 2 Lawan Persija

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya