Comscore Tracker

[BREAKING] Timnas Indonesia Comeback, Sikat Timor Leste

Aksi Pratama Arhan membuat Indonesia pada akhirnya menang

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan dalam laga persahabatan FIFA Matchday. Bersua Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (27/1/2022) malam, skuad Garuda menang dengan skor 4-1.

Gol-gol dalam laga ini dicetak Ricky Kambuaya (65'), Pratama Arhan (penalti 73'), dan dua gol bunuh diri Timor Leste dari Georgino Silva (77') serta Filomeno (80') untuk Indonesia. Sementara, sebiji gol Timor Leste dicetak oleh Paulo Freitas Gali (35').

Sejak awal babak pertama, Indonesia coba tampil menekan. Turun dengan sederet pemain yang rutin tampil di Piala AFF 2020, plus Sani Riski Fauzi yang mengisi posisi bek kanan, skuad Garuda langsung menekan para pemain Timor Leste.

Namun, memasuki menit 25, tekanan dari Indonesia mulai sedikit mengendur. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Timor Leste untuk melakukan tekanan balik. Upaya Timor Leste ini membuahkan hasil pada menit 35. Aksi individu Gali membuat Timor Leste unggul 1-0. Tembakan chip yang dilepaskannya gagal dibendung kiper Syahrul Trisna Fadilah.

Tertinggal satu angka, Indonesia mulai tampil gagap. Mereka menekan dengan sporadis. Tidak ada lagi tekanan rapi dari lini depan. Alhasil, peluang-peluang yang diciptakan oleh Indonesia tidak berbuah gol. Di sisi lain, Timor Leste mampu tampil efektif.

Bahkan, pada menit 45, Timor Leste punya peluang untuk menambah keunggulan. Mereka mendapatkan hadiah penalti usai Mauzinho dilanggar di kotak penalti. Beruntung, eksekusi Mouzinho sanggup ditahan oleh Syahrul Trisna Fadilah.

Situasi ini terus bertahan sampai babak pertama tuntas. Kebuntuan Indonesia membuat skor 1-0 untuk keunggulan Timor Leste tidak berubah sampai laga pertama usai.

Memasuki babak kedua, Indonesia melakukan beberapa perubahan. Mereka memasukkan Ronaldo Kwateh, Hanis Saghara, dan Pratama Arhan. Di sisi lain, Timor Leste juga melakukan perubahan dengan memasukkan Nahak Portela dan Armindo Almeida.

Beberapa pergantian ini membuat intensitas serangan Indonesia meningkat. Tekanan demi tekanan terus dilepaskan oleh Pasukan Garuda. Namun, serangan-serangan yang dilancarkan masih belum berbuah gol untuk Indonesia.

Barulah pada menit 65, Indonesia memecah kebuntuan. Bekerja sama dengan Ronaldo Kwateh, Ricky Kambuaya sukses membobol gawang Timor Leste lewat tembakan tajamnya, skor 1-1.

Selepas menyamakan skor, Indonesia mendapatkan angin segar untuk menambah gol. Serangan demi serangan dilepaskan oleh Indonesia. Pada menit 73, Indonesia akhirnya berbalik unggul. Semua berawal dari handsball yang terjadi di kotak penalti Timor Leste.

Arhan yang maju sebagai eksekutor penalti sukses menunaikan tugas dengan baik, skor berubah 2-1 untuk keunggulan Indonesia. Tidak berhenti sampai di situ, Indonesia mencetak dua gol tambahan pada menit 77 dan 80. Semua gol ini berawal dari situasi bunuh diri.

Uniknya lagi, dua gol ini diawali oleh aksi Arhan. Satu gol bunuh diri ditorehkan Georgino da Silva yang salah mengantisipasi lemparan ke dalam Arhan. Sedangkan, gol bunuh diri kedua dicatatkan Filomeno. Skor berubah 4-1, Indonesia unggul jauh atas Timor Leste.

Di sisa waktu babak kedua, Indonesia masih tampil dominan atas Timor Leste. Namun, Timor Leste juga masih berupaya untuk menyamakan kedudukan. Kebuntuan yang dialami oleh skuad Fabi Magrao membuat skor 4-1 untuk Indonesia bertahan sampai tuntas.

Baca Juga: Doa Timor Leste: Timnas Indonesia Bikin Gol Bunuh Diri

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya