[BREAKING] Timnas U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021 Usai Sikat Myanmar

Timnas U-23 tak mampu dibendung

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 menang dalam laga pamungkas Grup A SEA Games 2021. Melawan Myanmar di Stadion Viet Tri, Minggu (15/5/2022) sore, Ricky Kambuaya dan kolega menang dengan skor 3-1.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Egy Maulana Vikri (5'), Witan Sulaeman (9'), dan Marselino Ferdinan (45+2') untuk Timnas U-23, serta Win Naing Tun (61') untuk Myanmar. Kemenangan ini membawa skuad Garuda Muda lolos ke semifinal SEA Games 2021.

Sejak awal babak pertama, skuad Garuda Muda memberikan tekanan ketat ke pertahanan Myanmar. Tidak tanggung-tanggung, dua gol mereka cetak dalam rentang waktu di bawah 10 menit laga. Gol pertama dicetak pada menit kelima oleh Egy Maulana Vikri.

Egy berhasil memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang Myanmar sebelum akhirnya mencetak gol. Berlanjut pada menit sembilan, giliran Witan Sulaeman yang mencetak gol lewat sontekannya. Skor berubah 2-0, Timnas U-23 unggul cepat di laga ini.

Keunggulan cepat yang ditorehkan Timnas U-23 membuat mereka nyaman dalam bermain. Saking terlalu nyamannya, skuad Garuda Muda justru membiarkan Myanmar mengembangkan permainan. Ancaman mulai diberikan oleh Myanmar.

Namun, semua ancaman ini berhasil dinetralisir oleh lini pertahanan Timnas U-23. Malah, skuad Garuda Muda menambah angka pada menit 45+2, lewat sepakan Marselino Ferdinan. Skor berubah 3-0, dan tetap bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Timnas U-23 sedikit mengendur. Mereka tidak lagi menekan Myanmar dengan agresif, dan hal itu membuat Myanmar sukses mengambil alih kendali laga. Mereka memberikan tekanan ketat kepada pertahanan Timnas U-23.

Gempuran Myanmar ini akhirnya berbuah hasil pada menit 61. Berawal dari sebuah serangan cepat, Win Naing Tun sukses membobol gawang Timnas U-23. Skor berubah 1-3, Timnas U-23 masih unggul di laga ini.

Bagai mendapat tenaga baru, Myanmar makin meningkatkan intensitas tekanan ke lini pertahanan Timnas U-23. Mereka beberapa kali mengancam gawang skuad Garuda Muda, dengan sosok Naing Tun sebagai porosnya.

Timnas U-23 tidak tinggal diam. Mereka juga menekan balik pertahanan Myanmar dalam beberapa kesempatan. Masuknya Ronaldo Kwateh, Rachmat Irianto, dan Syahrian Abimanyu menjaga intensitas permainan skuad Garuda Muda.

Di sisa waktu babak kedua, Indonesia dan Myanmar sama-sama gagal menambah angka. Keunggulan 3-1 Timnas U-23 bertahan sampai babak kedua tuntas, membawa mereka melaju ke semifinal SEA Games 2021.

Baca Juga: SEA Games 2021: Timnas U-23 Harus Waspadai Kecepatan Myanmar

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya