Comscore Tracker

Brentford Bisa Hadirkan Masalah buat Chelsea

Brentford menjelma jadi tim yang kerap merepotkan raksasa

Jakarta, IDN Times - Chelsea akan menghadapi lawan yang merepotkan dalam pekan delapan Premier League 2021/22. Mereka bakal bertamu ke Community Stadium untuk menghadapi Brentford, Sabtu (16/10/2021) malam.

Menilik catatan Brentford dalam tujuh laga terakhir di Premier League, wajar jika Chelsea harus waspada. Selain baru kalah sekali dari Brighton and Hove Albion, mereka juga sukses menumbangkan Arsenal dan menahan imbang Liverpool.

Bukan cuma karena catatan di atas, berikut adalah hal-hal yang membuat Chelsea, pada akhirnya, harus mewaspadai Brentford di laga nanti.

1. Brentford produktif dan minim kebobolan

Brentford Bisa Hadirkan Masalah buat ChelseaBrentford promosi ke kasta tertinggi untuk pertama kalinya sejak musim 1946/1947. (theguardian.com)

Untuk ukuran tim yang baru promosi dari Championship, torehan gol dan kebobolan Brentford di Premier League cukup mengejutkan. Mereka sudah mencetak 10 gol sejauh ini, sama dengan Aston Villa dan melebihi torehan Arsenal (lima).

Dari segi kemasukan, Brentford baru kebobolan enam kali. Catatan ini sama dengan Manchester United, Liverpool, bahkan unggul atas Arsenal dan Tottenham yang sudah kebobolan 10 kali. Catatan ini, setidaknya, mencerminkan kekuatan serangan dan pertahanan dari Brentford.

Baca Juga: Jadwal Premier League Pekan Ini: Ujian MU dan Chelsea

2. Sepak bola menyengat Si Lebah

Brentford Bisa Hadirkan Masalah buat ChelseaBrentford. (Twitter.com/EFL)

Catatan gol dan kebobolan Brentford yang impresif ditopang oleh sistem ciamik yang diperagakan. Bermain dengan skema dasar 4-3-3, Brentford memainkan sepak bola modern yang menekankan pada permutasi posisi dan pergerakan cair dari para pemain.

Lini tengah jadi kunci permainan Brentford. Bek sayap kerap masuk ke area ini untuk menciptakan overload (kelebihan jumlah pemain), dan membuat gelandang bertahan mundur untuk mengisi satu posisi di lini pertahanan. Padatnya lini tengah ini membuat lawan sulit menembus pertahanan Brentford.

Untuk lini serang, Brentford memiliki trio maut dalam diri Sergi Canos, Ivan Toney, dan Bryan Mbeumo. Canos dan Mbeumo akan mengeksploitasi sisi sayap lawan, dan memberikan ruang bagi Toney untuk berkreasi di tengah. Jangan lupa juga, Brentford adalah tim yang vertikal.

Jadi, Brentford bisa mengalirkan bola dengan cepat ke depan, terutama dalam situasi serangan balik. Metode permainan ini tentu bakal menyulitkan Chelsea, yang kerap menyisakan ruang di lini pertahanan saat menyerang. Intinya, Chelsea memang kudu waspada.

3. Apa yang harus dilakukan Chelsea?

Brentford Bisa Hadirkan Masalah buat ChelseaPesepak bola Chelsea Mason Mount (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya Reece James seteah berhasil mencetak gol ke gawang Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (4/3/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Liverpool 1-0 lewat gol yang dicetak Mason Mount pada menit ke-42. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-/Phil Noble

Permainan modern Brentford sudah memakan banyak korban di Premier League, termasuk Liverpool dan Arsenal. Alhasil, Chelsea harus berhati-hati dalam menerapkan pendekatan, terutama ketika melakukan possession football. Jangan sampai bola terebut.

Selain itu, Chelsea juga harus sama-sama menggunakan permutasi posisi, setidaknya untuk mengacaukan kepadatan di lini tengah Brentford. Jika mampu melakukan ini, Chelsea setidaknya tidak akan jadi korban laiknya Arsenal dan Liverpool.

Baca Juga: Brentford: Lebah Pekerja Gemar Sengat Raksasa Premier League

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya