Comscore Tracker

Brylian Aldama Segera Gabung Klub Kroasia HNK Rijeka

Tinggal menunggu dokumen resmi seperti visa dan paspor

Jakarta, IDN Times - Brylian Aldama selangkah lagi bakal menapaki karier di Eropa. Penggawa Timnas U-19 itu dikabarkan bakal bergabung dengan klub asal Kroasia, HNK Rijeka.

Rijeka sendiri merupakan klub yang mentas di Liga Utama Kroasia, Prva HNL. Saat ini, mereka bertengger di posisi lima klasemen sementara liga, serta sedang bertanding juga di ajang Liga Europa.

Kabar mengenai akan merapatnya Brylian ke Rijkeka ini dibenarkan oleh Mirwan Suwarso, perwakilan dari Mola TV. Menurutnya, kepergian salah satu penggawa Garuda Select ituke Kroasia tinggal menunggu beberapa dokumen resmi.

"Betul, sedang menunggu visa untuk berangkat ke sana. InsyaAllah dia akan mampu belajar di sana [HNK Rijeka]," ujar Mirwan kepada IDN Times, Kamis (26/11/2020).

1. Brylian akan mendapatkan kontrak dengan tim senior

Brylian Aldama Segera Gabung Klub Kroasia HNK RijekaBagus Kahfi dan Brylian Aldama berlatih bersama tim senior Como (Dok. Mola TV)

Ketertarikan Rijeka terhadap Brylian berawal dari rekomendasi yang diberikan Garuda Select. Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, merekomendasikan nama pemain asal Surabaya itu kepada Rijeka.

Brylian akan mendapatkan kontrak bersama tim utama. Namun, di sana, tentunya ia akan beradaptasi terlebih dahulu dengan kondisi cuaca dan atmosfer yang berbeda. Semua tergantung dari tim teknik Rijeka.

"Kontraknya sama senior, bagaimana adaptasinya (di Rijeka) pasti sesuai pertimbangan tim teknik mereka. Kita tidak ikut campur," ujar Mirwan.

Pemain berusia 18 tahun itu kini sudah berstatus tanpa klub. Ia memutuskan tak memperpanjang kontrak bersama Persebaya U-20. Jadi, ketika dokumen dan visa sudah disiapkan, ia bisa langsung berangkat.

Baca Juga: 8 Pemain Asia yang Pernah Juara di Liga Top Eropa 

2. Makin banyak pemain Indonesia yang main di Eropa

Brylian Aldama Segera Gabung Klub Kroasia HNK Rijekainstagram.com/egymaulanavikri

Dengan kepergian Brylian ke Rijeka ini, maka bertambahlah pemain-pemain Indonesia yang menimba ilmu di Eropa. Sebelumnya, ada nama Egy Maulana Vikri. Sejak 2018 lalu, ia sudah bermain dengan Lechia Gdansk di Polandia.

Selepas Egy, ada juga Witan Sulaeman yang bermain bersama FK Radnik Surdulica sejak Februari 2020 lalu. Total, Witan sudah menorehkan dua penampilan bersama tim senior Radnik, sedangkan Egy menorehkan sembilan penampilan bersama tim senior Lechia.

3. Rijeka klub yang cukup berprestasi

Rijeka bisa dibilang klub yang cukup berprestasi di kompetisi domestik. Total, mereka meraih satu gelar Liga Utama Kroasia, enam gelar Piala Kroasia, dan satu gelar Piala Super Kroasia.

Saat kompetisi di Kroasia masih berbaur bersama Yugoslavia, Rijeka juga terbilang mampu bersaing. Mereka dua kali memenangi Piala Yugoslavia. Mereka juga pernah memenangi satu gelar Piala Balkan dan satu gelar Piala Atlantik.

Tidak cuma itu, Rijeka juga pernah menelurkan pemain-pemain berbakat. Sebut saja Andrej Kramaric yang sekarang sedang main di Bundesliga ataupun eks pelatih Timnas Singapura dan Myanmar, Radojko Avramovic.

Bisa dibilang, Rijeka akan jadi tempat yang pas buat Brylian Aldama untuk belajar. Kelak, pengalaman dari sana akan berguna saat dirinya membela Timnas U-19 lagi, atau bahkan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Brylian dan Bagus berkarier di Eropa, Bepe: Makin Banyak Makin Bagus

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya