Comscore Tracker

Buat Apa Rekrut Ousmane Dembele, Chelsea?

Merekrut Dembele bakal jadi mubazir buat Chelsea

Jakarta, IDN Times - Chelsea masih bergerak di bursa transfer musim dingin 2022. Terbaru, manajer Chelsea, Thomas Tuchel, dikabarkan tengah menggoda pemain terbuang Barcelona, Ousmane Dembele.

Dembele dan Tuchel memang pernah bekerja bersama saat di Borussia Dortmund. Namun, kerja sama mereka kala itu hanya berjalan selama semusim. Dembele memutuskan hijrah ke Barcelona, sedangkan Tuchel mencoba petualangan baru bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Kini, keduanya dikabarkan akan segera bersama lagi. Namun, sejatinya Chelsea tidak harus merekrut Dembele di Januari 2022 ini. Mengapa demikian?

1. Banyak pemain yang setipe Dembele

Buat Apa Rekrut Ousmane Dembele, Chelsea?potret Callum Hudson-Odoi bersama Chelsea(skysports.com)

Skuad Chelsea yang ada sekarang sejatinya sudah mumpuni untuk mengarungi sisa musim 2021/22. Untuk pemain yang ada di posisi Dembele, sudah menumpuk. Ada Timo Werner, Christian Pulisic, Hakim Ziyech, dan Callum Hudson-Odoi, yang bisa mengisi posisi tersebut.

Jika Dembele datang, ada berpotensi tidak akan langsung jadi andalan Tuchel. Selain harus beradaptasi dengan gaya main Inggris yang cepat, Dembele juga harus menyesuaikan diri dengan skema Tuchel, yang tentunya sedikit berbeda.

Sudah banyak pemain mumpuni yang mengisi posisi Dembele di Chelsea sekarang. Mendatangkannya hanya akan jadi sebuah kemubaziran bagi The Blues. Apalagi, harga Dembele juga tentu tidak akan murah.

Baca Juga: Manajer Chelsea Mulai Rayu Manusia Kaca Barcelona

2. Dembele gampang cedera dan indisipliner

Buat Apa Rekrut Ousmane Dembele, Chelsea?Pemain Prancis, Ousmane Dembele tak bisa melanjutkan aksi di Piala Eropa 2020 lantaran mengalami cedera lutut. (thesun.co.uk).

Sama seperti Arjen Robben, Dembele adalah manusia kaca. Dia gampang cedera. Hari-harinya bersama Barcelona justru lebih banyak dihabiskan di ruang perawatan, ketimbang main dan memberikan kontribusi nyata.

Per Transfermarkt, Dembele harus absen selama 104 hari akibat cedera selama membela Barcelona. Banyak sekali cedera yang dia alami, mulai dari hamstring, otot, engkel, serta lutut.

Alhasil, gara-gara sering cedera, Dembele minim kontribusi di Barcelona. Dari 129 laga, dia cuma menorehkan 31 gol dan 23 assist. Jumlah itu tentu jauh dari harapan, apalagi Dembele didatangkan dengan harga mahal, ditaksir lebih dari 100 juta euro.

Jangan lupa, ragam cedera ini sudah Dembele dapatkan saat main di LaLiga, yang notabene intensitasnya tidak sekencang Premier League. Bayangkan jika Dembele main di Premier League, dengan jadwal padat dan intensitas tinggi, bisa-bisa makin lebih sering menepi.

Belum lagi, dengan gaya main Dembele yang senang melakukan dribble dan cut inside, potensinya untuk dilanggar pemain lain sangat besar. Terkapar di atas lapangan mungkin akan jadi pemandangan lumrah yang kita lihat saat Dembele main bersama Chelsea.

Belum lagi, Dembele tumbuh jadi pemain indisipliner di Barcelona. Banyak tingkah aneh yang dia lakukan, yang membuatnya hampir beberapa kali didepak dari tim. Masalah kedisiplinan Dembele bakal jadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Chelsea.

3. Sebuah kemubaziran yang bisa terjadi

Buat Apa Rekrut Ousmane Dembele, Chelsea?beinsports.com

Menilik isi skuad Chelsea, plus statistik penampilan, dan riwayat cederanya, agaknya mubazir bagi mereka untuk mendatangkan Dembele. Sudah banyak pemain dengan tipikal dan kualitas serupa dengan Dembele di dalam skuad Chelsea.

Namun, jika mengingat transfer Romelu Lukaku di musim panas, bukan tidak mungkin Chelsea mendatangkan Ousmane Dembele di musim panas ini. Apalagi, Chelsea memang gemar membuat kemubaziran dalam setiap bursa transfer.

Baca Juga: Giliran Pulisic Sentil Chelsea Lewat Komentar Kontroversial

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya