Comscore Tracker

Buntut Perang, Timnas Rusia Dilarang Ikut Kualifikasi Piala Eropa 2024

Rusia masih terkena hukuman dari UEFA dan FIFA

Jakarta, IDN Times - Ekses dari perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina masih terasa. Terbaru, tim berjuluk 'Beruang Merah' itu dilarang ikut undian Kualifikasi Piala Eropa 2024.

"Rusia dipastikan tidak akan ikut serta dalam undian Kualifikasi Piala Eropa 2024," ujar otoritas sepak bola Eropa, UEFA, dalam keterangan resminya.

1. Undian kualifikasi akan berlangsung pada 9 Oktober

Buntut Perang, Timnas Rusia Dilarang Ikut Kualifikasi Piala Eropa 2024Inggris vs Italia. (twitter.com/EURO2020)

Sejatinya, undian kualifikasi ini akan berlangsung pada 9 Oktober mendatang di Frankfurt. Kenapa Frankfurt? Karena Jerman-lah yang akan jadi tuan rumah Piala Eropa 2024 mendatang.

Sebelumnya, anggota Komite Eksekutif UEFA memang sudah bertemu di Kroasia, untuk membicarakan perihal proses undian Kualifikasi Piala Eropa 2024 kelak. Dari pertemuan itu, diputuskan bahwa Rusia tidak boleh ikut.

Baca Juga: Elkan Baggott: Shin Tae Yong Membentuk Saya di Timnas Indonesia

2. Rusia sempat ajukan banding ke CAS

Buntut Perang, Timnas Rusia Dilarang Ikut Kualifikasi Piala Eropa 2024potret Artem Dzyuba bersama Timnas Rusia(thelaziali.com)

Terkait hukuman-hukuman yang didapat, Rusia sempat mengajukan banding ke Badan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS). Namun, pada Juli 2022, CAS menolak banding dari Rusia ini.

Buah dari penolakan CAS ini, sanksi terhadap Rusia yang diberikan, buntut perang dengan Ukraina, tetap berlaku. Apa sajakah hukuman itu?

3. Rusia dilarang ikut aktivitas sepak bola Eropa dan dunia

Buntut Perang, Timnas Rusia Dilarang Ikut Kualifikasi Piala Eropa 2024selebrasi Artem Dzyuba saat berseragam timnas Rusia (instagram.com/artem.dzyuba)

FIFA dan UEFA resmi memberikan sanksi bagi Timnas Rusia dan klub-klub asal Rusia. Timnas dan klub Rusia dilarang berkompetisi di turnamen yang dihelat oleh dua otoritas tersebut. Alhasil, Rusia dipastikan gagal ke Piala Dunia 2022.

Hal itu tertuang dalam keputusan resmi bersama yang ditelurkan UEFA dan FIFA, Selasa (1/3/2022) dini hari. Keputusan ini juga sudah disetujui oleh Komite Eksekutif UEFA dan FIFA Council.

Imbas dari hukuman FIFA dan UEFA ini, Timnas Rusia pun dipastikan batal mentas di play-off Piala Dunia 2022. Alhasil, Rusia pun dipastikan kehilangan tempat di Piala Dunia 2022 yang akan dihelat di Qatar.

Tidak hanya Timnas Pria, Timnas Wanita Rusia juga kena imbas hukuman ini. Mereka dipastikan tidak akan main di Piala Eropa Wanita 2022. Timnas U-21 Rusia yang dijadwalkan bersua Irlandia Utara pada Maret ini juga kena getahnya.

Sedangkan di level klub, sanksi FIFA dan UEFA ini berdampak pada klub asal Rusia. Mereka tidak diperbolehkan ikut ajang Liga Europa dan Liga Champions. Kini, dampak itu terasa hingga ke Piala Eropa 2024.

Baca Juga: Semakin Dipojokkan Barat, Rusia Kian Mesra dengan China

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya