Comscore Tracker

Chelsea Dibungkam Arsenal, Blunder Jorginho Jadi Sorotan 

Gol tunggal Arsenal dicetak Emile Smith Rowe

Jakarta, IDN Times - Hasil buruk didapat Chelsea dalam laga pekan 36 Liga Inggris 2020/21. Menjamu Arsenal di Stamford Bridge, Kamis (13/5/2021) dini hari, Chelsea tumbang dengan skor 0-1 lewat gol tunggal Emile Smith Rowe.

Namun di balik keberhasilan Smith Rowe mencetak gol ke gawang Chelsea ini, ada blunder horor yang dilakukan oleh Jorginho. Pemain asal Italia itu melakukan kesalahan yang bikin Smith Rowe dengan mudah membobol gawang Chelsea.

1. Jorginho hampir melakukan gol bunuh diri

Chelsea Dibungkam Arsenal, Blunder Jorginho Jadi Sorotan Pemain Chelsea FC, Jorginho (Instagram @chelseafc/ IST)

Pada menit 16, situasi sejatinya tengah dikontrol oleh Chelsea. Namun, tekanan ketat memang sedang dilepaskan oleh para pemain Arsenal. Siapa sangka, tekanan ketat itu berbuah kesalahan fatal yang dilakukan oleh Jorginho.

Niat hati memberikan back pass kepada Kepa Arrizabalaga, umpan itu justru hampir saja jadi gol bunuh diri. Kepa memang mampu menyelamatkan bola, tetapi bola tepisannya itu justru dimanfaatkan Arsenal mencetak gol lewat Smith Rowe.

Baca Juga: Arsenal Bikin Satu Klub Premier League Terdegradasi

2. Chelsea sebenarnya tampil dominan

Chelsea Dibungkam Arsenal, Blunder Jorginho Jadi Sorotan Pesepak bola Arsenal Alexandre Lacazette berebut bola dengan pesepak bola Chelsea Kurt Zouma Pool (kanan) dalam laga pekan ke-36 Liga Inggris, di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Rabu (12/5/2021). Arsenal berhasil mengalahkan Chelsea 1-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Catherine Ivill

Chelsea sebenarnya tampil mendominasi di pertandingan ini. Mereka mampu melepaskan 19 tembakan, berbanding lima tembakan milik Arsenal, serta sukses menguasai bola dengan persentase 68 persen berbanding 32 persen milik Arsenal.

Namun, kegagalan Chelsea memanfaatkan setiap peluang yang didapat, membuat mereka harus rela takluk di tangan Arsenal dalam pertandingan ini. Manajer Chelsea, Thomas Tuchel, menyoroti kurang klinisnya penyelesaian akhir Chelsea di laga ini.

"Ini kesalahan kita, tanggung jawab kita. Kami memberikan mereka hadiah (kesalahan Jorginho) dan kami tidak bisa mencetak gol dari beberapa kesempatan emas yang kami dapat. Kami tidak tajam di laga ini," ujar Tuchel, dilansir situs resmi klub.

3. Tuchel akui salah dalam memilih pemain

Chelsea Dibungkam Arsenal, Blunder Jorginho Jadi Sorotan Pesepak bola Arsenal Emile Smith Rowe (kanan) melakukan selebrasi bersama rekannya Pierre-Emerick Aubameyang setelah berhasil mencetak gol ke gawang Chelsea dalam laga pekan ke-36 Liga Inggris, di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Rabu (12/5/2021). Arsenal berhasil mengalahkan Chelsea 1-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Shaun Botterill

Selain menyoroti kurang tajamnya lini serang Chelsea, Tuchel juga menyebut bahwa ia salah dalam memilih pemain di laga ini. Akibatnya, Chelsea tidak dapat tampil intens seperti biasa dan kelimpungan menghadapi rapatnya pertahanan Arsenal.

"Kami tidak bisa tampil intens seperti biasa, rasa lapar kami juga tidak sebesar biasanya. Mungkin ini karena banyaknya pergantian pemain dan kesalahan saya dalam memilih pemain. Ya, anggap saja tamparan buat kami," ujar Tuchel.

Kendati kalah, Chelsea belum terlempar dari posisi empat besar klasemen sementara Liga Inggris. Saat ini, mereka bertengger di posisi empat dengan raihan 64 poin. Sedangkan Arsenal, mereka berada di peringkat delapan dengan catatan 55 poin.

Baca Juga: 6 Pemain yang Menggunakan Nomor 8 di Arsenal Sebelum Dani Ceballos

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya