Chelsea Langganan ke Final Piala FA, Rekor Buruk Mengintai

Chelsea lagi-lagi ke final Piala FA

Jakarta, IDN Times - Chelsea membuka peluang meraih trofi musim ini. Usai gagal di Piala Liga Inggris, mereka berpeluang meraih trofi Piala FA 2021/22 usai memastikan diri lolos ke final.

Dalam semifinal yang dihelat di Stadion Wembley, Minggu malam WIB (17/4/2022), Chelsea menang dengan skor 2-0 atas Crystal Palace. Ruben Loftus-Cheel dan Mason Mount jadi penentu kemenangan Chelsea di laga ini.

Kemenangan ini membuat catatan impresif Chelsea di Piala FA berlanjut. Untuk kesekian kalinya, mereka memastikan diri lolos ke partai puncak Piala FA.

1. Chelsea lolos ke final Piala FA tiga kali beruntun

Chelsea Langganan ke Final Piala FA, Rekor Buruk MengintaiChelsea vs Crystal Palace di Piala FA. (ANTARA FOTO/Reuters-John Sibley)

Squawka mencatat, kelolosan ke final Piala FA musim ini membuat Chelsea sukses melangkah ke final dalam tiga musim beruntun. Pada musim 2019/20 dan 2020/21, mereka juga mencatatkan hal serupa.

Dengan begini, Chelsea menyamai torehan Manchester United dan Arsenal. Dalam kurun waktu 1993 sampai 1996, MU lolos ke final Piala FA tiga kali. Sedangkan Arsenal, pada kurun waktu 2000 sampai 2003, menorehkan hal serupa.

Baca Juga: Sejarah Piala FA: Kompetisi Sepak Bola Tertua di Dunia

2. Chelsea rutin ke final bersama Thomas Tuchel

Chelsea Langganan ke Final Piala FA, Rekor Buruk MengintaiThomas Tuchel. (marca.com)

Keberhasilan Chelsea melangkah lagi ke final ini tak lepas dari andil manajernya, Thomas Tuchel. Bersama Tuchel, Chelsea kerap tampil impresif di tiap semifinal yang dilakoni.

Dari tujuh semifinal bersama Tuchel, tercatat Chelsea menang enam kali dan cuma imbang di satu kesempatan. Mereka mencetak 10 gol dan hanya kebobolan sekali. Catatan ini menunjukkan, Chelsea selalu ke final bersama Tuchel.

3. Namun, Chelsea jarang juara Piala FA

Chelsea Langganan ke Final Piala FA, Rekor Buruk MengintaiChelsea vs Crystal Palace di Piala FA. (ANTARA FOTO/Reuters-John Sibley)

Khusus di Piala FA, jika dirunut lebih jauh, sejak musim 2016/17 Chelsea sudah lima kali melangkah ke final. Sayangnya, dari lima catatan tersebut, Chelsea hanya juara sekali, yaitu pada musim 2017/18. Sisanya, Chelsea selalu tumbang.

Pada musim 2016/17 dan 2019/20, Chelsea tumbang di tangan Arsenal. Sedangkan pada musim 2020/21, mereka kalah di tangan Leicester City. Kini, akankah The Blues menghapus catatan buruk itu, sekaligus balas dendam pada Liverpool?

Baca Juga: Liverpool Vs ManCity Kembalikan Gengsi Tinggi Piala FA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya