Christian Eriksen Kolaps, Profesor: Ini Bisa Jadi Akhir Kariernya

"Pertanyaannya, kenapa itu bisa terjadi?"

Jakarta, IDN Times - Kolapsnya Christian Eriksen pada laga perdana Grup B Piala Eropa 2020 antara Denmark dan Finlandia di Parken Stadium, Sabtu (12/6/2021) malam, berbuntut panjang. Eriksen diprediksi tak akan bisa main lagi di Inggris.

Tertutupnya peluang Eriksen main di Inggris diutarakan oleh Sanjay Sharma, profesor kardiologi olahraga dari Universitas St. George di London. Ia pernah bekerja dengan Eriksen ketika sang pemain membela Tottenham Hotspur.

"Kejadian gagal jantung yang menimpa Eriksen membuat seluruh Inggris terkejut. Di Inggris, ia sudah pasti tidak bisa main bola lagi. Pemerintah Inggris begitu tegas soal hal tersebut (pemain yang kena gagal jantung)," ujar Sharma, dilansir Sky News.

1. Eriksen disinyalir pensiun dini

Christian Eriksen Kolaps, Profesor: Ini Bisa Jadi Akhir Kariernyagoal.com

Tidak hanya dilarang main di Inggris, Sharma juga memprediksi Eriksen akan pensiun dini dari dunia sepak bola. Ia tidak tahu apakah ke depannya, Eriksen masih kuat untuk bermain sepak bola lagi di level profesional bersama klub.

"Berita baiknya, Eriksen masih hidup. Namun, buruknya, ini bisa jadi akhir dari kariernya di dunia sepak bola profesional. Bisakah ia lanjut? Saya tidak tahu. Saya pesimis ia akan main sepak bola lagi ke depannya," ujar Sharma.

Baca Juga: Detik-detik Menegangkan saat Christian Eriksen Kolaps

2. Sharma melihat ada hal yang janggal

Christian Eriksen Kolaps, Profesor: Ini Bisa Jadi Akhir KariernyaPotret Christian Eriksen bersama Timnas Denmark (sempreinter.com)

Dari kejadian kolapsnya Eriksen ini, Sharma melihat ada sesuatu yang janggal. Sampai 2019 lalu, kondisi Eriksen masih baik-baik saja. Tes fisik yang ia lakoni juga selalu membuahkan hasil yang bagus. Lalu, kenapa ia bisa kolaps seperti itu?

"Saya melihat ada yang janggal. Eriksen memang kini sudah sadar, namun pertanyaannya, kenapa itu bisa terjadi? Sampai 2019, tes fisiknya selalu membuahkan hasil yang normal. Lalu, kenapa ia bisa sampai kena gagal jantung seperti itu?" ujar Sharma.

3. Christian Eriksen kolaps di laga Denmark vs Finlandia

Christian Eriksen Kolaps, Profesor: Ini Bisa Jadi Akhir KariernyaEriksen mulai bisa berbicara usai ambruk di tengah pertandingan Denmark vs Finlandia. (beinsports.com).

Dalam laga pembuka Grup B Piala Eropa 2020, Eriksen mengalami kolaps. Itu terjadi pada menit 42, ketika Eriksen tengah berupaya mengambil bola di sisi kanan pertahanan Finlandia. Tanpa benturan apa pun, ia tiba-tiba langsung tersungkur di atas lapangan.

Tim medis pun langsung memberikan pertolongan pertama, salah satunya pertolongan CPR. Christian Eriksen langsung dibawa ke rumah sakit terdekat, dan laga Denmark vs Finlandia yang terhenti tetap berlanjut. Denmark kalah 0-1 di laga itu.

Baca Juga: Horor Christian Eriksen Mirip Tragedi Fabrice Muamba

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya