COVID-19 Mengganas di Indonesia, Bagaimana Nasib Liga 1?

LIB rutin bertemu dengan Polri bahas persiapan

Jakarta, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus melakukan persiapan jelang bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 2021/22. Saat ini, LIB tengah rutin berkoordinasi dengan Polri, selaku pemberi izin kompetisi.

Setelah bertemu dengan Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto, pada Rabu (23/6/2021), LIB mengadakan pertemuan dengan Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri pada Jumat (25/6/2021) siang.

Dalam pertemuan itu, LIB diwakili oleh Direktur Operasional, Sudjarno. Sedangkan Baintelkam diwakili oleh Wakabaintelkam, Irjen Pol Drs Suntana, dan beberapa personel terkait. Apa saja yang mereka bicarakan?

Baca Juga: LIB Bakal Adakan Pertemuan Lanjutan dengan Klub Liga 1 dan Liga 2

1. Fokus di prokes COVID-19

COVID-19 Mengganas di Indonesia, Bagaimana Nasib Liga 1?(Ki-ka) Dirut PT LIB Akhmad Hadian, Sekda Sleman Hardo Kiswoyo, dan Direktur Operasional PT LIB Sudjarno. IDN Times/Tunggul Damarjati

Pembicaraan antara LIB dan Baintelkam, menurut Sudjarno, menitikberatkan pada penerapan protokol kesehatan saat kompetisi bergulir nanti. Jajaran Polda terkait juga turut diundang secara virtual dalam pertemuan ini, untuk menyeragamkan pemahaman.

"Koordinasi dengan Baintelkam dan jajaran Polda terkait tujuannya lebih kepada agar semua memiliki pemahaman yang sama tentang bergulirnya Liga 1 dan 2. Terutama terkait perlunya taat dan patuh pada protokol kesehatan dan semua pertandingan digelar tanpa penonton," ujar Sudjarno dalam keterangan resminya.

2. LIB memaparkan rencana kompetisi

COVID-19 Mengganas di Indonesia, Bagaimana Nasib Liga 1?Direktur Operasional PT LIB Sudjarno bersama jajaran direksi LIB berkunjung ke Kantor Kepatihan. IDN Times/Tunggul Damarjati

Dalam pertemuan itu pula, Sudjarno menjelaskan rencana LIB untuk Liga 1 dan 2 2020/21. Untuk Liga 1, dia menjelaskan terkait sistem dan penjadwalan kompetisi, seperti pembagian klaster, stadion yang dipakai, jumlah pertandingan, kick-off, sampai akhir kompetisi.

Sedangkan untuk Liga 2, Sudjarno menginformasikan terkait format kompetisi yang berbeda dari Liga 1, jadwal pertandingan, kota yang direncanakan bakal jadi tuan rumah, plus jumlah peserta.

3. Liga 1 dijadwalkan bergulir 9 Juli

COVID-19 Mengganas di Indonesia, Bagaimana Nasib Liga 1?Liga-Indonesia.id

Berdasarkan draf jadwal yang sudah disebarkan LIB ke klub, Liga 1 2021/22 kemungkinan akan menggelar sepak mula pada 9 Juli 2021 mendatang, ditandai oleh partai yang mempertemukan PSS dan Persija.

Namun, LIB tetap harus waspada. Gelaran Liga 1 dan Liga 2 ini masih dihantui oleh meningkatnya kasus COVID-19. Per Sabtu (26/6/2021) saja, kenaikan kasus mencapai 21.095. Hal ini kudu benar-benar jadi perhatian saat kompetisi kelak digelar kembali.

Baca Juga: [BREAKING] Kapolri Terbitkan Izin Liga 1 dan Liga 2 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya