Dapat Dana Jumbo Rp6,1 Triliun, Keuangan Barcelona Terselamatkan

Barcelona bisa bernafas lega untuk sementara

Jakarta, IDN Times - Keuangan Barcelona terselamatkan untuk musim 2022/23 mendatang. Mereka mendapatkan injeksi dana sebesar 400 juta euro (setara Rp6,1 triliun) untuk operasional klub di musim 2022/23.

Injeksi dana ini merupakan bagian dari cara Barcelona dalam menyelamatkan kondisi keuangan mereka. Ini merupakan second financial lever yang diaktifkan Barcelona agar keuangan mereka tetap stabil memasuki musim 2022/23.

Baca Juga: Tinggalkan Barcelona, Dani Alves Gabung Klub Meksiko

1. Dari mana dana Rp6,1 triliun berasal?

Dapat Dana Jumbo Rp6,1 Triliun, Keuangan Barcelona TerselamatkanBarcelona kalah dari Cadiz di LaLiga. (ANTARA FOTO/REUTERS/Albert Gea)

Dilansir Marca, dana Rp6,1 triliun yang didapatkan Barcelona ini berasal dari penjualan 15 persen hak siar mereka ke Sixth Street untuk 25 tahun ke depan. Berkat perjanjian ini, dana Rp6,1 triliun pun langsung diinjeksikan ke kas Barcelona.

Proses injeksi dana ini kabarnya akan diresmikan pada Kamis (21/7/2022) kemarin. Namun, pada akhirnya proses ini diresmikan pada Jumat (22/7/2022).

Baca Juga: Barcelona Hamburkan Uang di Bursa Transfer, Nagelsmann Bingung 

2. Barcelona sudah pernah menjual hak siar sebelumnya

Dapat Dana Jumbo Rp6,1 Triliun, Keuangan Barcelona TerselamatkanBarcelona lawan Napoli di Liga Europa. (ANTARA FOTO/Reuters-Ciro De)

Sebelumnya, Barcelona juga ternyata sudah pernah menjual hak siar resmi ke Sixth Street pada awal musim panas 2022. Dengan begini, Sixth Street total memiliki 25 persen hak siar Barcelona sampai 25 ke depan.

Barcelona, bersama Real Madrid, memang memiliki hak siar yang lebih tinggi dibandingkan klub-klub La Liga lainnya. Alhasil, menjual hak siar ke pihak ketiga jadi pilihan bagi Barcelona untuk membuat keuangan mereka lebih seimbang.

3. Barcelona masih harus mengaktifkan lever yang lain

Dapat Dana Jumbo Rp6,1 Triliun, Keuangan Barcelona TerselamatkanBarcelona vs Real Sociedad. (antaranews.com/ANTARA FOTO/Reuters-Albert Gea)

Penjualan hak siar ke Sixth Street ini memang memberi nafas bagi finansial Barcelona. Namun, pada akhirnya, Barcelona harus melakukan beberapa cara lain agar kondisi keuangan klub benar-benar stabil jelang musim 2022/23.

Barcelona rupanya tetap harus menjual pemain-pemain mereka yang bergaji mahal, agar salary cap mereka stabil. Jika tidak, mereka bisa mengaktifkan 'third financial lever', yaitu dengan menjual beberapa bagian dari Barca Studios kepada pihak ketiga.

Baca Juga: Syarat Chelsea Agar Barcelona Bisa Gaet Cesar Azpilicueta, Apa Tuh?

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya