Comscore Tracker

Debat Gol Pertama Vietnam ke Gawang Timnas: Tidak Handball

Wasit sudah tepat dalam mengambil keputusan

Jakarta, IDN Times - Kontroversi mewarnai kemenangan telak Vietnam atas Timnas Indonesia dalam duel di Stadion Al Maktoum, Dubai, Senin (7/6/2021). Paling kentara terlihat dalam proses gol pertama Vietnam ke gawang Timnas di menit 51.

Dalam momen tersebut, Vietnam sukses mencetak gol lewat sepakan Nguyen Tien Linh. Namun, gol ini diperdebatkan berbagai kalangan.

Sebab, dalam prosesnya, sebelum terjadinya bola ternyata sempat menyentuh lengan Tien Linh usai memantul kembali dari blok pemain Indonesia. Kiper Timnas, Nadeo Argawinata, sempat berteriak memprotes insiden itu, sebelum Tien Linh melepaskan tembakan ke gawangnya.

Meski Nadeo berteriak melepaskan protes, ternyata wasit tetap mengesahkan gol dan tidak menghukum Tien Linh dengan handball. Pemain Timnas lainnya juga protes, namun wasit tetap pada pendiriannya.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia: Vietnam Bantai Timnas Indonesia

1. Shin Tae Yong marah-marah atas insiden ini

Debat Gol Pertama Vietnam ke Gawang Timnas: Tidak HandballTimnas Indonesia vs Vietnam. (pssi.org)

Dalam sesi jumpa pers selepas laga, pelatih Timnas, Shin Tae Yong, mengungkapkan kekecewaannya terhadap wasit. Menurutnya, keputusan wasit mengesahkan gol Tien Linh, setelah sebelumnya terjadi insiden bola menyentuh tangan, adalah sesuatu yang keliru. Bahkan, dijelaskan Shin, ini jadi awal petaka bagi Timnas.

"Jadi yang terjadi di babak kedua, kemasukan gol pertama itu memang kesalahan wasit. Hakim garis juga salah mengambil keputusan, karena itu pasti kena tangan pemain Vietnam, jadi karena itu jalannya pertandingan otomatis jadi susah bagi kami," ujar Shin.

Lebih lanjut, Shin juga mengomentari kepemimpinan wasit yang menurutnya buruk di pertandingan tersebut. Gara-gara kepemimpinan wasit, dia melihat alur permainan akhirnya cenderung dikuasai oleh Vietnam.

"Setelah kemasukan tiga gol pun, sebenarnya kami mendapatkan penalti. Tapi, karena tidak dapat jadi alur laga makin ke lawan, jadi kami tidak bisa mengembangkan permainan, akhirnya kalah," ungkap Shin.

2. Apakah keputusan wasit tidak memberikan handball sudah tepat?

Debat Gol Pertama Vietnam ke Gawang Timnas: Tidak HandballHandball Gerard Pique (record.com.mx)

Bicara tentang aturan handball, maka tidak bisa lepas dari Laws of the Game FIFA Bab 12. Di situ, tercantum aturan mengenai handball, bagaimana seorang pemain (kecuali kiper) terkena hukuman handball atau tidak.

Nah, ada beberapa syarat yang membuat seorang pemain tidak terkena hukuman handball. Berikut adalah syarat-syaratnya:

1) Bola menyentuh tangan/lengan pemain langsung dari kepala atau kaki tubuh pemain itu sendiri (termasuk kaki)
2) Bola menyentuh tangan/lengan pemain langsung dari kepala atau tubuh (termasuk kaki) pemain lain yang berada di dekatnya
3) Bola kena tangan bukan pelanggaran jika tangan/lengan dekat dengan badan dan tidak membuat badan lebih besar secara tidak natural
4) Bola kena tangan bukan pelanggaran jika pemain jatuh dan tangan/lengan berada di antara tubuh dan tanah untuk menopang tubuh, tetapi tidak diperpanjang secara lateral atau vertikal menjauhi tubuh

Melihat empat syarat di atas, keputusan wasit tidak memberikan hukuman handball kepada Tien Linh benar adanya. Sebab, sebelum bola mengenai tangan Tien Linh, bola sempat mengenai kaki dari Arif Satria terlebih dulu. Jarak Arif dekat dengan Tien Linh. Itu sesuai dengan syarat kedua.

3. Sama seperti kejadian Asnawi

Debat Gol Pertama Vietnam ke Gawang Timnas: Tidak HandballTimnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (twitter/PSSI)

Apa yang dialami Tien Linh ini hampir serupa dengan yang dialami oleh Asnawi Mangkualam. Di laga lawan Thailand, bola juga mengenai tangannya dan pemain Thailand protes. Namun, wasit bergeming karena sesuai syarat pertama di atas, bola kena kaki Asnawi sebelum mengenai tangannya.

Jadi, wasit sebenarnya sudah tepat dalam mengambil keputusan, baik di insiden lawan Thailand maupun Vietnam kemarin. Namun, khusus di laga lawan Vietnam, pekerjaan rumah dari Timnas adalah tidak mampunya bangkit sehingga diberondong tiga gol tambahan.

Baca Juga: Rahasia Vietnam Hancurkan Timnas Indonesia, Bukan Kebetulan Semata!

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya