Comscore Tracker

Deretan Klub Terboros di Transfer Musim Panas 2021, Ada MU

Banyak uang keluar untuk transfer musim panas 2021

Jakarta, IDN Times - Bursa transfer musim panas 2021 tersisa satu hari lagi. Beberapa tim sudah melakukan proses perekrutan pemain yang mereka incar. Seiring dengan proses perekrutan itu, ada uang yang dikeluarkan dan didapatkan oleh tim.

Dalam proses perekrutan tim tersebut, ada tim yang pada akhirnya mengeluarkan uang kelewat banyak dibandingkan lainnya. Dilansir Transfermarkt, berikut adalah lima klub dengan pengeluaran tertinggi di bursa transfer musim panas 2021 ini.

1. Aston Villa

Deretan Klub Terboros di Transfer Musim Panas 2021, Ada MUmirror.co.uk

Tak disangka-sangka, Aston Villa jadi tim dengan pengeluaran paling boros kelima di bursa transfer musim panas 2021 ini. Tercatat, Villa mengeluarkan bujet sebesar 105,6 juta euro (sekitar Rp1,7 triliun) untuk merekrut para pemain incaran mereka.

Villa mengeluarkan uang yang banyak untuk mendatangkan tiga pemain, yakni Emiliano Buendia, Danny Ings, dan Leon Bailey. Buendia jadi pemain paling mahal yang didapat Villa, dengan harga 38,4 juta euro. Meski banyak mengeluarkan uang, neraca transfer Villa mencatatkan surplus.

Villa mendapatkan keuntungan besar dari penjualan Jack Grealish ke Manchester City, dengan harga sebesar 117,5 juta euro. Total, Villa mendapatkan keuntungan sebesar 127,5 juta euro dari penjualan pemain, sehingga neraca keuangannya di musim panas ini plus 21,9 juta euro.

2. Chelsea

Deretan Klub Terboros di Transfer Musim Panas 2021, Ada MUPesepak bola Chelsea Mason Mount (tengah) berupaya melewati penjagaan dua pemain belakang Burnley dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Minggu (31/1/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Burnley 2-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Julian Finney

Chelsea menjelma jadi tim keempat terboros di bursa transfer musim panas 2021. Semua gara-gara kedatangan Romelu Lukaku dari Inter Milan. Chelsea memulangkan pemain asal Belgia itu dengan mahar mencapai 115 juta euro (sekitar Rp1,9 triliun).

Namun, sama seperti Villa, neraca transfer Chelsea juga surplus. Semua berkat penjualan pemain-pemain macam Olivier Giroud, Victor Moses, Davide Zappacosta, Fikayo Tomori, Kurt Zouma, dan Tammy Abraham, yang berjumlah 120,35 juta euro.

Tercatat, Chelsea surplus 5,35 juta euro di bursa transfer kali ini. Tidak ada minus yang mereka catatkan, dan ini jadi sebuah prestasi tersendiri bagi klub.

Baca Juga: Chelsea Kena Sentil Sevilla di Bursa Transfer

3. Manchester United

Deretan Klub Terboros di Transfer Musim Panas 2021, Ada MUWinger anyar Manchester United, Jadon Sancho (kanan) / Instagram @manchesterunited

Setelah Chelsea, ada Manchester United sebagai tim ketiga paling boros di bursa transfer musim panas 2021. Tercatat, MU mencatatkan pengeluaran sebesar 125 juta euro (sekitar Rp2,1 triliun). Kedatangan Jadon Sancho dan Raphael Varane menguras kantong Setan Merah.

Sancho didatangkan dari Borussia Dortmund dengan mahar mencapai 85 juta euro, sedangkan Varane didatangkan dari Real Madrid dengan harga 40 juta euro. MU juga sudah mengeluarkan duit lagi, karena mendatangkan Cristiano Ronaldo seharga 19 juta euro.

Sialnya, perekrutan MU tidak diiringi oleh penjualan pemain yang bagus. Mereka belum menjual pemain di musim panas 2021. Alhasil, neraca transfer MU benar-benar minus, dengan total 125 juta euro.

4. Manchester City

Deretan Klub Terboros di Transfer Musim Panas 2021, Ada MUPemain Manchester City merayakan gol ke gawang West Bromwich Albion pada pertandingan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Rabu (27/1/2021) dini hari. City pesta gol 5-0 dan naik ke puncak klasemen sementara. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

Di posisi kedua klub paling boros di musim panas 2021 ini, ada saudara sekota MU, Manchester City. Tercatat, ManCity mengeluarkan 127,5 juta euro (sekitar Rp2,2 triliun) untuk merekrut pemain di periode transfer kali ini.

Pembelian Jack Grealish dengan mahar 117,5 juta euro menguras dompet ManCity di musim panas kali ini. Ditambah lagi dengan pembelian Kayky, pemain muda dari Brasil, alhasil ManCity menorehkan pengeluaran sebesar 127,5 juta euro. Sialnya, pengeluaran ini tidak diimbangi pemasukan memadai.

ManCity tercatat hanya mendapatkan 38,8 juta euro dari penjualan pemain di musim panas ini, hasil dari melego Angelino, Jack Harrison, dan Lukas Nmecha. Sergio Aguero dan Eric Garcia, dua pemain andalan mereka musim lalu, dilego secara gratis ke Barcelona.

5. Arsenal

Deretan Klub Terboros di Transfer Musim Panas 2021, Ada MUTwitter.com/premierleague

Arsenal jadi klub paling boros di bursa transfer musim panas 2021 ini. Tercatat, mereka mengeluarkan sampai 147 juta euro (sekitar Rp2,5 triliun) untuk merekrut pemain-pemain baru, seperti Ben White, Martin Odegaard, Aaron Ramsdale, Albert Sambi Lokonga, serta Nuno Tavares.

Sialnya, neraca transfer Arsenal mencatatkan minus yang besar, karena mereka tidak banyak menjual pemain. Tercatat, cuma Joe Willock saja yang sukses mereka jual, dengan mahar sebesar 29,4 juta euro. Sedangkan Lucas Torreira, mereka pinjamkan ke Fiorentina dengan harga satu juta euro.

Minus yang dicatatkan Arsenal juga cukup besar, yakni 116,1 juta euro. Parahnya lagi, setelah banyaknya uang yang dikeluarkan di bursa transfer musim panas 2021 ini, Arsenal urung mencatatkan prestasi positif di Premier League. Mereka malah jadi juru kunci klasemen.

Baca Juga: [BREAKING] Manchester United Susah Payah Bekuk Wolves di Molineux

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya