Deretan Tim yang Menjuarai Turnamen Pramusim

Jarang bagi tim juara pramusim menjuarai liga

Jakarta, IDN Times - Piala Menpora 2021 akan segera dihelat. Total, 17 tim Liga 1, minus Persipura Jayapura, akan mengikuti turnamen yang juga disebut sebagai turnamen pramusim jelang kompetisi ini.

Berbeda dengan turnamen-turnamen pramusim sebelumnya, turnamen Piala Menpora 2021 juga menjadi bahan penilaian. Kelak, jika penyelenggaraan ajang ini sukses, kepolisian akan menurunkan izin Liga 1 2021.

Sebelum Piala Menpora 2021, sebenarnya sudah ada beberapa turnamen pramusim yang pernah diselenggarakan di Indonesia sebelumnya. Turnamen apa sajakah itu?

Baca Juga: Polisi Telusuri Video Viral Bonek Datangi Bandung Jelang Piala Menpora

1. Ada Piala Presiden, Piala Bhayangkara, Piala Jenderal Sudirman, dan piala lainnya

Deretan Tim yang Menjuarai Turnamen PramusimPesepak bola PSM Makassar Syamsul Chaeruddin (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Gresik United Fitra Ridwan (kiri) saat pertandingan penyisihan grup D Piala Presiden di Stadion Mattoanging Gelora Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (31/8/2020). (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Turnamen pramusim sejatinya sudah marak sejak zaman dahulu. Namun, semarak dari turnamen pramusim mulai terasa sejak 2015, ketika kompetisi sepak bola pernah mengalami pembekuan oleh FIFA.

Ketika itu, muncul nama Piala Presiden sebagai turnamen untuk mengisi kekosongan kompetisi. Setelahnya, hadir juga turnamen-turnamen lain seperti Piala Jenderal Sudirman, Piala Bhayangkara, serta Bali Island Cup. Sempat juga hadir Indonesia Soccer Championship 2016, kompetisi berformat liga, namun tidak resmi.

Namun, dari semua turnamen itu, Piala Presiden yang akhirnya menjelma jadi turnamen pramusim. Turnamen ini rutin terlaksana jelang kompetisi liga, terutama mulai musim 2017.

Turnamen ini sempat terhenti pada 2020, karena kompetisi Liga 1 2020 mulai lebih awal, yakni Februari. Setelah kompetisi 2020 terhenti dan vakum, turnamen pramusim datang dengan nama baru, yakni Piala Menpora 2021.

2. Tim-tim yang rutin juara turnamen pramusim

Deretan Tim yang Menjuarai Turnamen PramusimANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sejak kemunculannya pada 2015, Piala Presiden sudah menelurkan beberapa juara. Persib menjadi juara di perhelatan perdana. Namun, di tahun-tahun setelahnya, muncul Arema sebagai penguasa Piala Presiden.

Tim berjuluk Singo Edan itu tercatat menjuarai gelaran Piala Presiden dua kali, yakni pada 2017 dan 2019. Arema juga pernah menjuarai ajang Bali Island Cup dan Piala Bhayangkara, dengan mengalahkan lawan yang sama, yaitu Persib Bandung.

Pada 2018, Arema gagal menjadi juara Piala Presiden. Persija-lah yang sukses menggamit gelar Piala Presiden usai mengalahkan Bali United di final.

Akan tetapi, terlepas dari seringnya Arema menjuarai Piala Presiden, keberhasilan mereka ini tidak beriringan dengan prestasi mereka di liga. Pada 20197 dan 2019, raihan Arema di liga tidak terlalu baik. Hal sebaliknya dialami Persija.

Saat menjuarai Piala Presiden pada 2018, Persija juga sukses meraih prestasi di ajang Liga 1 2018. Mereka jadi klub pertama yang mampu mengawinkan gelar Piala Presiden dan Liga 1.

3. Menerka peta persaingan di Piala Menpora 2021

Deretan Tim yang Menjuarai Turnamen PramusimOC Piala Menpora bersama Wali Kota Solo. ligaindonesiabaru.com

Sejatinya, sebagai turnamen pramusim, ajang Piala Menpora 2021 bisa jadi tempat pemetaan kekuatan jelang Liga 1 2021. Selain itu, ajang ini juga bisa menjadi tempat unjuk gigi bagi para pemain muda.

Bukan tanpa sebab, banyak tim Liga 1 yang dikabarkan akan menggunakan pemain lokal. Mereka menggunakan turnamen pramusim ini untuk mengasah kemampuan para pemain lokal, termasuk para pemain muda yang masuk ke tim.

Baca Juga: Piala Menpora yang Bagaikan 2 Sisi Mata Uang Bagi Barito Putera

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya