Comscore Tracker

Diego Maradona Ternyata Pernah Menjebol Gawang Timnas Indonesia

Maradona sukses mencetak dua gol ke gawang Indonesia

Jakarta, IDN Times - Diego Maradona ternyata pernah bertanding melawan Timnas Indonesia. Bahkan bintang Argentina yang mengembuskan nafas terakhir pada Rabu (26/11/2020) itu pernah dua kali membobol gawang Indonesia, lho.

Momen tersebut terjadi saat Maradona masih membela tim junior Argentina atau lebih tepatnya Timnas U-20 Argentina. Ketika itu Maradona pernah menghadapi pemain-pemain Indonesia macam Mundari Karya, Bambang Nurdiansyah, serta Tommy Latuperisa.

1. Maradona bertemu Indonesia di ajang Piala Dunia U-20

Diego Maradona Ternyata Pernah Menjebol Gawang Timnas IndonesiaSaat Maradona menghadapi Timnas Indonesia (Twitter.com/offsideStats)

Maradona dan Timnas Indonesia berjumpa pada ajang Piala Dunia U-20 1979, ketika itu masih dikenal sebagai FIFA World Youth Championship. Ajang ini dihelat di Jepang, mulai dari 25 Agustus sampai 7 September.

Saat itu, di fase grup, Argentina tergabung di Grup B bersama Polandia, Yugoslavia, dan Indonesia. Mereka diasuh Cesar Luis Menotti, salah satu pelatih legendaris yang juga asli Argentina.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Tentang Diego Maradona

2. Maradona borong dua gol ke gawang Indonesia

Diego Maradona Ternyata Pernah Menjebol Gawang Timnas IndonesiaDiego Maradona di Piala Dunia 1979 (Twitter.com/golazoargentino)

Argentina sendiri menghadapi Indonesia dalam laga pembuka Grup B. Ketika itu, Argentina turun dengan skuat terbaik yang sudah beranggotakan Ramon Diaz, Marcelo Bachino, maupun Alfredo Torres.

Indonesia kalah dengan skor telak 0-5 di pertandingan tersebut. Maradona menyumbang dua gol pada menit 19 dan 39, plus hat-trick dari Diaz masing-masing di menit 10, 23, dan 25. Argentina lolos ke fase gugur saat itu dengan mengemas tiga kemenangan.

Sedangkan Indonesia, mereka harus puas duduk di posisi juru kunci. Dalam dua laga setelahnya menghadapi Polandia dan Yugoslavia, mereka juga mengalami kekalahan.

3. Argentina keluar sebagai juara di akhir turnamen

Diego Maradona Ternyata Pernah Menjebol Gawang Timnas IndonesiaDiego Maradona di Piala Dunia 1979 (Twitter.com/golazoargentino)

Penampilan impresif Argentina ini berlanjut terus hingga akhir turnamen. Dimotori Maradona, mereka sukses mengalahkan lawan-lawan seperti Aljazair dan Uruguay. Di final, mereka bertemu Uni Soviet.

Menghadapi Uni Soviet, Argentina mampu menang dengan skor 3-1. Maradona menyumbangkan satu gol di laga itu, ditambah oleh gol-gol dari Diaz dan Hugo Alves.

Di akhir turnamen, Diaz akhirnya berhak atas gelar topskorer. Sedangkan Diego Maradona, ia mendapatkan gelar sebagai pemain terbaik. Dua pemain ini pun langsung jadi perbincangan media. Awal dari dikenalnya nama Maradona di kolong jagat.

Baca Juga: Diego Maradona Dijuluki Tangan Tuhan, Begini Asal Mulanya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya