Comscore Tracker

Diisukan Bakal Latih Newcastle, Mourinho: Saya Senang di AS Roma

Mourinho berpengalaman tangani klub-klub kaya

Jakarta, IDN Times - Setelah dikabarkan mengincar beberapa pemain bintang, termasuk bintang-bintang Serie A, Newcastle United juga diisukan tengah mencari manajer baru untuk menggantikan Steve Bruce. Dari sekian nama yang ada, Jose Mourinho adalah salah satunya.

Sebagai manajer, prestasi dan pengalaman Mourinho memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Pria asal Setubal itu pernah membawa Chelsea juara Premier League, membawa Real Madrid juara LaLiga, hingga membawa Inter Milan meraih treble di musim 2009/10.

Profil Mourinho yang mentereng ini membuatnya dianggap pas menangani Newcastle. Apalagi, dia juga berpengalaman menangani dua klub kaya sebelumnya, yaitu Chelsea dan Madrid.

1. Mourinho membawa Chelsea jadi tim yang disegani

Diisukan Bakal Latih Newcastle, Mourinho: Saya Senang di AS RomaJose Mourinho, manajer baru AS Roma. (instagram.com/josemourinho)

Pada awal-awal masa kepemimpinan Roman Abramovich, sosok Mourinho-lah yang membawa Chelsea berjaya. Dari tim yang awalnya medioker, Mourinho membawa Chelsea jadi salah satu kekuatan tangguh di Inggris, bahkan Eropa.

Mourinho sukses membawa Chelsea juara Premier League di musim 2004/05 dan musim 2005/06 (selanjutnya juga Mourinho membawa Chelsea juara Premier League 2014/15). Tidak cuma itu, dia juga mulai rutin membawa Chelsea ke babak semifinal Liga Champions.

Namun, hubungan buruk dengan Abramovivh membuat Mourinho pergi dari Chelsea dan menyeberang ke Inter Milan. Dia sempat kembali ke Chelsea pada musim 2013/14, tetapi hanya sanggup bertahan dua setengah musim saja.

Dari pengalamannya ini, tampak Mourinho punya pengalaman menyulap tim kaya baru jadi tim yang disegani. Dengan racikan strategi yang pas, berpadu pemain-pemain ciamik, dia mampu membuat Chelsea jadi tim yang disegani.

Baca Juga: 5 Pemain Hebat yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose Mourinho

2. Mourinho akui ada koneksi dengan Newcastle

Diisukan Bakal Latih Newcastle, Mourinho: Saya Senang di AS RomaStandard.co.uk

Baru-baru ini, Mourinho mengakui ada koneksi yang terjalin antara dirinya dan Newcastle. Ketika di Barcelona, Mourinho pernah menjadi asisten dari Sir Bobby Robson. Bekerja dengan Robson yang seorang legenda Newcastle, membuat koneksi antara dirinya dan Newcastle terjalin.

"Satu hal yang bisa saya katakan adalah, saya pernah bekerja dengan figur paling ternama dari Newcastle, Sir Bobby Robson. Karena itu, saya merasa memiliki koneksi emosi dengan kota dan juga fans Newcastle, tidak lebih dari itu," ujar Mourinho, dilansir Marca.

3. Mourinho tepis isu bakal jadi manajer Newcastle

Diisukan Bakal Latih Newcastle, Mourinho: Saya Senang di AS RomaJose Mourinho, manajer baru AS Roma. (instagram.com/josemourinho)

Meski punya koneksi emosi, Mourinho menepis rumor bahwa dia akan jadi manajer baru Newcastle. Pria asal Portugal itu menyebut, dia bahagia di Roma dan saat ini, dia tengah fokus menjadikan Roma sebagai salah satu kekuatan menakutkan di Serie A.

"Sekarang saya di sini, dan saya senang berada di sini (Roma). Saya sekarang akan memberikan 100 persen kemampuan saya untuk AS Roma dan terlibat dalam proyek mengembangkan Roma," ujar Mourinho.

Bisa saja sekarang Jose Mourinho mengatakan itu. Akan tetapi, jika kelak tawaran dari Newcastle United datang dalam waktu tepat, kemungkinan besar pria asal Portugal itu akan kembali lagi ke Inggris bersama Newcastle.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik tentang Laga Newcastle United Vs. Tottenham Hotspur

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya