Dominasi Inggris dan Jerman di 16 Besar Liga Champions 2022/23

Inggris dan Jerman masing-masing kirim empat wakil

Jakarta, IDN Times - Liga Champions 2022/23 resmi memasuki fase gugur. Sebanyak 16 tim sudah memastikan diri lolos dari fase grup, baik itu sebagai runner-up dan juara grup. Tim-tim Inggris dan Jerman patut diacungi jempol dalam hal ini.

Sebab, klub Inggris dan Jerman jadi negara yang mengirimkan paling banyak wakil di fase gugur Liga Champions 2022/23 ini. Bayangkan saja, mereka total mengirimkan masing-masing empat wakil untuk bertarung di fase gugur.

1. Inggris kirimkan Tottenham, Chelsea, City, dan Liverpool

Dominasi Inggris dan Jerman di 16 Besar Liga Champions 2022/23Manchester City benamkan Sevilla di Liga Champions. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marcelo Del Pozo)

Dari Inggris, ada empat klub Premier League yang msih bertahan di ajang Liga Champions 2022/23. Mereka adalah Tottenham Hotspur, Chelsea, Manchester City, dan Liverpool. Perlu dicatat, tiga tim lolos dengan status juara grup.

Hanya satu tim saja yang lolos sebagai runner-up, yaitu Liverpool. Torehan ini jelas jadi sebuah tanda bahwa kekuatan Premier League di Eropa masih belum bisa dianggap remeh.

Baca Juga: Daftar Tim yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2022/23

2. Jerman kirimkan Bayern, Frankfurt, Dortmund, dan Leipzig

Dominasi Inggris dan Jerman di 16 Besar Liga Champions 2022/23Bayern Muenchen melawan Inter Milan di Liga Champions. (ANTARA FOTO/REUTERS/Andreas Gebert)

Sementara itu, Jerman juga tidak mau kalah dengan mengirimkan empat klub Bundesliga di fase gugur, sama seperti Inggris. Mereka adalah Bayern Munich, Eintracht Frankfurt, RB Leipzig, dan Borussia Dortmund. Namun, ada satu hal yang berbeda.

Tidak seperti Inggris, tiga wakil Jerman lolos ke fase gugur sebagai runner-up. Mereka adalah Frankfurt, Leipzig, dan Dortmund. Hanya satu nama yang lolos sebagai juara grup, yakni Bayern Munich.

3. Wakil-wakil dari negara lain

Dominasi Inggris dan Jerman di 16 Besar Liga Champions 2022/23Liverpool mengalahkan Napoli di ajang Liga Champions. (ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine)

Selain Inggris dan Jerman, ada juga beberapa negara lain yang sukses mengirimkan wakilnya di fase gugur. Italia mengirimkan tiga wakil lewat AC Milan, Inter Milan, dan Napoli. Sedangkan Portugal mereka mengirimkan dua wakil via Porto dan Benfica.

Sementara itu, Spanyol dan Prancis masing-masing hanya mengirimkan satu wakil, via Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG). Dari sini, tampak dominasi Inggris dan Jerman dalam gelaran babak 16 besar Liga Champions 2022/23.

Baca Juga: Potensi Laga Seru di Babak 16 Besar Liga Champions 2022/23

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya