Comscore Tracker

Donny van de Beek dan Ekspresi Kesedihannya 

Van de Beek tampak memelas saat diganti

Jakarta, IDN Times - Manchester United memang meraih kemenangan dalam babak kelima Piala FA 2020/21 atas West Ham United, Rabu (10/2/2021) dini hari WIB. Scott McTominay jadi pencetak gol tunggal kemenangan United di laga ini. Namun, yang jadi perhatian justru sosok Donny van de Beek.

Di pertandingan ini, Van de Beek turun sejak awal. Ia didapuk menggantikan Bruno Fernandes yang mengisi bangku cadangan. Namun, sepanjang laga, sosok asal Belanda itu gagal menampilkan performa yang apik.

Dari sinilah, sebuah drama dimulai. Drama yang memperlihatkan wajah sedih Van de Beek saat manajer United, Ole Gunnar Solskjaer, menariknya keluar di babak kedua.

1. Van de Beek menunjukkan ekspresi sedih

Donny van de Beek dan Ekspresi Kesedihannya goal.com

Pertandingan memasuki menit 72. Angka 0-0 masih terpampang di papan skor Old Trafford. United buntu. Mereka kesulitan menembus lini pertahanan West Ham yang bermain rapat sepanjang pertandingan.

Alhasil, Solskjaer pun segera mengambil langkah cepat. Beberapa perubahan ia persiapkan, termasuk mengganti beberapa pemain yang dianggap melempem, salah satunya adalah Van de Beek. Di sinilah, adegan miris itu terjadi.

Sesaat sebelum keluar dan digantikan Bruno Fernandes, Van de Beek menyiratkan wajah sedih. Ia seolah masih ingin bermain di atas lapangan. Namun, keputusan manajer mutlak. Ia menerimanya dan akhirnya keluar lapangan.

Baca Juga: Hai Solskjaer! Donny Van De Beek Layak Diberi Kesempatan di Man United

2. Van de Beek memang tampil buruk

Donny van de Beek dan Ekspresi Kesedihannya football365.com

Menurut catatan Whoscored, Van de Beek memang tampil melempem di pertandingan ini. Ditempatkan sebagai gelandang serang, kontribusinya dalam setiap serangan United sangat minim.

Tercatat, ia hanya menorehkan sekali tembakan yang tidak mengarah ke gawang, tanpa sekali pun mencatatkan umpan kunci serta usaha dribel sukses. Kerap kali, serangan-serangan United justru terhenti di kakinya.

3. Alasan Solskjaer mengganti Van de Beek

Donny van de Beek dan Ekspresi Kesedihannya Pesepak bola Manchester United Scott McTominay (kiri) menyalami rekannya Edinson Cavani seusai pertandingan melawan West Ham United dalam laga putaran kelima Piala FA, di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/2/2021). Gol McTominay menangkan Setan Merah atas West Ham 1-0 di masa perpanjangan waktu. ANTARA FOTO/Reuters-Phil Noble

Dalam jumpa pers selepas laga, Solskjaer menyebut Van de Beek sebenarnya sudah bermain dengan baik di laga ini, terutama di babak pertama. Namun, sosok asal Norwegia itu mengaku bahwa beberapa perubahan memang mesti dilakukan.

"Donny van de Beek bermain dengan rapi dan juga punya kesempatan mencetak gol, termasuk ketika Alex (Telles) mengembalikan bola kepadanya. Namun, di babak kedua, tim sedikit mengalami penurunan performa sehingga kami harus melakukan beberapa perubahan," ujar Solskjaer.

Baca Juga: Angka-angka di Balik Transfer Donny van de Beek

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya