Comscore Tracker

Dumfries Cedera, Bagaimana Belanda di Piala Dunia 2022?

Belanda harus siap jika Dumfries tak bisa main

Jakarta, IDN Times - Kabar buruk menghampiri Timnas Belanda jelang Piala Dunia 2022. Salah satu penggawa andalan mereka, Denzel Dumfries, dikabarkan mengalami cedera.

Cedera ini didapat Dumfries ketika melakoni laga pekan 15 Serie A 2022/23 antara Inter Milan lawan Atalanta. Dumfries harus ditarik keluar saat laga memasuki menit 71 setelah mengalami masalah pada lututnya.

Dengan sisa waktu menuju Piala Dunia 2022 yang tinggal delapan hari lagi, masalah Dumfries ini jadi sebuah pukulan tersendiri bagi Belanda. Apa yang sejatinya bisa mereka lakukan jika situasi paling buruk terjadi?

1. Dumfries andalan Belanda di sisi kanan

Dumfries Cedera, Bagaimana Belanda di Piala Dunia 2022?Denzel Dumfries. (planetfootball.com)

Sejak memulai debut bersama Belanda pada Oktober 2018, Dumfries selalu jadi andalan skuad Oranje di sisi kanan. Total, pemain berusia 26 tahun itu sudah menorehkan 37 penampilan bersama skuad Belanda sejauh ini, dengan raihan lima gol dan enam assist.

Dumfries memang memiliki kemampuan yang ciamik sebagai bek sayap kanan. Kelincahannya saat menyerang dan bertahan acap membuat sisi kanan Belanda hidup. Tidak cuma itu, dia juga bisa berperan sebagai wing-back.

Alhasil, Dumfries bisa masuk baik itu dalam skema tiga atau empat bek. Fleksibilitas inilah yang membuat pelatih Belanda sekarang, Louis van Gaal, tetap mengandalkannya di sisi kanan.

Baca Juga: 10 Potret Denzel Dumfries, Bek Sayap Milik Inter Milan

2. Opsi jika situasi buruk terjadi pada Dumfries

Dumfries Cedera, Bagaimana Belanda di Piala Dunia 2022?Jurrien Timber (ajaxshowtime.com)

Memang, belum bisa dipastikan apa cedera yang didapat oleh Dumfries. Namun, jikalau nantinya Dumfries terpaksa harus absen karena cedera, Van Gaal tentu harus memikirkan beberapa opsi.

Selain menentukan siapa pengganti Dumfries, Belanda harus menerapkan skema baru tanpa sosok Dumfries. Misal, menilik skuad yang ada sekarang, Oranje bisa saja memasang sosok Daley Blind sebagai wing back.

Atau, Belanda bisa saja mengandalkan sosok muda yang kini bermain di Ajax, Jurrien Timber. Sejak musim 2020/21, Timber sudah jadi pemain andalan di Ajax Amsterdam, dan kini dia sudah mengoleksi 65 penampilan bersama Ajax di semua ajang.

Apa pun opsinya, semua akan tergantung pada kecerdikan dari sosok Van Gaal sendiri. Dengan pengalamannya menangani Belanda di Piala Dunia 2014, agaknya kejutan akan dibuat lagi oleh eks manajer Barcelona, Ajax, dan Manchester United itu.

3. Belanda akan mulai bertarung pada 21 November

Dumfries Cedera, Bagaimana Belanda di Piala Dunia 2022?Pemain Timnas Belanda. (twitter.com/OnsOranje)

Belanda akan memulai perjalanan mereka di Piala Dunia 2022 pada 21 November mendatang. Mereka tergabung di Grup A, dan akan bersua Senegal di laga perdana.

Sama seperti Belanda yang didera masalah Denzel Dumfries, Senegal pun tengah menanti kondisi Sadio Mane jelang Piala Dunia 2022. Menarik untuk melihat, bagaimana Oranje mengatasi situasi ini nantinya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 2 Inter Milan Sebelum Denzel Dumfries

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya