Elkan Baggott dan Sandy Walsh Belum Pasti Main di Piala AFF 2022

Elkan dan Sandy terbentur izin klub

Jakarta, IDN Times - Kabar kurang mengenakkan didapat oleh Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. Dua penggawa mereka, Elkan Baggott dan Sandy Walsh, diprediksi belum bisa mentas di ajang tersebut.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi. Kendati Shin Tae Yong sudah menemui klub, belum ada kepastian Elkan dan Sandy main di Piala AFF 2022.

"Sampai sekarang belum ada kepastian," ujar Yunus di Kemenpora, Senin (28/11/2022).

1. PSSI juga sudah bersurat ke klub Elkan dan Sandy

Elkan Baggott dan Sandy Walsh Belum Pasti Main di Piala AFF 2022Sekjen PSSI, Yunus Nusi, di Rakernas dan Musornaslub KONI 2022, Senin (12/9/2022). (IDN Times/Tino).

Selain berupaya lewat Shin yang datang langsung ke klub, PSSI juga dikabarkan sudah bersurat ke Gillingham FC dan KV Mechelen, agar Elkan serta Sandy bisa mentas di Piala AFF 2022.

Akan tetapi, sampai saat ini belum ada jawaban dari kedua klub tersebut. Alhasil, keduanya masih diragukan untuk bisa tampil dalam ajang sepak bola se-Asia Tenggara tersebut.

2. Elkan sibuk di klub, Sandy dan Jordi urus pindah federasi

Elkan Baggott dan Sandy Walsh Belum Pasti Main di Piala AFF 2022Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Untuk Elkan, saat ini memang tengah sibuk dengan Gillingham, terhitung mulai 19 hingga 26 November. Dia tidak merasakan libur Piala Dunia 2022, karena kompetisi League Two dan Piala FA tetap berjalan.

Pemuda jangkung kelahiran Thailand tersebut diperkirakan akan mentas saat Gillingham bersua Newport County, Crawley Town, plus laga lawan Dagenham and Redbridge, di Piala FA. Dia juga kemungkinan mentas lagi lawan Salford City, Bradford City, dan Stockport County.

Tapi, manajemen Gillingham sempat berjanji mau melepas Elkan saat Timnas masuk ke semifinal dan final Piala AFF.

Sedangkan Sandy dan Jordi Amat, selain izin klub, juga masih mengurus perpindahan federasi usai merampungkan proses naturalisasi. Saat ini, proses perpindahan federasi keduanya sedang diusahakan PSSI.

3. Elkan, Sandy, dan Jordi diperlukan Indonesia

Elkan Baggott dan Sandy Walsh Belum Pasti Main di Piala AFF 2022Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sebelumnya, Elkan sudah mengutarakan niat dan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 nanti. Namun, dia tentu harus dapat izin dari Gillingham dan konsekuensinya, absen dalam banyak laga bersama Gillingham.

Elkan adalah salah satu tokoh sentral bagi Timnas di Piala AFF 2020. Alhasil, kehadirannya dinantikan di Piala AFF 2022 kelak. Skuad Garuda akan makin mumpuni jika kelak Sandy dan Jordi bisa bergabung juga.

Baca Juga: PSSI: GBK Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya