Emas SEA Games 2023 Awal Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Emas SEA Games 2023 tak boleh bikin puas

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Alvin Suryohadiprojo menyebut, momentum Timnas U-22 Indonesia menjadi juara SEA Games 2023 bisa jadi awal kebangkitan sepak bola di Tanah Air.

Alvin menyebut, pembenahan sepak bola Indonesia tak boleh berhenti setelah gelar juara didapat. Infrastruktur, fasilitas pelatihan, hingga program pengembangan bakat sepak bola Indonesia, harus ditingkatkan dan diperkuat.

“Bakat tidak hanya bisa dilakukan dengan keliling mencari tetapi bisa kuat ditumbuhkan melalui kompetisi-kompetisi. Pemain terbentuk karena kompetisi. Itu semua membentuk mental, fisik bahkan cara pandang dalam bermain sepak bola. Hal itulah yang nanti meningkatkan kualitas mereka.” tegas Alvin dalam keterangan resminya.

Baca Juga: PSSI: Timnas U-22 Tak Salah dalam Keributan SEA Games

1. Kompetisi akar rumput harus digalakkan

Emas SEA Games 2023 Awal Kebangkitan Sepak Bola IndonesiaMenpora Dito di Kemenpora. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Berangkat dari momentum kebangkitan ini, Kemenpora pun mengambil langkah dengan menggalakan liga tarkam (antar kampung) dan usia dini. Tujuannya, menumbuhkan bakat-bakat potensial. Dengan begitu, bakat bisa mekar sejak akar rumput.

“Momen kebangkitan ini akan kita eksekusi lewat liga tarkam. Menpora Dito Ariotedjo memang sudah merencanakan untuk menjadikan ini salah satu program prioritas dari Kemenpora tidak hanya untuk pengembangan bakat sepak bola saja tetapi untuk cabang olahraga lain juga," ujar Alvin.

Baca Juga: Erick Thohir: Emas SEA Games 2023 Timnas U-22 Momen Revolusi Mental

2. Erick Thohir ingatkan euforia berhenti

Emas SEA Games 2023 Awal Kebangkitan Sepak Bola IndonesiaKetua Umum PSSI, Erick Thohir saat memberikan keterangan di SUGBK, Jumat (19/5/2023). (IDN Times/Sandy Firdaus).

Menyambung ucapan Alvin ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga menyebut, euforia emas SEA Games 2023 harus selesai. Ke depannya, Timnas Indonesia mesti bersiap menyambut agenda-agenda lain.

"Saya kira euforia sudah selesai. Kita harus mulai persiapan lagi untuk agenda Timnas jangka pendek, menengah, dan panjang," ujar Erick di Gelora Bung Karno (GBK), Jumat (19/5/2023).

Baca Juga: Kisah Indra Sjafri, Eks Kepala Kantorpos yang Sukses Bawa Timnas Juara

3. Ragam agenda Timnas U-22 ke depan

Emas SEA Games 2023 Awal Kebangkitan Sepak Bola IndonesiaTimnas U-22 raih emas SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Setelah SEA Games 2023, Timnas U-22 sudah dinanti dua event besar. Pada 4-12 September 2023, skuad Garuda Muda akan mentas di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Indonesia dipastikan jadi tuan rumah Grup H.

Selepas itu, ada juga ajang Asian Games 2022 di Hangzhou yang sudah menunggu skuad Timnas U-22 Indonesia. Jadi, memang benar adanya bahwa emas SEA Games 2023 ini harus jadi awal Merah Putih menapaki level yang lebih tinggi.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya