Era Baru Eropa: Kylian Mbappe Vs Erling Haaland

Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo masuk ke episode akhir

Jakarta, IDN Times - Zaman selalu bergerak. Ketika ada satu era usai, yang baru menggantikan. Itulah yang terjadi di sepak bola Eropa sekarang. Era baru Erling Haaland versus Kylian Mbappe perlahan menyeruak ke permukaan.

Sebelumnya, sepak bola Eropa, bahkan dunia, didominasi oleh rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Sejak pertama kali naik ke permukaan, sekitar 2005 sampai 2007 silam, keduanya selalu menarik perhatian lewat kemampuan dan deretan rekor individu yang diciptakan.

Kini, akibat dari kegagalan Ronaldo dan Messi melaju ke perempat final Liga Champions 2020/21, banyak yang menganggap era kedua pemain ini sudah usai. Apalagi, usia keduanya juga memang sudah memasuki senja bagi pesepak bola.

Di saat era Ronaldo-Messi ini nyaris memasuki episode akhir, muncul Haaland dan Mbappe yang sedang bersaing demi membuktikan diri sebagai juru gedor terbaik dunia. Keduanya pun kerap dianggap sebagai penerus era baru di sepak bola Eropa, atau mungkin dunia, nantinya.

1. Haaland, mencuat bersama Salzburg

Era Baru Eropa: Kylian Mbappe Vs Erling HaalandSevilla vs Dortmund. (Twitter.com/BVB)

Baca Juga: Akhir dari Era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Pada musim 2019/20, Haaland mulai muncul ke permukaan atas aksi ganasnya ketika membela Red Bull Salzburg. Bayangkan saja, dari delapan laga yang dilalui di Liga Champions, Haaland mampu menorehkan 10 gol bersama tim asal Austria tersebut.

Dari situlah, Haaland mulai diperhitungkan sebagai salah satu talenta berbakat di Eropa. Namanya juga sempat jadi rebutan saat bursa transfer musim dingin 2020, hingga akhirnya dia memutuskan membela Borussia Dortmund.

Bersama Dortmund, ketajaman Haaland tidak memudar. Sejauh ini, Haaland sudah mencetak 47 gol dari 47 laga yang sudah dia jalani bersama Dortmund di semua ajang. Perkara kemampuan Haaland sebagai mesin gol ini membuatnya disebut-sebut mirip Ronaldo.

Ketika sudah berada di kotak penalti, Haaland akan jadi predator yang menakutkan, mirip Ronaldo saat masih membela Madrid. Tidak cuma itu, badan besar yang dimiliki Haaland ini juga dianggap sebagai hasil dari latihan khusus yang pernah dia jalani.

Jadi, secara fisik, Haaland bisa diibaratkan robot yang bisa terus dibentuk, mirip dengan Ronaldo.

2. Mbappe sempat lebih dulu curi perhatian

Era Baru Eropa: Kylian Mbappe Vs Erling HaalandKylian Mbappe. (Twitter.com/PSG_English)

Sebelum Haaland ramai diperbincangkan, pada musim 2016/17, Mbappe sudah lebih dulu mencuat di Eropa. Keberhasilannya mengantarkan AS Monaco melaju ke semifinal Liga Champions, menjadi tajuk hangat di berbagai media Eropa saat itu. Sayangnya, Mbappe gagal mengantarkan Monaco ke final karena tumbang di tangan Juventus.

Selepas penampilan apiknya di Monaco, Mbappe langsung jadi rebutan klub-klub besar Eropa. Dia akhirnya memilih untuk berlabuh bersama Paris Saint-Germain. Hingga kini, dia mampu tampil konsisten bersama klub yang bermarkas di Parc des Princes itu.

Total, Mbappe sejauh ini sudah mencetak 115 gol dari 158 penampilan bersama PSG di semua ajang. Dia juga sanggup mengantarkan PSG melaju ke final Liga Champions 2019/20, sebelum akhirnya dibekuk Bayern Muenchen.

Banyak yang menyebut Mbappe mirip Lionel Messi. Mereka dianggap punya bakat alami dan berkembang seiring waktu. Namun, ada satu hal yang membedakan Mbappe dengan Messi, yakni trofi Piala Dunia. Betul, Mbappe sudah mengantarkan Prancis juara dunia pada 2018. Sedangkan, Messi belum.

Terbaru, Mbappe menyalip rekor Messi dengan menjadi pemain termuda yang mampu mencetak 25 gol di Liga Champions, dengan usia 22 tahun 80 hari.

Dia melewati catatan Messi yang sukses mencetak 25 gol, saat berusia 22 tahun 286 hari.

3. Mbappe Vs Haaland akan terus terjadi

Era Baru Eropa: Kylian Mbappe Vs Erling Haalandfoxsports.com

Dalam beberapa tahun ke depan, Mbappe versus Haaland ini akan jadi sesuatu yang jamak kita lihat. Keduanya tentu akan saling berkompetisi dan memecahkan rekor, apalagi usia keduanya juga masih sangat muda.

Jangan heran juga, jika mereka nantinya akan berpindah-pindah klub. Tidak seperti Messi dan Ronaldo yang terbilang bisa tinggal lama di sebuah klub, Mbappe dan Haaland mungkin berbeda. Apalagi, mereka saat ini masih membela klub yang dibilang belum punya tradisi kuat di sepak bola Eropa.

Pun, bukan tak mungkin Mbappe dan Haaland main di satu liga yang sama, seperti halnya Messi serta Ronaldo yang sama-sama main di Liga Spanyol. Terlebih, Mbappe saat ini sedang diburu Liverpool dan Haaland tengah dipantau Manchester United. 

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Barcelona Tersingkir, Liverpool Ganas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya