Evan Soumilena: Futsal Indonesia Bisa Bersaing di Piala Asia

Evan akui kemampuan futsal Indonesia meningkat

Jakarta, IDN Times - Penggawa andalan Timnas Futsal Indonesia, Evan Soumilena, merasa yakin bahwa Merah Putih bisa bersaing di Piala Asia 2022 mendatang. Dia memprediksi, Indonesia minimal bisa masuk di posisi delapan besar.

"Kita mungkin bisa masuk delapan besar atau lima terbaiklah gitu (di Piala Asia 2022)," ujar Evan saat ditemui di Grange Park, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Timnas Futsal Indonesia Harus Banyak Uji Coba Internasional

1. Indonesia sudah bisa bersaing dengan Thailand

Evan Soumilena: Futsal Indonesia Bisa Bersaing di Piala AsiaTimnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Keyakinan Evan ini bukan tanpa dasar. Dia melihat, mampunya Indonesia bersaing dengan Thailand jadi penanda, bahwa futsal Indonesia bisa bersaing di level Asia. Dalam tiga kesempatan, Merah Putih mampu menahan imbang Thailand.

"Kita dengan Thailand saat ini, menurut saya kami sudah bisa mengimbangi mereka. Tiga laga berturut-turut kita draw itu pencapaian luar biasa untuk Timnas Futsal Indonesia saat ini," ungkap Evan.

Baca Juga: Timnas Futsal Indonesia Raih Perak SEA Games 2021

2. Pelatih asing memberi kontribusi

Evan Soumilena: Futsal Indonesia Bisa Bersaing di Piala AsiaPelatih Timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Evan juga mengakui, hadirnya sosok-sosok pelatih asing di Timnas Futsal Indonesia memberikan efek positif. Adanya nama-nama semacam Kensuke Takahashi, dan kini Mohammad Hashemzadeh, meningkatkan performa Timnas secara keseluruhan.

"Kami juga banyak belajar dari pelatih Iran, Coach Hashemzadeh, dan sebelumnya juga dengan coach Ken (Takahashi). Jadi ya, setidaknya bisa bersainglah di Asia Tenggara secara permainan," tutur Evan.

Baca Juga: Sambut Piala Asia, Timnas Futsal Indonesia TC di Luar Negeri

3. Timnas Futsal Indonesia menatap Piala Asia 2022

Evan Soumilena: Futsal Indonesia Bisa Bersaing di Piala AsiaTimnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Timnas Futsal Indonesia kini menatap gelaran Piala Asia 2022 yang akan dihelat pada September 2022. Keberhasilan jadi runner-up Piala AFF 2022 membuat futsal Indonesia berkesempatan manggung di tingkat Asia.

Persiapan pun sudah dilakukan oleh Timnas Futsal Indonesia. Pelatih Timnas futsal, Hashemzadeh, mengungkapkan bahwa sebulan jelang Piala Asia 2022, skuad Garuda akan mengadakan pemusatan latihan (TC) dan uji coba di luar negeri.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya