Exco PSSI: Kontrak Shin Tae Yong Harus Diperpanjang

Kontrak Shin tuntas pada Desember 2023

Jakarta, IDN Times - Salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, AS Sukawijaya alias Yoyok Sukawi, menilai kontrak Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia harus diperpanjang. Dia melihat, Shin membawa perubahan positif buat Indonesia.

"Saya mendukung Shin Tae Yong sampai akhir kontraknya, kalau bisa diperpanjang," ujar Yoyok di Jakarta, dilansir ANTARA.

1. Kegagalan di Piala AFF 2022 bukan kesalahan tunggal Shin

Exco PSSI: Kontrak Shin Tae Yong Harus DiperpanjangTimnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Yoyok merasa Shin adalah pelatih berkualitas, dengan pengalamannya selama 20 tahun di dunia sepak bola. Kegagalan di Piala AFF 2022, menurut pria yang juga anggota DPR itu, bukan kesalahan tunggal Shin.

"Kemarin, di Piala AFF 2022 itu memang segala sesuatunya seperti alam tidak menghendaki Indonesia menjadi juara. Jadi, tidak bisa kesalahannya dilimpahkan kepada Shin," ujar Yoyok.

Baca Juga: Shin Tae Yong Keok Lagi dari Vietnam, Catatan Buruk Berlanjut

2. PSIS siap tampung Shin Tae Yong

Exco PSSI: Kontrak Shin Tae Yong Harus DiperpanjangPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Tata Firza)

CEO PSIS Semarang itu mengaku siap merekrut Shin jika kelak kontraknya dengan PSSI putus. Saat ini, kinerja sosok asal Korea Selatan itu tengah dievaluasi federasi pasca kegagalan di Piala AFF 2022.

"Kalau selesai dengan PSSI, kami (PSIS) tertarik mengambilnya," ujar Yoyok.

3. Kontrak Shin akan tuntas Desember 2023

Exco PSSI: Kontrak Shin Tae Yong Harus DiperpanjangPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Tata Firza)

Selain karena kegagalan di Piala AFF 2022, masa depan Shin jadi pembicaraan seiring kontraknya yang akan tuntas pada Desember 2023. Shin mulai dikontrak oleh federasi untuk menangani Timnas Indonesia pada 2019 silam.

Selama itu, prestasi Shin tidak buruk, tetapi kurang mentereng pula. Dia membawa Indonesia mentas di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-20 2023. Dia juga mengangkat peringkat FIFA Merah Putih dari urutan 179 ke urutan 151.

Namun, Shin urung membawa Indonesia berprestasi di Piala AFF. Dalam gelaran 2020, dia membawa skuad Garuda ke final, tetapi tumbang di tangan Thailand. Pada gelaran 2022, dia hanya membawa Indonesia ke semifinal. Hal ini yang bakal jadi dasar evaluasi PSSI.

Baca Juga: Pecat Shin Tae Yong Bukan Solusi, Pengamat Justru Sentil PSSI

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya