FAPSI Siap Fasilitasi Debat Terbuka Calon Ketua Umum PSSI

Debat caketum PSSI harus digelar

Jakarta, IDN Times - Forum Akademisi Penggemar Sepak Bola Indonesia (FAPSI) siap menggelar debat terbuka calon ketua umum PSSI. Koordinator Nasional (Kornas) FAPSI, Dr. Amsori, menyebut, debat ini memang harus segera diinisiasi.

"Kalau PSSI ternyata tidak ada agenda debat terbuka calon ketua umum. Ya bisa saja masyarakat atau swasta mengambil inisiatif itu. Bahkan, FAPSI siap menyelenggarakan asal mendapat dukung dari para kandidat," ungkap Amsori kepada wartawan, Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga: Munculnya Amali dan Erick Bukti Keseriusan Pemerintah Benahi PSSI?

1. Jadi momen penyampaian pikiran

FAPSI Siap Fasilitasi Debat Terbuka Calon Ketua Umum PSSILa Nyalla Mattalitti di kantor PSSI. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain ruang promosi bagi calon Ketum PSSI, Amsori melihat debat terbuka sebagai bukti keseriusan PSSI untuk perbaikan sepak bola nasional. Debat ini juga bisa jadi momen calon ketua umum PSSI menyampaikan gagasannya.

"Selama ini publik kecewa dengan PSSI karena banyak hal, mulai dari abai atas kasus Kanjuruhan, gagal mengelola liga dan keamanan pertandingan. Nah, momentum debat terbuka calon ketua umum ini jadi kesempatan terakhir PSSI kembali meraih kepercayaan masyarakat," ujar Amsori.

2. Semua calon ketua umum PSSI harus dihadirkan dalam satu forum

FAPSI Siap Fasilitasi Debat Terbuka Calon Ketua Umum PSSILa Nyalla Mattalitti di kantor PSSI. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Amsori menjelaskan, sejatinya ada pemaparan visi misi calon ketua umum PSSI. Namun, biasanya hal itu digelar tertutup dan hanya melibatkan voters. Seharusnya, semua calon ketua umum PSSI dihadirkan dalam satu forum yang sama.

"Kita mau semua calon dihadirkan dalam satu waktu, satu forum untuk menyampaikan visi misinya. Kemudian ada dialektika, debat, dan adu gagasan. Dengan cara itu akan teruji mana calon yang punya isi dan calon yang hanya punya ambisi," tegas dia.

Baca Juga: La Nyalla Mattalitti Pede Bisa Bersihkan PSSI Sampai ke Akarnya

3. Tidak hanya menjadi simbol semata

FAPSI Siap Fasilitasi Debat Terbuka Calon Ketua Umum PSSIKongres Biasa PSSI di Bandung. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Amsori mengingatkan pemilih dan masyarakat pecinta sepak bola agar pemilihan ketua umum PSSI tidak sebatas simbol seperti sebelum-sebelumnya. Harus ada perubahan nyata yang terjadi di tubuh federasi.

“Jangan sampai pemilihan ketua umum PSSI ini hanya sebatas simbol saja, halnya sebatas pehelatan yang akan terus dilakukan begitu-begitu saja, sementara harapan masyarakat ingin bahwa Indonesia ini tampil di Piala Dunia,” ujar Amsori.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya